Hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara
Isi Artikel Utama
Abstrak
Lingkungan belajar merupakan tempat berlangsungnya kegiatan belajar dapat berdampak pada proses pembelajaran. Lingkungan belajar mahasiswa kedokteran akan mempengaruhi pelaksanaan ujian, terutama prestasi akademiknya Mahasiswa kedokteran selalu dihadapkan dengan tugas, diskusi, ujian dan salah satu faktor yang memberikan pengaruh adalah lingkungan belajar. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa kedokteran. Studi ini merupakan studi analitik dengan desain potong lintang. Sampel pada studi ini sebanyak 174 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara denagn teknik consecutive sampling. Data diambil menggunakan kuesioner Dundee Ready Education Environment Measure (DREEM) dan dianalis menggunakan uji chi square. Hasil studi didapatkan sebanyak 98 responden (56,3%) memiliki lingkungan belajar cukup dan yang menilai lingkungan belajarnya baik adalah sebanyak 76 responden (43,7%). Responden yang memiliki prestasi belajar cukup adalah sebanyak 23 responden (13,2%) dan yang memiliki prestasi belajar baik adalah sebanyak 151 responden (86,8%). Hasil uji bivariat didapatkan tidak ada hubungan antara lingkungan belajar dan prestasi belajar (p-value 0.983). Hasil PR didapatkan 1.05, maka lingkungan belajar dapat memengaruhi prestasi belajar meskipun bukan pengaruh yang besar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikelnya di Tarumanagara Medical Journal (TMJ) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan bekerja secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepengarangan dari karya asli dan publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif jurnal versi pekerjaan yang dipublikasikan (misalnya, memposting ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Setiap teks yang dikirim harus disertai dengan "Perjanjian Transfer Hak Cipta" yang dapat diunduh melalui tautan berikut: Unduh
Referensi
Yousefy A, Ghassemi G, Firouznia S. Motivation and Academic Achievement in Medical Students. J Educ Health Promot. 2012; 1(4):[4p.].
BaHammam AS, Alaseem AM, Alzakri AA, Almeneessier AS, Sharif MM. The Relationship Between Sleep and Wake Habits and Academic Performance in Medical Students: A Crosssectional Study. BMC Med Educ. 2012; 12(61):[6p.]
Nouh T, Anil S, Alanazi A, Al-Shehri Q, Alfaisal N, Alfaris B, Alamer E. Assessing Correlation Between Student Perception of The Learning Environment and Their Academic Performance. J Pak Med Assoc. 2016; 66(12):1616-20.
Ekwochi U, Osuorah DC, Ohayi SA, Nevo AC, Ndu IK, Onah SK. Determinants of Academic Performance in Medical Students: Evidence from a Medical School in South-East Nigeria. Adv Med Educ Pract. 2019;10: 737-47.
Nto JN, Obikil EN, Anyanwu GE, Agu AU, Esom EA, Ezugworie JO. Effect of Age, Premedical Academic Performance and Entry Bias on Students Performance in Final Preclinical Examination at the University of Nigeria Medical School. Journal of Experimental & Clinical Anatomy. 2019; 18(1): 6-11.
Albalawi M. Does Gender Difference Have an Effect in the Academic Achievements of Undergraduate Students and Later as Interns? A Single Medical College Experience, Taibah University, KSA. Allied J Med Res. 2019; 1(1): 20-5.
Sitepu DRA, Isanayanti D. Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Akademik Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmias Maksitek .2021; 6(1): 12-17.
Al-Qahtani MF. Associations Between Approaches to Study, the Learning Environment, and Academic Achievement. Journal of Taibah University Medical Sciences. 2015; 10(1): 56-65.