ELEMEN PEMBENTUK SENSE OF PLACE PADA KAMPUNG KOTA

Main Article Content

Ferdinand Kendall

Abstract

Kota Jakarta sebagai salah satu kota megapolitan merupakan sebuah kota yang terbentuk dari catatan sejarah yang cukup panjang dimulai sejak awal abad ke-17. Elemen-elemen pembentuk kota seperti area permukiman telah menjadi bagian dari sejarah kota Jakarta sendiri. Sebagai salah satu bentuk permukiman kota, kampung kota yang muncul secara organik merupakan salah satu akibat yang terjadi karena perkembangan kota yang pesat. Kampung Luar Batang adalah salah satu kampung kota yang terbentuk di masa kolonial Belanda serta merupakan salah satu kampung tertua di kota Jakarta. Lewat sejarah dan asal usul terbentuknya, tentu Kampung Luar Batang memiliki nilai-nilai karakter sebagai sebuah “place” yang tentu perlu dijaga dan lestarikan. Maka dari itu diperlukan sebuah kajian untuk memahami lebih jauh tentang karakter Kampung Luar Batang sebagai sebuah “place” dengan menggunakan teori John Punter dan John Montgomery tentang Sense of Place yang memiliki 3 aspek penting dalam mewujudkan sense of place, yaitu physical settings, activities dan meaning. Kampung Luar Batang tentu sebagai kampung yang telah menjadi bagian dari sejarah kota Jakarta memiliki sense of place yang diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai karakter serta makna yang ada pada eksistensi Kampung Luar Batang. Sehingga Kampung Luar Batang bukan hanya menjadi sebuah kampung permukiman kumuh namun menjadi kampung yang perlu dilestarikan dan diperhatikan karena Kampung Luar Batang merupakan bagian dari sejarah kota Jakarta.
Kata kunci: Kampung, Kota, Sense of Place, Kampung Luar Batang

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Ferdinand Kendall, Universitas Tarumanagara

Jurusan Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain

References

Badan Pusat Statistik. (2018, Januari 24). Statistik. Retrieved from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/01/24/berapa-jumlah-penduduk-jakarta

Carmona, M., Heath, T., Oc, T., & Tiesdell, S. (2003). Public Places and Urban Spaces: The Dimensions of Urban Design. Oxford: Architectural Press.

Heryati. (2011). Kampung Kota Sebagai Bagian Dari Permukiman Kota. Jurnal Inovasi Vol 08 No 3, 102-117.

Kushyairi, J. A., & Rabani, L. (2011). Kampung Perkotaan: Kajian Historis-Antropologis atas Kesenjangan Sosial dan Ruang Kota,. Australia-Netherlands Research Collaboration.

Putera, A. D. (2016, Mei 3). Gambaran Demografis Kawasan Luar Batang. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.