PENERAPAN TIPOLOGI BARU PADA PASAR ANYAR TANGERANG

Main Article Content

Laurensia Sheryl Asterina
Budi A. Sukada

Abstract

The presence of traditional markets in Indonesia as a space that represents the society with natural products obtained through buying and selling activities between traders and buyers, also can be a space for social activities caused by various interactions. One of its is Pasar Anyar, which is the biggest market in Tangerang City. At Pasar Anyar, visitors can discover and knowing the daily lives of the surrounding community and their produce. Various goods are selling at Anyar, start from vegetables, fruits, meat, clothing up to equipment and knick knacks. Pasar Anyar, that has existed since the 1960s, began to experience a decline in traders and buyers, impacting a decrease in activity and the market’s interest. This is due to the poor physical condition of the market and the impact on the market's declining image. Steps to fix Pasar Anyar and rebuild the market image by redesigning. The redesign of the market building is carried out by using a typology method for the purpose for creating security and comfort in the market. The use of the typology method makes a new typology in Pasar Anyar which is implemented into a new design of the market building. This project exists in an effort to change the type and perception of the old Pasar Anyar into a new form of Pasar Anyar by targeting comfort, security and user space experience when using Pasar Anyar in the future.

 

Keywords: Pasar Anyar ; Redesign ; Traditional Market ; Typology

 

Abstrak

Kehadiran pasar tradisional di Indonesia sebagai ruang yang merepresentasikan masyarakatnya dengan hasil alam yang diperoleh melalui aktivitas jual beli antara pedagang dengan pembeli serta dapat menjadi ruang dengan kegiatan sosial karena terdapat berbagai interaksi. Salah satunya Pasar Anyar yang merupakan salah satu pasar terbesar di Kota Tangerang. Pada Pasar Anyar, pengunjung dapat mengamati serta mengenal keseharian masyarakat sekitar beserta hasil buminya. Beragam barang dijual di Anyar, mulai dari sayur, buah, daging, sandang hingga peralatan serta pernak-pernik. Pasar Anyar yang telah berada eksistensinya sejak tahun 1960-an tersebut mulai mengalami suatu penurunan pada pedagang serta pembeli yang berdampak terhadap penurunan aktivitas serta peminat pasar. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi fisik pasar yang tidak baik serta menyebabkan menurunnya citra pasar. Langkah untuk membenahi Pasar Anyar serta membangun kembali citra pasar dengan melakukan redesain. Redesain pada bangunan pasar dilakukan dengan menggunakan suatu metode tipologi untuk tujuan terciptanya keamanan serta kenyamanan pada pasar. Metode tipologi menghasilkan tipologi baru pada Pasar Anyar yang diimplentasikan kedalam desain baru bangunan pasar. Proyek ini hadir dalam upaya mengubah tipe serta persepsi dari Pasar Anyar yang lama menjadi suatu wujud Pasar Anyar yang baru dengan menargetkan kenyamanan, keamanan serta pengalaman ruang pengguna saat menggunakan Pasar Anyar dimasa depan.

Article Details

Section
Articles

References

Aliyah, I. (2017). Pemahaman Konseptual Pasar Tradisional di Perkotaan. Cakra Wisata, 18(2),3.

Carmona, et al. (2003). Public Places : Urban Space, The Dimension of Urban Design. Architectural Press. 111. 6

Carmona, et al. (2008). Public Places : The Management Dimenssion. Taylor&Francis Group. New York.62.

Lang, Jon. (1987). Creating Architectural Theory, The Role of the Behavioral Sciences in Environmental Design. New York: Van Nostrand Reinhold Company.

Malano, H. (2011). Selamatkan Pasar Tradisional: Potret Ekonomi Rakyat Kecil. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sukada, Budi A. (1989). Memahami Arsitektur Tradisional Dengan Pendekatan Tipologi. Bandung : Jati Diri Arsitektur Indonesia, Eko Budi Harjo (ed). Alumni.

Sutanto, A. (2020). Peta Metode Desain. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 519/MENKES/SK/VI/2008/Pedoman Penyelenggaraan Pasar Sehat.

American Heritage Dictionary, diakses Januari 2021, https://www.ahdictionary.com/word/search.html?q=Redesign

Panduwinata, Andika. (2018). Banyak Masalah Membelit Pasar Anyar Tangerang, Direvatilisasi Dalam Waktu Dekat, diakses Agustus 2021, https://wartakota.tribunnews.com/2020/02/13/litani- masalah-di-pasar-anyar-tangerang-direvatilisasi-dalam-waktu-dekat.