PERAN EFIKASI DIRI SEBAGAI MEDIATOR PENENTU INTENSI BERWIRAUSAHA
Main Article Content
Abstract
Rasio wirausaha di Indonesia yang masih rendah, yaitu 3,47%, menunjukkan kebutuhan peningkatan wirausaha, terutama di kalangan terdidik, sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk menguji secara empiris pengaruh pendidikan kewirausahaan, pola pikir kewirausahaan, dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha mahasiswa di Jakarta Barat dengan efikasi diri kewirausahaan sebagai mediator. Pemilihan sampel menggunakan metode non-probability dengan teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 210 mahasiswa dari empat universitas swasta di Jakarta Barat yang telah menerima atau sedang menempuh pendidikan kewirausahaan serta terlibat dalam aktivitas kewirausahaan. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan dianalisis menggunakan structural equation modeling dengan SmartPLS 4. Penelitian ini menemukan pengaruh yang signifikan antara pendidikan kewirausahaan, kreativitas dan efikasi diri dengan intensi berwirausaha, sedangkan, pola pikir kewirausahaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha. Selain itu, pengaruh yang signifikan ditemukan dalam hubungan pendidikan kewirausahaan dan kreativitas dengan efikasi diri. Penelitian ini juga menemukan bahwa efikasi diri memediasi secara parsial pengaruh pendidikan kewirausahaan dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan rancangan program pendidikan kewirausahaan yang lebih optimal, terutama dalam meningkatkan kreativitas, efikasi diri, dan intensi berwirausaha mahasiswa.
The entrepreneurship ratio in Indonesia, which remains low at 3.47%, highlights the need for increased entrepreneurship, particularly among the educated, as a driver of Indonesia's economic growth. This study was conducted to empirically examine the impact of entrepreneurship education, entrepreneurial mindset, and creativity on students' entrepreneurial intention in West Jakarta, with entrepreneurial self-efficacy as a mediator. The sample was selected using a non-probability method with purposive sampling. The sample consisted of 210 students from four private universities in West Jakarta who had received or were currently undertaking entrepreneurship education and were involved in entrepreneurial activities. Data was collected through an online questionnaire and analyzed using structural equation modeling with SmartPLS 4. The study found a significant effect of entrepreneurship education, creativity, and self-efficacy on entrepreneurial intention, while the entrepreneurial mindset had a positive but not significant effect on entrepreneurial intention. Additionally, a significant effect was found in the relationship between entrepreneurship education and creativity with self-efficacy. The study also found that self-efficacy partially mediates the effect of entrepreneurship education and creativity on entrepreneurial intention. The results of this study are expected to provide input for the design of more optimal entrepreneurship education programs, especially in enhancing creativity, self-efficacy, and students' entrepreneurial intention.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Abu, I., Marhawati, Alfira, Ananda, A., Amrullah, A., & Masiku, A. A. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Kreativitas terhadap Minat Berwirausaha dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Intervening pada Studi Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar. Journal of Economics, Entrepreneurship, Management Business and Accounting, 1(1), 22-33. doi:https://doi.org/10.61255/jeemba.v1i1.19
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211. doi:10.1016/0749-5978(91)90020-T
Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisaa, E. (2022). Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9-15. doi:https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271
Andrade, C. (2021). The Inconvenient Truth About Convenience and Purposive Samples. Indian Journal of Psychological Medicine, 43(1), 86–88. doi:https://doi.org/10.1177/0253717620977000
Aryaningtyas, A. T., & Palupiningtyas, D. (2019). Pengaruh Kepribadian Proaktif terhadap Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Pendidikan Kewirausahaan sebagai Variabel Moderasi. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 13(1), 15-25. doi:https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2019.v13.i01.p02
