MODEL PERSONAL BRANDING NANO-INFLUENCERS GENERASI Z DI INSTAGRAM

Main Article Content

Wulan Purnama Sari
Sinta Paramita
Lydia Irena

Abstract

Generasi Z yang juga dikenal sebagai generasi digital native merupakan pengguna dominan media sosial secara global. Generasi ini memegang peranan yang signifikan dalam evolusi masyarakat ke depan, terutama sebagai generasi penerus di Indonesia. Bersamaan dengan itu media sosial telah menjadi alat yang sangat berguna bagi bisnis kecil, terutama dalam pemasaran digital dengan menggunakan orang-orang yang disebut sebagai influencer. Dalam penelitian pasar, bisnis dan organisasi semakin mempertimbangkan untuk menggunakan nano-influencers, yang memiliki kemampuan untuk mencapai dan memengaruhi pemangku kepentingan sulit dijangkau seperti kelompok yang ingin mempromosikan produk atau layanan tertentu. Oleh karena itu, personal branding menjadi bagian integral dalam membangun media sosial Instagram nano-influencers. Personal branding melalui Instagram merujuk pada usaha seseorang dalam membangun citra dan reputasi mereka sendiri di mata orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menggambarkan model personal branding nano-influencers Generasi Z di media sosial Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengalaman yang dimiliki oleh nano-influencers generasi Z yang merupakan pengguna media sosial Instagram dalam melakukan personal branding. Sedangkan objek penelitian ini adalah nano-influencers generasi Z. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara focus group discussion dan juga observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nano-influencers generasi Z membuat konten yang relevan dan informasi untuk interaksi dengan audiens. Secara konsisten, mereka menampilkan kepribadian yang otentik, karakteristik yang unik, dan keahlian pribadi yang akhirnya menjadi personal branding. Branding tersebut pada akhirnya menghasilkan respons positif dari audiens followers maupun non-followers berupa labelling (cap) positif yang kuat serta konversi penjualan atas produk yang mereka promosikan.


 


Globally, Generation Z—also referred to as the generation of digital natives—is the majority social media user. As the next generation in Indonesia, in particular, they will have a big impact on how society develops in the future. Simultaneously, social media has developed into a very helpful tool for small businesses, particularly when it comes to employing influencers for digital marketing. Businesses and organizations are increasingly thinking about utilizing nano-influencers in market research because they can reach and influence hard-to-reach stakeholders, like those that want to promote a specific commodity or service. Thus, developing personal branding is essential to creating Instagram nano-influencers on social media. Using Instagram, personal branding describes a person's efforts to develop their own reputation and image in the eyes of others. The purpose of this study is to examine and characterize the personal branding strategy used by Generation Z nano-influencers on Instagram. Qualitative research methodologies were used in this study. This study focuses on the experiences of Instagram users who are generation Z nano-influencers in terms of personal branding. In the meanwhile, the focus of this study is nano-influencers from generation Z. This study's data collection method includes both observation and focus group talks. The research results show that generation Z nano-influencers create relevant content and information for interaction with the audience. Consistently, they display authentic personalities, unique characteristics, and personal skills which ultimately become personal branding. This branding ultimately produces a positive response from the audience of followers and non-followers in the form of strong positive labelling as well as sales conversions for the products they promote.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

 

Sinta ID : 62291

References

Annur, C. M. (2020, November 23). Berapa Usia Mayoritas Pengguna Media Sosial di Indonesia? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/23/berapa-usia-mayoritas-pengguna-media-sosial-di-indonesia

Chou, C., Condron, L., & Belland, J. C. (2005). A Review of the Research on Internet Addiction. Educational Psychology Review , 17(4), 363–388. https://doi.org/10.1007/S10648-005-8138-1

Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design : Choosing Among Five Approaches (2nd ed.). Sage Publication, Inc.

Digital 2021 : Indonesia. (n.d.). Hootsuite WeAreSocial. Retrieved February 11, 2022, from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Dihni, V. A. (2021, September 14). Instagram, Media Sosial Favorit Generasi Z di Dunia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/14/instagram-media-sosial-favorit-generasi-z-di-dunia

Ekayulisa, Maula, R. N., & Fannan, M. R. (2023). Efektifitas Self-Branding Melalui Instagram Pada Generasi Z. Jurnal Harnomi Nusa Bangsa, 1(1), 81–92. http://stipram.co.id

Ganbold, S. (2021, July). Asia: distribution of internet users by country 2021 . Statista. https://www.statista.com/statistics/272358/distribution-of-internet-users-in-asia-pacific-by-country/

Haroen, D. (2014). Personal Branding Kunci Kesuksesan Anda Berkiprah di Dunia Politik. In Jakarta: Gramedia.

Husserl, E. (1989). Studies in The Phenomenology of Constitution (R. Rosjewicz & A. Schuwer, Eds.; 2nd ed.). The Kluwer Academic Publishers.

