OPTIMASI SAMBUNGAN ROTARY FRICTION WELDING (RFW) PADA ALUMINIUM DENGAN VARIASI UKURAN DIAMETER

Main Article Content

Yustiasih Purwaningrum,
Aldino Data Pratama,
Fathurohman Fatha

Abstract

Sambungan las banyak digunakan pada konstruksi dan alat permesinan. Silinder pejal salah satu bentuk material yang sulit disambung dengan menggunakan pengelasan konvensional. Hal tersebut diatasi dengan menggunakan pengelasan Rotary Friction Welding (RFW). Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan sifat fisik dan mekanik yang optimum pada sambungan las RFW dengan variasi diameter logam induk. Material yang digunakan adalah Aluminium 4017 dengan variasi diameter 10 mm, 13 mm, dan 16 mm.Proses pengelasan RFW dilakukan menggunakan mesin bubut dengan kecepatan putar spindle mesin bubut yaitu 1170 RPM dan jarak penekanan yaitu 10 mm. Dari hasil pengamatan metallografi makro hasil sambungan terdapat sedikit porositas pada berbagai variasi diameter. Dari pengujian mekanik diketahui bahwa specimen dengan diameter 16 mm mempunyai sifat yang getas karena mempunyai nilai kekerasan tinggi, kekuatan tarik tinggi dan nilai regangan yang paling rendah. Hasil pengujian tarik, nilai tegangan maksimum dan nilai regangan tertinggi yaitu dengan diameter 10 cm , dengan nilai tegangan tarik 165,36 MPa dan nilai regangan 29,81%. Untuk pengujian bending di peroleh tegangan tertinggi adalah diameter 10 mm yang nilainya adalah 209,99 MPa diikuti oleh diameter 13 mm yaitu 158,36 MPa dan nilai kekuatan bending terendah terdapat pada hasil las dengan diameter 16 mm dengan nilai


 

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Yustiasih Purwaningrum,

 

 

Aldino Data Pratama,, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia

 

 

Fathurohman Fatha, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia

 

 

References

Phillips, D. H., 2016. Welding Engineering An Introduction. 1st ed. India: Wiley.

Dieter, G. E. & Schmidt, L. C., 2013. Engineering design. 5th ed. New York: McGraw-Hill.

Alves, E. P., Neto, F. P., An, C. Y. & da Silva, E. C., 2012. Experimental Determination of Temperature During Rotary Friction Welding of AA1050 Aluminum with AISI 304 Stainless Steel. Aerosp Technol Manag, 4(1), pp. 61-67.

Kurt, A., Uygur, I. & Paylasan, U., 2011. Effect of Friction Welding Parameters on Mechanical and Microstructural Properties of Dissimilar AISI 1010-ASTM B22 Joints. Welding Journal, 90(5), pp. 102 s-105 s.

Pah, J. C. A., Irawan, Y. S. & Suprapto, W., 2018. Pengaruh Waktu dan Tekanan Gesek Terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Paduan Aluminium dan Baja Karbon pada Pengelasan Gesek Continous Drive. Jurnal Rekayasa Mesin, Volume 9, pp. 51-59.