LEMBAGA PEMASYARAKATAN BERBASIS KOMUNITAS DAN TEKNOLOGI

Main Article Content

Emanuel Erian
Alvin Hadiwono

Abstract

A country will not be separated from security issues which can not escape to criminality. The form of crime that occurs in the neighborhood will in fact follow community behavior from the evolution of generations. Reality in Indonesia does not have type of prison building yet that accordance with the of millennial prisoners behavior in terms of their coaching and personality formation. This project tries to develop prisons based on technology and communities that follow prisoner behavior and comtemporaneity in the millennial era. The design method used in designing this project is typology method. The design of Correctional Facility produced is in the form of vertical buildings with the application of many communal spaces and technology used that suitable with current millennial prisoners.

 

Abstrak

Sebuah Negara tidak akan terlepas dari isu keamanan dimana tidak akan luput dari kriminalitas. Bentuk kriminalitas yang terjadi di lingkungan masyarakat pada kenyataannya akan mengikuti perilaku masyarakat dari perkembangan generasi. Kenyataan di Indonesia sendiri belum memiliki tipe bangunan Lembaga Pemasyarakatan yang sesuai dengan perilaku narapidana millennial dalam hal pembinaan dan pembentukkan kepribadiannya. Proyek ini mencoba untuk mengembangkan penjara yang berbasis kepada teknologi dan komunitas yang mengikuti perilaku narapidana dan kesejamanan di era millennial. Metode desain yang digunakan dalam perancangan proyek ini yaitu metode tipologi. Desain Lembaga Pemasyarakatan yang dihasilkan adalah berupa bangunan vertikal dengan penerapan banyak ruang komunal dan penggunaan teknologi yang sesuai dengan narapidana millennial saat ini.

 

Article Details

Section
Articles

References

Bieleferd, B. (2013). Basic Architectural Design. Basel : Birkhauser.

Farhan, R., F. (2017). Dinamika Sosial dan Perkembangan Kejahatan di Indonesia.

Gennaro, G. D. (1975). Prison Architecture. The Architectural Press Ltd, London.

Hisyam, C. J. (2018). Perilaku Menyimpang, Tinjauan Sosiologis. Bumi Aksara.

Kristyanto. (2011). Pembinaan Perilaku Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekalongan.

Lockyer, K. (2013). Future Prison, Policy Exchange.

MarcComm, MIX (2018). Millennials. Danas, Jakarta : Fantasious x Loveable.

Sebastian, Y. (2016). Generasi Langgas, Millennials Indonesia. Gagas Media.

Teeters, B. (1959). New Horizons in Criminology, Prentice-Hall.

Vessella, L. (2017). Prison, Architecture and Social Growth: Prison as an Active Component of the Contemporary City.

Widodo. (2014). Urgensi Pembentukkan Model Pembinaan dan Pembimbingan Berbasis Kompetensi Bagi Narapidana Pelaku CyberCrime.

http://www.balitbangham.go.id/detailpost/data-lapas-di-indonesia-agustus-2017

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180717140856-12-314780/polri-indonesia-tertinggi-kedua-kejahatan-siber-di-dunia

http://smslap.ditjenpas.go.id/public/grl/current/monthly/sort:jml_ndl/asc/page/0

https://govinsider.asia/innovation/how-singapore-is-using-tech-to-rehabilitate-prisoners/

http://www.prisonstudies.org/country/indonesia

https://www.researchgate.net/publication/320557561_Pengertian_dan_Sejarah_Singkat_Pe-masyarakatan

https://www.suara.com/tekno/2019/02/15/224325/hong-kong-siap-kenalkan-teknologi-penjara-cerdas

https://www.validnews.id/Silang-Sengkarut-Kejahatan-Siber-di-Indonesia-dDv