Idris, M. (2021, January 22). Generasi Z dan Milenial Dominasi Jumlah Penduduk Indonesia Halaman all . Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2021/01/22/145001126/generasi-z-dan-milenial-dominasi-jumlah-penduduk-indonesia?page=all

Irena, L., & Rusfian, E. Z. (2019). Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Komunikasi Internal Dengan Kinerja Karyawan Generasi Z Pada Tech Company. Jurnal Komunikasi, 11(2), 223–232. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.5635

Irena. Lydia, & Sari, W. P. (2020). Komunikasi Digital Generasi Z dalam Membangun Industri Kreatif Tanah Air. In N. Pandrianto, R. Oktavianti, & W. P. Sari (Eds.), Digitalisasi dan Humanisme dalam Ekonomi Kreatif. PT. Gramedia Pustaka Utama. https://works.bepress.com/wulan-purnamasari/57/

Kay, S., Mulcahy, R., & Parkinson, J. (2020). When less is more: the impact of macro and micro social media influencers’ disclosure. Journal of Marketing Management, 36(3–4). https://doi.org/10.1080/0267257X.2020.1718740

Lyu, J., & Lehto Brewster, M. (2021). Exploring the Parasocial Impact of Nano, Micro and Macro Influencers. https://doi.org/10.31274/itaa.12254

Maspuroh, U., Een Nurhasanah, Roni Nugraha Syafroni, & Dewi Herlina Sugiarti. (2023). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Keterampilan Berbicara dalam Pembentukan Personal Branding melalui Media Siniar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1). https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2392

Pamela, D. A. (2022, December 6). Gen Z Bakal Mendominasi Media Sosial, Populasinya Lebih dari 41 Persen di Seluruh Dunia . Lifestyle Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5145998/gen-z-bakal-mendominasi-media-sosial-populasinya-lebih-dari-41-persen-di-seluruh-dunia

Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9(18), 123–134. https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/142

Putranto, T. D. (2018a). Kelas Sosial Dan Perempuan Generasi Z di Surabaya Dalam Membuat Keputusan Setelah Lulus Sekolah Menengah Atas. Jurnal Komunikasi Profesional, 2(1). https://doi.org/10.25139/jkp.v2i1.841

Putranto, T. D. (2018b). Kelas Sosial Dan Perempuan Generasi Z di Surabaya Dalam Membuat Keputusan Setelah Lulus Sekolah Menengah Atas. Jurnal Komunikasi Profesional, 2(1). https://doi.org/10.25139/jkp.v2i1.841

Rachmawati, D. (2022). PANDANGAN GENERASI Z MENGENAI PERSONAL BRANDING ONLINE FRESH GRADUATES DALAM MENCARI PEKERJAAN. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(1). https://doi.org/10.32509/wacana.v21i1.1916

Rangarajan, D., Gelb, B. D., & Vandaveer, A. (2017). Strategic personal branding—And how it pays off. Business Horizons, 60(5), 657–666. https://doi.org/10.1016/J.BUSHOR.2017.05.009

Riyanto, G. P. (2021, February 23). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Kompas.C0m. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta

Rizaty, M. A. (2023, March 30). Pengguna Instagram di RI Capai 106,72 Juta hingga Februari 2023. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-di-ri-capai-10672-juta-hingga-februari-2023

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 16(2). https://doi.org/10.31294/JC.V16I2.1283

Shaw, M., & Black, D. W. (2012). Internet Addiction. CNS Drugs , 22(5), 353–365. https://doi.org/10.2165/00023210-200822050-00001

Susilawati, D. (2017). Begini Dampak Berita Hoax. Republika Online. https://republika.co.id/berita/trendtek/internet/17/04/11/oo7uxj359-begini-dampak-berita-hoax

Vițelar, A. (2019). Like Me: Generation Z and the Use of Social Media for Personal Branding. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 7(2), 257–268.

Wibawa, R. C., Larasati, H., & Pratiwi, C. P. (2021). The Role of Nano Influencers Through Instagram as an Effective Digital Marketing Strategy. Atlantis-Press.Com, 198.

Widi, S. (2022, August 16). Ada 68,66 Juta Generasi Z di Indonesia, Ini Sebarannya. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/varia/detail/ada-6866-juta-generasi-z-di-indonesia-ini-sebarannya

Yonatan, A. Z. (2023, June 21). Menilik Pengguna Media Sosial Indonesia 2017-2026. GoodStats Data. https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/menilik-pengguna-media-sosial-indonesia-2017-2026-xUAlp

Yuliani, A. (2017, December 13). Ada 800.000 Situs Penyebar Hoax di Indonesia. Kementerian Komunikasi Dan Informatika. https://kominfo.go.id/content/detail/12008/%20ada-800000-situs-penyebar-hoax-di-indonesia/0/sorotan_media