Konsep Kreatif Pada Copywriter Dalam Pembuatan E-Advertising Sabun RDL Papaya di PT. Neo Digital

Main Article Content

Callista Lawrence
Sinta Paramita

Abstract

Penelitian membahastentang konsep kreatif yang digunakan oleh seorang copywriterdalam PT. Neo Digital dalam pembuatan konten E-Advertisingsabun RDL Papaya.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalahteori kreatif seperti strategi 4P (Person, Press, Process, and Product) dalam konsep kreatif, dan menggabungkan praktek pekerjaan yang diobservasi dengan teori-teori seperti proses kreatif, sumber kreativitas, creative brief, gaya dan jenis penyampaian kata, dan daya tarik sebuah iklan. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui bagaimana proses saat pembuatan E-Advertising, konsep yang digunakan , apakah sang copywriter menggunakan strategi 4P dan melewati proses-proses kreatif sesuai dengan teori yang peneliti gunakan. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalahkualitatif, dan hasil dari penelitian sebuah konten iklan sabun RDL Papayayang dibuat oleh copywriterdi PT. Neo Digital menggunakan ke empat strategi tersebut. Untuk mendapatkan respon positif dari client dan dari para audience, konten iklan dibuat sedemikian mungkin sesuai dengan apa yang di briefdalam creative brief.Gaya dan jenis penyampaian kata nya pun harus sesuai dengan target yang dituju agar pesan dan maksud dari sebuah konten iklan dapat dimengerti oleh target yang dituju. Daya tarik sebuah iklan yang digunakan oleh copywriterdi PT. Neo Digital dalam pembuatan konten iklan menggunakan brand ambassador dan menjamin bahwa produk RDL ini aman karena telah lulus BPOM. Penelitian ini dibuat agar membuat para copywriter mengerti tentang konsep kreatif dalam pembuatan sebuah konten ataupun iklan. Ini dibuat agar membuat para copywriter mengerti tentang konsep kreatif dalam pembuatan sebuah konten ataupun iklan. 

Article Details

How to Cite
Lawrence, C., & Paramita, S. (2018). Konsep Kreatif Pada Copywriter Dalam Pembuatan E-Advertising Sabun RDL Papaya di PT. Neo Digital. Prologia, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.24912/pr.v2i1.2395
Section
Articles
Author Biography

Sinta Paramita, Universitias Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bogdan, Robert C. Dan Steven J. Taylor. (1992). Introduction to Qualitative Research

Gilson, Christoper. Berkman, Harold. (1980). Advertising: Concepts and Strategies.

Jefkins, Frank. (1997). Periklanan, Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga

Kinanti, Syafira Putri dan Berlian Primadani Satria Putri. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @Zapcoid Terhadap Brand Equity Zap Clinic. Jurnal Komunikasi.

Munandar, U. (2012). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka

Suryabrata. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.