Hubungan peran orang tua dengan motivasi berprestasi mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Isi Artikel Utama

Kemala Putri
Rebekah Malik

Abstrak

Motivasi selalu menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan apakah tujuan pendidikan itu sendiri sudah tercapai atau belum. Tiga dimensi yang terdapat dalam proses pembelajaran terdiri dari kognitif, afektif dan psikomotor. Dimensi afektif yang mencakup bagaimana mengatasi (coping) perasaan yang muncul saat pembelajaran sebelumnya akan mempengaruhi kemauan belajar individu tersebut dimana salah satunya terdapat aspek motivasi. Pentingnya suatu motivasi dalam kegiatan pembelajaran dan pendidikan telah diteliti dan terbukti di dalam pendidikan pada umumnya, namun lebih sedikit dalam pendidikan kedokteran. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara memilih melakukan studi kedokteran dengan bermacam-macam motivasi, missal untuk membantu orang lain, minat sains maupun biologi. Tentunya individu yang belajar dengan niat dari dalam hati (motivasi intrinsik) akan memperlihatkan hasil belajar yang berbeda dengan individu yang belajar dengan adanya tekanan dari orang tua maupun prestise (motivasi terkontrol). Tujuan studi ini untuk mengetahui seberapa tinggi munculnya motivasi berprestasi dengan dukungan dari orangtuanya serta lingkungan. Studi bersifat analitikdengan desain potong lintang. Sasaran studi adalah 109 mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Data diambil dengan menggunakan kuesioner GHQ-12 yang sudah tervalidasi dan dianalisis dengan uji chi-square. Hasil studi menunjukkan 84 responden (77,1%) memiliki motivasi berprestasi yang tinggi dan adanya kemaknaan statistic dimana subjek yang mendapatkan dukungan orang tua yang baik memiliki motivasi berprestasi yang tinggi juga (nilai p = 0,036).

Rincian Artikel

Bagian
Artikel Asli
Biografi Penulis

Rebekah Malik, FK Universitas Tarumanagara

Medical Education Unit

Referensi

Saifuddin Azwar. Motivasi Dalam Belajar [Internet]. [cited 2017 Sep 1]. Available from: http://azwar.staff.ugm.ac.id/files/2010 /05/MOTIVASI-DALAM-BELAJAR1.pdf

Karel Muskanan. Faktor Intrinsik, Faktor Ekstrinsik, dan Motivasi Berprestasi [Internet]. [cited 2017 Sep 1]. Available from: https://www.academia.edu/25044348 /Faktor_Intrinsik_Faktor_Ekstrinsik_Dan_Motivasi_Berprestasi

Ten Cate TJ, Snell L, Mann KV, Vermunt J. Orienting Teaching Toward The Learning Procces: Academic Medicine; 2004. p. 219-28.

Zoltan D, Ema U. Teaching and Reasearching Motivation What Is Motivation? 2nd Ed. [Internet]. [cited 2017 Sep 1]. Available from: https://www. researchgate.net/publication/287319729_Teaching_and_researching_motivation_second_edition

Lyndon MP, Strom JM, Alyami HM, Yu TC, Wilson NC, Singh PP, et al. The relationship between academic assessment and psychological distress among medical students: a systematic review. 2014 [Internet] [cited 2018 Okt 20];3(6):405-18: Available from: https://www.ncbi.nlm.nih. gov/pubmed/25428333

Sherina MS, Rampal L, Kaneson N. Psychological Stress Among Undergraduate Medical Students. 2004 [Internet] [cited 2018 Nov 8]. Available from: https://www. researchgate.net/profile/Sherina_Mohd_Sidik/publication/8168566_Psychological_stress_among_undergraduate_medical_students/links/02e7e53ab5c330f26b000000.pdf

Hardisman, Pertiwi D. Gambaran distress pada mahasiswa preklinik tahun ketiga fakultas kedokteran. [Skripsi]. 2014 [Internet] [cited 2018 Nov 10]. Available from: https://www.researchgate.net/profile/ Hardisman_Dasman/publication/275894355_Gambaran_Distress_Padamahasiswa_Preklinik_Tahun_Ketiga_Fakultas_Kedokteran_Distress_in_undergraduate_medical_students/links/5549a3180cf205bce7ac34eb.pdf

Gomathi KG, Ahmed S, Sreedharan J. Psychological Health of First Year Health Proffesional Students in A Medical University in the United Arab Emirates. Sultan Qaboos University Medical Journal. 2012;12(2):206-13.

Setyadi. Pengaruh Fear of Failure dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa yang Berasal dari Program Akselerasi. [Internet] [cited 2018 Nov 20]. Available from: https://www.academia.edu/31134635/Pengaruh_Fear_Of_Failure_Dan_Motivasi_Berprestasi_Terhadap_Prokrastinasi_Akademik_Pada_Mahasiswa_Yang_Berasal_Dari_Program_Akselerasi

Christine Jax. Parental Influence of Student Education. [Internet] [cited 2018 Nov 20]. Available from: https://living.thebump.com/ parental-influence-student-education-7088.html by Christine Jax

N Sihotang. Peranan Orangtua dalam Prestasi Belajar Siswa. [Internet] [cited 2018 Nov 20]. Available from: http://repository. uin-suska.ac.id/2300/1/2011_2011509.pdf (skripsi)