FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENSI PENGGUNAAN MOBILE BANKING
Main Article Content
Abstract
Kemajuan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 saat ini membuat segala sesuatu yang diperlukan menjadi lebih mudah dan nyaman. Kemudahan teknologi ini memiliki dampak di banyak sektor terutama sektor keuangan. Dengan adanya teknologi di sektor keuangan, transaksi pembelian barang atau jasa menjadi lebih praktis. Perkembangan fintech Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan berbanding lurus dengan pertumbuhan penggunaan internet, ponsel pintar, dan jejaring sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas layanan dan literasi keuangan terhadap intensi penggunaan layanan perbankan seluler. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 287 responden generasi Y dan Z. Teknik analisis data menggunakan model Struktural Equation Modeling SEM dengan aplikasi Smart PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas layanan dan literasi keuangan berpengaruh signifikan dan positif terhadap intensi penggunaan mobile banking. Penelitian ini memberikan wawasan bagi perusahaan fintech untuk meningkatkan kredibilitas layanan dan literasi keuangan guna mendorong adopsi yang lebih luas dan aman di kalangan generasi Y dan Z.
The advancement of technology in the era of the Fourth Industrial Revolution has made everything needed more accessible and convenient. This technological convenience has had an impact across many sectors, especially in the financial sector. With technology in the financial sector, purchasing goods or services has become more practical. The development of fintech in Indonesia has experienced a significant increase, paralleling the growth of internet usage, smartphones, and social networks. This research aims to examine the influence of service credibility, and financial literacy on intention to use mobile banking. The research methodology employed a quantitative approach by distributing online questionnaires to 287 respondents from Generations Y and Z. Data analysis was conducted using the Structural Equation Modeling (SEM) model with Smart PLS 4.0 application. The results of the study indicate that service credibility and financial literacy have a significant and positive impact on intention to use mobile banking. This research provides insights for fintech companies to enhance service credibility and financial literacy to drive wider and safer adoption among Generation Y and Z.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Aditya, T., & Mahyuni, L. P. (2022a). Pengaruh literasi keuangan, persepsi kemudahan, manfaat, keamanan dan pengaruh sosial terhadap minat penggunaan fintech. FORUM EKONOMI, 24(2), 245–258. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i2.10330
Aditya, T., & Mahyuni, L. P. (2022b). Pengaruh literasi keuangan, persepsi kemudahan, manfaat, keamanan dan pengaruh sosial terhadap minat penggunaan fintech. FORUM EKONOMI, 24(2), 245–258. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i2.10330
Ahdiat, A. (2022). Pertumbuhan Transaksi Internet Banking RI Belum Sekuat Negara Tetangga. In databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/15/pertumbuhan-transaksi-internet-banking-ri-belum-sekuat-negara-tetangga
Amnas, M. B., Selvam, M., Raja, M., Santhoshkumar, S., & Parayitam, S. (2023). Understanding the Determinants of FinTech Adoption: Integrating UTAUT2 with Trust Theoretic Model. Journal of Risk and Financial Management, 16(12), 505. https://doi.org/10.3390/jrfm16120505
Astuti, Y. W., Agriyanto, R., & Turmudzi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Layanan Mobile Banking Syariah. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 19(3), 134–158.
Avianti, R. A., & Margono, G. (2007). Pengembangan Skala Sikap Diferensial Semantik Terhadap Fisika. Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin, 569–580.
Bajunaied, K., Hussin, N., & Kamarudin, S. (2023). Behavioral intention to adopt FinTech services: An extension of unified theory of acceptance and use of technology. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(1), 100010. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100010
Benuf, K., Mahmudah, S., & Priyono, E. A. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Keamanan Data Konsumen Financial Technology Di Indonesia. Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 145–160. https://doi.org/10.24246/jrh.2019.v3.i2.p145-160
Bungin, B. (2012). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319. https://doi.org/10.2307/249008
Dew, J., & Xiao, J. J. (2011). The Financial Management Behavior Scale:Development and Validation. Journal of Financial Counseling and Planning, 22(1), 1–17.