Asmarani, A., Parimita, W., & Wolor, C. W. (2023). Pengaruh Kreativitas terhadap Intensi Berwirausaha melalui Efikasi Diri Siswa SMKN 3 Depok. Sibatik Journal, 2(6), 1661-1672. doi:https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i6.882
Badan Pusat Statistik. (2024, Mei 06). Tingkat Pengangguran Terbuka Menurut Provinsi (Persen) 2023. Retrieved September 09, 2024, from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTQzIzI%253D/tingkat-pengangguran-terbuka-menurut-provinsi.html
Blegur, A., & Handoyo, S. E. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Dan Locus Of Control Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(1), 51-61. doi:https://doi.org/10.24912/jmk.v2i1.7424
Chrismardani, Y. (2016). Theory of Planned Behavior sebagai Prediktor Intensi Berwirausaha. Competence: Journal of Management Studies, 10(1). doi:https://doi.org/10.21107/kompetensi.v10i1.3426
Daniel, & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, dan Motivasi Berwirausaha terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(4), 944-952. doi:https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13436
Darmawan, D. (2019). Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Serta Pengaruhnya Terhadap Intensi Berwirausaha. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 1(1), 16-21. doi:https://doi.org/10.47065/ekuitas.v1i1.9
Dewi, A. H., Wahono, B., & Rachmadi, K. R. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pola Pikir Kewirausahaan, dan Kreativitas terhadap Intensi Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2020). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(1), 1885-1894. Retrieved from https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/24620
Djohan, H. A. (2021). Intensi Berwirausaha Ditinjau dari Efikasi Diri dan Kreativitas. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(1), 12-21. doi:https://doi.org/10.25134/equi.v18i1.3954
Ediagbonya, K. (2022). Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Creativity and Entrepreneurial Mindset as Correlates of Business Education Students' Entrepreneurial Intention in Edo State. Multidisciplinary Journal of Science, Technology and Vocational Education, 10(1), 94-104. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/370255142
Fahmi, I. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Dan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Dinas Pariwisata Kota Sawahlunto. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 52-64. doi:https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1
Febriyanni, R., Batubara, H. C., & Marpaung, M. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan UKM Keripik Cinta Mas Hendro. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 7(1), 62-70. doi:https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.736
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2-24. doi:http://dx.doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Hamid, M. R., Sami, W., & Sidek, M. H. (2017). Discriminant Validity Assessment: Use of Fornell & Larcker criterion versus HTMT Criterion. Journal of Physics Conference Series(1). doi:http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/890/1/012163
Hapuk, M. S., Suwatno, & Machmud, A. (2020). Efikasi Diri dan Motivasi: sebagai Mediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE), 5(2), 59-69. doi:https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i2.4577
Hossan, D., Aktar, A., & Zhang, Q. (2020). A study on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) as emerging tool in action research. LC International Journal of Stem, 1(4), 130-146. doi:https://doi.org/10.47150
Indahsari, L., & Puspitowati, I. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Intensi Wirausaha Mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(1), 267-276. doi:https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11320
Jiatong, W., Murad, M., Bajun, F., Tufail, M. S., Mirza, F., & Rafiq, M. (2021). Impact of Entrepreneurial Education, Mindset, and Creativity on Entrepreneurial Intention: Mediating Role of Entrepreneurial Self-Efficacy. Frontiers in Psychology, 12, 1-13. doi:https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.724440
Kardila, & Puspitowati, I. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pola Pikir Kewirausahaan, Kreativitas terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(4), 1026-1034. doi:https://doi.org/10.24912/jmk.v4i4.20566
