PERANAN SISTEM REWARD DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Main Article Content

Furry Elzana Dani Dani
Henky Lisan Suwarno

Abstract

Tujuan riset ini untuk mengetahui dan menjelaskan peranan sistem reward dalam meningkatkan loyalitas pegawai melalui kepuasan kerja dan pengaruhnya pada kinerja pegawai pada salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Bandung. Sampel pada riset ini merupakan karyawan yang berkarya di rumah sakit tersebut dengan teknik pengambilan sampel memakai probability sampling dengan tipe sampel sederhana, jumlah sampel dalam penelitian ini 192 responden. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam riset ini adalah kuesioner online. Jenis riset ini menggunakan metode kuantitatif dan dianalisis menggunakan SmartPLS. Melalui riset ini diperoleh hasil sistem reward berpengaruh signifikan dan positif pada kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pegawai, sistem reward yang dimediasi kepuasan kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pegawai dan loyalitas pegawai berpengaruh signifikan dan positif pada kinerja pegawai. Riset ini dapat berkontribusi bagi pembenahan maupun perkembangan terkait sumber daya manusia yang nantinya akan dilakukan oleh manajemen rumah sakit tempat riset ini dilakukan maupun bagi masyarakat umum yang memerlukan referensi bagi penulisan karya ilmiah berikutnya.


 


The purpose of this research is to understand and explain the role of the reward system in enhancing employee loyalty through job satisfaction and its impact on employee performance in one of the private hospitals in the Bandung Regency. The sample for this study consists of employees working in the hospital, selected using probability sampling with simple random sampling method, with sample size in this research 192 respondents. Data collection method employed in this research is an online questionnaire. This type of research employs a quantitative method and is analyzed using SmartPLS. Through this research, it was found that the reward system has a significant and positive effect on job satisfaction, job satisfaction has a positive and significant effect on employee loyalty, the reward system mediated by job satisfaction has a significant and positive effect on employee loyalty, and employee loyalty has a significant and positive effect on employee performance. This research can contribute to the improvement and development of human resources that will later be carried out by the management of the hospital where this research is carried out as well as for the general public who need references for the writing of the next scientific paper.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Henky Lisan Suwarno, Universitas Kristen Maranatha

Department of Management

Faculty of Economics

 

References

Adelia Maulida, R., & Askiah. (2020). Pengaruh Loyalitas Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Mahakam Berlian Samjaya. Borneo Student Research, 2(1), 696–704.

Aini, H. N. (2020). Pengaruh Reward, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(1), 1–20.

Citra, L. M., & Fahmi, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Loyalitas Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 214–225.

Egenius, S., Triatmanto, B., & Natsir, M. (2020). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding The Effect of Job Satisfaction on Employee Performance Through Loyalty at Credit Union ( CU ) Corporation of East Kutai District , East Kalimantan. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10), 480–489.

Giovanni, V. F., & Ie, M. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Loyalitas Karyawan di Industri Kreatif. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), 232. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17196

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Statistik Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2014). Partial Least Squares Konsep, Metode dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS 4.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair Jr, J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2017). PLS-SEM or CB-SEM: Updated Guidelines on Which Method to Use. International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), 107–123.

Hindarti, F., & Wahyudi, A. (2015). Ε 2 1 / 2. Ekonomi Dan Kewirausahaan, 103005(3 September 2015), 5–6.

Kahpi, H. S., Salam, A. F., Riyanto, I., Fathurrohman, & Nuryanto, U. W. (2020). The Role of Organizational Culture against Employee Loyalty in the Manufacturing Industry of Musical Instrument Assembly. International Review of Management and Marketing |, 10(4), 119–124. https://doi.org/10.32479/irmm.10053

Kalangi, J. A. F., Ilmu, F., Universitas, P., & Ratulangi, S. (2021). Pengaruh Gaji , Insentif , dan Bonus terhadap Kepuasan Kerja Mitra Pengemudi Grab Car PT . Solusi Transportasi Indonesia Cabang Kota Manado. 11(2), 53–60.