Dolot, A. (2018). The characteristics of Generation Z. E-Mentor, 74, 44–50. https://doi.org/10.15219/em74.1351
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Square: Konsep teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 (2nd edition). Universitas Diponegoro.
Gupta, K., Wajid, A., & Gaur, D. (2023). Determinants of continuous intention to use FinTech services: the moderating role of COVID-19. Journal of Financial Services Marketing. https://doi.org/10.1057/s41264-023-00221-z
Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a Silver Bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679190202
Hanifah, M., Munawar, A., Mulyana, M., Mashadi, & Che-ni, H. (2022). The Influence of Financial Knowledge, Attitudes, And Behavior Literacy on Intention in Using Mobile Banking of Millennial Generation. Journal Of Economics, Finance And Management Studies, 5(9). https://doi.org/10.47191/jefms/v5-i9-19
Herdjiono, I., & Damanik, L. A. (2016). Pengaruh Financial Attitude,Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(3). https://doi.org/10.20473/jmtt.v9i3.3077
Hermawan, A., Gunardi, A., & Sari, L. M. (2022). Intention to Use Digital Finance MSMEs: The Impact of Financial Literacy and Financial Inclusion. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 17(1). https://doi.org/10.24843/JIAB.2022.v17.i01.p12
Ilmi, M., Setyo Liyundira, F., Rachmawati, A., Juliasari, D., & Habsari, P. (2020). Perkembangan Dan Penerapan Theory Of Acceptance Model (TAM) Di Indonesia. RELASI : Jurnal Ekonomi, 16(2), 436–458. https://doi.org/10.31967/relasi.v16i2.371
Irmawati, E., Pieries, J., & Widiarty, W. S. (2024). Perlindungan Hukum Atas Data Pribadi Nasabah Bank Pengguna Mobile Banking dalam Perspektif Uu No 27 Tahun 2022 tentang Kebocoran Data. Jurnal Syntax Admiration, 5(1), 12–27. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i1.964
Lavinda. (2023). APJII: Pengguna Internet Indonesia 215 Juta Jiwa pada 2023, Naik 1,17%” , https://katadata.co.id/digital/teknologi/646342df38af1/apjii-pengguna-internet-indonesia-215-juta-jiwa-pada-2023-naik-1-17
Lazuardi, I. P. (2018). Factors Influencing Intention to Purchase Using Mobile Banking with Age, Gender and Experience as Moderating Variable. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 6(2).
Long, T. Q., Morgan, P. J., & Yoshino, N. (2023). Financial literacy, behavioral traits, and ePayment adoption and usage in Japan. Financial Innovation, 9(1), 101. https://doi.org/10.1186/s40854-023-00504-3
Mahapatra, G. P., Bhullar, N., & Gupta, P. (2022). Gen Z: An Emerging Phenomenon. NHRD Network Journal, 15(2), 246–256. https://doi.org/10.1177/26314541221077137
Morris, M. G., & Dillon, A. (1997). How user perceptions influence software use. IEEE Software, 14(4), 58–65. https://doi.org/10.1109/52.595956
Mudrikah, A. (2021). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Minat Penggunaan Produk Finansial Teknologi Pada Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara. ETNIK: Jurnal Ekonomi - Teknik, 1(2), 57–68.
Nangin, M. A., Barus, I. R. G., & Wahyoedi, S. (2020). The Effects of Perceived Ease of Use, Security, and Promotion on Trust and Its Implications on Fintech Adoption. Journal of Consumer Sciences, 5(2), 124–138.
Nursiah, N., Ferils, Muh., & Kamarudin, J. (2022). Analisis minat menggunakan mobile banking. AKUNTABEL, 19(1), 91–100. https://doi.org/10.30872/jakt.v19i1.10711
Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. In POJK Nomor 77/POJK.01/2016. https://www.ojk.go.id/id/regulasi/otoritas-jasa-keuangan/peraturan-ojk/Pages/POJK-Nomor-77-POJK.01-2016.aspx.