Kemenparekraf/Baparekraf RI. (2023, Mei 26). Siaran Pers: Menparekraf: Mahasiswa Berperan Tingkatkan Persentase Wirausaha di Indonesia. Retrieved September 24, 2024, from Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia: https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-mahasiswa-berperan-tingkatkan-persentase-wirausaha-di-indonesia
Kurniawan, A., Khafid, M., & Pujiati, A. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, dan Kepribadian terhadap Minat Wirausaha melalui Self Efficacy. Journal of Economic Education, 5(1), 100-109. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/jeec/article/view/13023
Li, Y., Cao, K., & Jenatabadi, H. S. (2023). Effect of entrepreneurial education and creativity on entrepreneurial intention in college students: mediating entrepreneurial inspiration, mindset, and self-efficiency. Frontiers in Psychology, 14, 1-13. doi:https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1240910
Lubada, F., Kusumojanto, D. D., & Indrawati, A. (2021). The Mediating Entrepreneurial Self-efficacy Between Entrepreneurship Education, Need For Achievement, and Creativity on Entrepreneurial Intention. Journal of Business and Management Review, 2(12), 832-849. doi:https://doi.org/10.47153/jbmr212.2602021
Mahbubah, S., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Mediasi. JSEH (Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora), 8(1), 13-24. doi:https://doi.org/10.29303/jseh.v8i1.1
Malebana, M., & Swanepoel, E. (2014). The relationship between exposure to entrepreneurship education and entrepreneurial self-efficacy. Southern African Business Review, 18(1), 1-26. Retrieved from https://www.ajol.info/index.php/sabr/article/view/104672
Mardikaningsih, R., Halizah, S. N., Darmawan, D., & Fuady, A. H. (2023). Studi Empiris Tentang Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Intrinsik Dan Intensi Berwirausaha. Journal of Management and Economics Research, 1(2), 58-63. Retrieved from https://journal.grahamitra.id/index.php/jomer/article/view/69
Maullah, S., & Rofiuddin, M. (2021). Mengukur minat berwirausaha dengan menggunakan pendekatan theory of planned behavior dan religiusitas. Journal of Management and Digital Business, 1(2), 105-121. doi:https://doi.org/10.53088/jmdb.v1i2.49
Natalia, C., & Rodhiah. (2019). Pengaruh Kreativitas, Edukasi Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Dalam Generasi Z. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 1(2), 164-171. doi:https://doi.org/10.24912/jmk.v1i2.5075
Permana, I. (2023, Mei 16). MenKopUKM: Rasio Wirausaha RI Baru 3,47 Persen. Retrieved from IDX Channel: https://www.idxchannel.com/economics/menkopukm-rasio-wirausaha-ri-baru-347-persen
Prawesti, M. I., & Cahya, S. B. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, dan Pola Pikir Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNESA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 233-242. doi:https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p233-242
Prawita, D., & Cahya, A. D. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Observasi UMKM, dan Digital Marketing Terhadap Intensi Mahasiswa Berwirausaha di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID-19. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(1), 388-398. doi:http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.388-398
Purnamasari, E. N. (2024). Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Jumlah Pengangguran Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Pulau Jawa. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 8(1), 123-133. doi:https://doi.org/10.22219/jie.v8i01.31768
Purwanto, A., & Sudargini, Y. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Analysis for Social and Management Research : A Literature Review. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(4), 114-123. doi:https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i2
Putra, M. A., & Yanti, T. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa, 1(1), 1-9. doi:https://doi.org/10.59837/jpnmb.v1i1.21
Respati, P. P., Kurniawan, A., & Cahyadi, N. (2023). Interaksi Pendidikan dan Pola Pikir Kewirausahaan Terhadap Minat Kewirausahaan Pada Mahasiswa FEB UMG. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(1), 117-127. doi:https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.410
Rismayani, Nasution, D. A., Adelina, H., & Keling, M. (2023). Peran Kreativitas dalam Proses Kewirausahaan dan Cara Menginspirasi Ide Hebat. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(4), 12485-12494. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/667/615