Muqoyyaroh, L. (2018). Pengaruhrewardterhadap Kepuasan Kerjakaryawan Pdam Magetan. Equilibrium, 6, 1–7.

Nugroho, A. T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(2), 139. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i2.254

Padmawati, G. A. E., Anggraini, N. P. N., & Jodi, I. W. G. A. S. (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja, Kompensasi Finansial, dan Kepemimpinan Terhadap Loyalitas Karyawan Pada Lembaga Perkreditan Desa Di Kecamatan Sukawati. Jurnal EMAS, 4, 5. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/6614%0Ahttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/download/6614/5048

Putri, V. I., Tewal, B., & Walangitan, M. D. B. (2022). PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada PT. BRI (persero) Tbk. Kantor Cabang Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 207. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39582

Rostandi, R. M., & Senen, S. H. (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Reward System terhadap Turnover Intention. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 12(2), 147–154.

Rumampuk, T. L., Mandamdari, A. N., & Nurdiani, U. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja, Loyalitas dan Kualitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 491–502. https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.491

Safa’Atturrizky, M., & Ekhsan, M. (2024). Pengaruh Organizational Commitment Terhadap Employee Performance Melalui Mediasi Job Satisfaction. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 164–176. https://doi.org/10.24912/jmieb.v8i1.29106

Santosa, P. I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif-Pengembangan Hipotesis dan Pengujiannya Menggunakan SmartPLS. CV. Andi Offset.

Sesrianty, V., Demur, D. R. D. N., & Ningsih, G. (2020). Sistem reward terhadap kepuasan kerja perawat. Kesehatan Perintis, 3(2), 56–64.

Sufi, R. A., & Suharti, L. (2021). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Pengetahuan TIK terhadap Kesiapan Digitalisasi UMKM dengan Faktor Demografi sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada UMKM Kuliner di Salatiga). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(2), 107–120. https://doi.org/10.14710/jab.v10i2.39311

Suhardi, A., Ismilasari, I., & Jasman, J. (2021). Analisis Pengaruh Loyalitas dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 1117–1124. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.421

Suhartono, J. F., & Sawitri, H. S. R. (2017). Pengaruh reward, insentif, pembagian tugas dan pengembangan karier pada kepuasan kerja perawat di rumah sakit ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 28. https://doi.org/10.23917/benefit.v2i1.3144

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 6 (1): 9-15, Januari 2017, 6(1), 9–14. https://doi.org/10.18196/jmmr.6122.Kualitas

Suswardana, E. T. (2022). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, LINGKUNGAN KERJA DAN TOTAL REWARD TERHADAP KINERJA PEGAWAI. Jurnal Syntax Transformation.

Sutanto, E. M., & Perdana, M. (2016). Antecedents Variable of Employees Loyalty. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 18(2), 111–118.

Wibowo, F., Setiyanto, S., & Bahtiar, H. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan, loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan. Journal of Management and Digital Business, 2(3), 128–138. https://doi.org/10.53088/jmdb.v2i3.587

Widyastuti, T., & Hidayat, R. (2018). Adaptation of Individual Work Performance Questionnaire (IWPQ) into Bahasa Indonesia. International Journal of Research Studies in Psychology, 7(2), 101–112.

Wulan, A. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Columbindo Perdana Cabang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 33–41.

Wulandari, P., & Utami, H. nayati. (2018). Hubungan kepemimpinan dan kepuasan kerja dengan loyalitas pegawai. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, 65(1), 19–26.

Yang, A. A., & Dini, Y. I. F. (2023). Faktor loyalitas karyawan Generasi Z: Kepuasan kerja sebagai mediasi. Jurnal Manajemen Maranatha, 23(1), 1–14. https://doi.org/10.28932/jmm.v23i1.7022

Zulkifli Pratama, & Putra, Z. (2022). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi, Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan pada Toko Butik di Makassar. YUME : Journal of Management, 5(2), 258–264