PENGARUH EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN DAN KINERJA DOSEN DALAM PENINGKATAN MUTU TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PERGURUAN TINGGI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Main Article Content

Dwi Faqihatus Syarifah Has
Eka Srirahayu Ariestiningsih
Nur Cahyadi

Abstract

Pemimpin menjadi ujung tombak yang menentukan keberhasilan suatu organisasi. Begitu pula yang terjadi dalam pendidikan tinggi. PTS sebagai sarana meningkatkan kualitas sumber daya manusia dihadapkan kepada persaingan yang lebih ketat diantara PTS dan PTN. Hal tersebut menyebabkan PTS perlu mengadopsi strategi pemasaran yang digunakan dalam industri non pendidikan. Salah satu unsur dalam meningkatkan kualitas pendidikan, selain pimpinan adalah kinerja dosen, untuk dapat menjamin terjadinya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi maka tingkat keprofesionalan kinerja dosen harus ditingkatkan pula. Pengelola PTS harus mulai menjalankan kegiatan operasionalnya dengan berorientasi pada mutu kinerja PTS yang ditunjang dengan kepemimpinan yang efektif, dan kinerja dosen, sehingga mereka dapat memenangkan persaingan atau paling tidak bertahan dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara efektifitas kepemimpinan dan kinerja Dosen dalam peningkatan Mutu terhadap Strategi Pemasaran PT. Data terdiri dari data primer dan data sekunder. Penelitian dilakukan pada bulan Mei di Perguruan Tinggi X dengan sampel 22 responden. Analisis Data menggunakan Analsis Deskriptif dan Regresi Linier. Hasil penelitian menyebutkan Efektifitas Kepemimpinan dan Kinerja Dosen mempunyai pengaruh dengan tingkat Signifikansi 0,013 dan 0,043. Faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap Peningkatan Mutu PT adalah Efektifitas Pimpinan.  Hasil penelitian ini sesuai dengan kondisi yang terjadi di Perguruan Tinggi X yang resmi diakuisisi oleh Universitas Y dan menjadi Fakultas Kesehatan Universitas Y. 

 

Private University as a means of improving the quality of human resources is faced with tighter competition between Private University and Public University. This causes Pruvate University to adopt a marketing strategy used in non-education industries. One of the elements in improving the quality of education, in addition to the leadership is the performance of lecturers, to be able to guarantee the mastery of science and technology then the level of professional performance of lecturers should be improved as well. Private University Manager must start their operational activities with the quality which oriented performance of Private University which is supported by effective leadership, and the performance of lecturers, so that they can win the competition or at least survive in Against competition.  This study aims to analyze the effect of leadership effectiveness and the performance of lecturers in improving the quality of the Marketing Strategy of  University. Data consists of primary data and secondary data. The study was conducted in May at University X with a sample of 22 respondents. Data Analysis using Descriptive Analysis and Linear Regression. The results is Effectiveness of Leadership and Lecturer Performance has an influence with a significance level of 0.013 and 0.043. The most influential factor on University Quality Improvement is Leadership Effectiveness. The results of this study are in accordance with the conditions that occurred in the University X which was officially acquired by the University Y as the Univerity Y at Health Faculty.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Dwi Faqihatus Syarifah Has, Universitas Muhammadiyah Gresik

Nutrition Faculty of Health Muhammadiyah Gresik University

Eka Srirahayu Ariestiningsih, Universitas Muhammadiyah Gresik

Nutrition Faculty of Health Muhammadiyah Gresik University

Nur Cahyadi, Universitas Muhammadiyah Gresik

Fisiotheraphi Faculty of Health Muhammadiyah Gresik University

References

Afidatun Khasanah, 2015, pemasaran jasa pendidikan Sebagai strategi Peningkatan mutu Di sd alam baturraden, Jurnal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol VIII No 2

Aris Junaidi. 2017. Direktorat Penjaminan Mutu, Siaran Pers: 39/SP/HM/BKKP/IV/2017.

Alma, Buchari. 2005 Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan, Bandung : Alfabeta

Alma, Buchori. 2009, Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta Bandung

Bass, B.M& Riggio, R.E, 20016,” Transformational Leadership (2n,2d) Gufron, Ali Mukti,

Yukl, Gary. 2010. Kepemimpinan dalam Organiasasi. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management International Edition, New Jersey: Prentice Hall Inc

Maryadi, Jurnal karimah vol 2 April-Juni no 2 2017, Manajemen pemasaran perguruan tinggi sebagai salah satu Kunci keberhasilan dalam menghadapi persaingan.

Machali, Imam dan Ara Hidayat. 2015. The Handbook of Education Management. Yogyakarta: Magister Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Naskah Akademik Akreditasi Program Studi , 2010, BAN PT. Jakarta

Robbins dan Judge. 2008. Perilaku Organisasi, Edisi Duabelas. Jakarta: Salemba Empat.

Sumarno. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Tesis. Universitas Negeri Semarang. Semarang

Taty Rosmiati daan Dedy Achmad Kurniady . 2009. Manajemen Pendidikan, Bandung : Alfabeta

Tim Penyusun Buku Pedoman BKD UPI Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional No 20. Tahun 2003. Jakarata: CV Eko Jaya https://www.kompasiana.com/jef_rudiantho_saragih/5529f68f6ea834451f552d28/dosen-profesional https://saripedia.wordpress.com/tag/mutu-lulusan-perguruan-tinggi/