Rosmiati, Siregar, N., & Efni, N. (2022). Pola Pikir Kewirausahaan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5668-5673. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3152
Safira, F., & Zahreni, S. (2021). Pengaruh Dimensi Kepribadian Big Five terhadap Pola Pikir Kewirausahaan Mahasiswa. Enlighten: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 98-108. doi:http://dx.doi.org/10.32505/enlighten.v4i2.3143
Santoso, F. (2020). Analisis Mediasi Prestasi Belajar pada Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 31-48. doi:https://dx.doi.org/10.33474/jimmu.v5i1.4126
Saptono, A., Wibowo, A., Widyastuti, U., Narmaditya, B. S., & Yanto, H. (2021). Entrepreneurial self-efficacy among elementary students: the role of entrepreneurship education. Heliyon, 7, 1-7. doi:https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07995
Setiawan, J. A., Hidayat, W. G., & Purnamaningsih. (2023). The Effect of Entrepreneurial Education, Mindset, and Creativity on Entrepreneurial Intention of University Students: Assisted in the Mediation Role of Entrepreneurial Self Efficacy. Jurnal Multidisiplin Madani, 3(8), 1698-1703. doi:https://doi.org/10.55927/mudima.v3i8.5351
Sintya, N. M. (2019). Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jurnal Sains,Akuntansi dan Manajemen, 1(1), 337-380. doi:https://doi.org/10.1234/jasm.v1i1.31
Siregar, I. R., Selian, S. N., Telaumbanua, S. M., & Keling, M. (2024). Pola Pikir Kewirausahaan Mahasiswa yang Berwirausaha. Kafalah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 24-32. Retrieved from https://jurnal.alfawwaz.org/index.php/kafalah/article/view/27
Smesco. (2023, Oktober 6). Meningkatkan Rasio Kewirausahaan melalui Indonesia Digital MeetUp 2023. Retrieved from Smesco Indonesia: https://smesco.go.id/berita/meningkatkan-rasio-kewirausahaan-melalui-idm23
Soelaiman, L., Puspitowati, I., & Selamat, F. (2022). Peran model panutan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa melalui penerapan teori perilaku terencana. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 320-329. doi:https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.20387
Suharto, Y., & Hariadi, E. (2021). Analisis Kualitas Website Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO), 12(2), 109-121. doi:https://doi.org/10.29244/jmo.v12i2.33917
Sundari. (2015). Pengaruh Kreativitas dan Kecerdasan Spiritual terhadap Efikasi Diri dan Kemandirian Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Majapahit (UNIM) Mojokerto. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(1), 61-75. doi:https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p61-75
Sundari. (2016). Pengaruh Kreativitas dan Kecerdasan Spiritual terhadap Efikasi Diri dan Kemandirian Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh), 1(1), 26-37. doi:https://doi.org/10.31538/altsiq.v1i1.155
Triani, M., & Andrisani, E. (2019). Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk dan Upah terhadap Penawaran Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Geografi, 8(1). doi:http://dx.doi.org/10.24036/geografi/vol8-iss1/568
Wang, X.-H., You, X., Wang, H.-P., Wang, B., Lai, W.-Y., & Su, N. (2023). The Effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention: Mediation of Entrepreneurial Self-Efficacy and Moderating Model of Psychological Capital. Sustainability, 15, 1-20. doi:https://doi.org/10.3390/su15032562
Wardani, V. K., & Nugraha, J. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Attitude Towards Entrepreneurship terhadap Intensi Berwirausaha melalui Self Efficacy. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 79-100. doi:https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p79-100
Wirawati, N., Kohardinata, C., & Vidyanata, D. (2019). Analisis Sikap Kewirausahaan sebagai Media antara Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Kewirausahaan di Universitas Ciputra. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(6), 709-720. doi:https://doi.org/10.37715/jp.v3i6.1350
Worldometer. (2024). Countries in the world by population (2024). Retrieved September 08, 2024, from Worldometer: https://www.worldometers.info/world-population/population-by-country/
Yasin, A. B., & Singh, S. (2010). Correlation and path coefficient analyses in sunflower. Journal of Plant Breeding and Crop Science, 2(5), 129-133. Retrieved from
Yunita, V., Wardhani, D. K., & Sabandi, M. (2024). Pengaruh Desain Kurikulum dan Kegiatan Pendidikan Kewirausahaan dimediasi Pola Pikir Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Ekonomi(JUPE), 12(2), 244-253. doi:https://doi.org/10.26740/jupe.v12n2.p244-253