Pakpahan, E. F., Chandra, L. R., & Dewa, A. A. (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi Dalam Industri Financial Technology. Veritas et Justitia, 6(2), 298–323. https://doi.org/10.25123/vej.3778
Pradini, K. T., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking BCA, BNI, BRI. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 859. https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i10.p04
Pranata, T. Y., & Widoatmodjo, S. (2023). Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan, Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Orang Dewasa Belum Menikah Di DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(4), 803–815.
Rahmawati, E. O., & Kusumasari, I. R. (2023). Pendampingan Pelayanan Pelanggan Pada Customer Service PT Doa Anak Digital. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 137–140.
Savitha, B., Hawaldar, I. T., & Kumar K, N. (2022). Continuance intentions to use FinTech peer-to-peer payments apps in India. Heliyon, 8(11), e11654. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11654
Schueffel, P. mname. (2016). Taming the Beast: A Scientific Definition of Fintech. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3097312
Setiawan. (2022). Pengaruh Perceived Ease of Use dan Perceived Service Credibility Terhadap Intention of Use Mobile Payment di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(3), 312–317.
Sevilla, C. G., Ochave, J. A., Punsalan, T. G., Regala, B. P., & Uriarte, G. G. (1984). An Introduction to Research Methods. Rex Book Store.
Soamole, M. R. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kredibilitas Dan Persepsi Biaya Terhadap Niat Menggunakan Mobile Banking Bank BNI Surabaya. Thesis. STIE Perbanas.
Sriyono, S., Afandi, M. S., Wulandari, A. P., & Agusti, R. (2023). Efektifitas Penggunaan Fintech (E-Wallet) Terhadap Keputusan Pembelian Dikalangan Generasi Milenial. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 6(2), 153. https://doi.org/10.35914/jemma.v6i2.2054
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. PT Refika Aditama.
Suyatno. (2022). Analisa Perlindungan Data Pribadi Pengguna Fintech Berdasarkan Pendekatan Yuridis Normatif di Indonesia. YUME: Journal of Management, 5(3), 481–491.
Sweeney, J., & Swait, J. (2008). The effects of brand credibility on customer loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services, 15(3), 179–193. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2007.04.001
Triyanti, D., Kaban, R. F., & Iqbal, M. (2021). Peran Layanan Mobile Banking dalam Meningkatkan Kepuasan danLoyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1).
Unsal, O., & Rayfield, B. (2019). Trends in Financial Innovation: Evidence from Fintech Firms (pp. 15–25). https://doi.org/10.1108/S1569-376720190000020004
WARDAH, S., AMRUL, R., & ANISA, N. (2023). Intensi Penggunaan Financial Technology (Fintech) Sebagai Sistem Pembayaran Bagi Pelaku Umkm Pada Asosiasi Pearl NTB. GANEC SWARA, 17(3), 1103. https://doi.org/10.35327/gara.v17i3.550
Wardani, D. (2022). NIAT Penggunaan Fintechsistem Pembayaran Pada Kalangan Milenium Di Mas Pandemi COVID-19. Jurnal SIstem Informasi Bisnis, 3(2), 40–53.
Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. CV Pena Persada.
Winyanti, A. F., & Fariana, A. (2023). Studi Kepuasan Kerja Bagi Generasi Milenial Di Dki Jakarta, Berdasarkan Pengaruh Dari Pengembangan Karir Dan Kompensasi. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 10(2), 594–607. https://doi.org/10.37606/publik.v10i2.548
Yuhelmi, Trianita, M., Kamela, I., & Rosha, Z. (2022). Peran Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Minat Penggunaan Mobile Banking . Jurnal Pustaka Manajemen, 2(1), 20–25.
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550