STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CONSUMPTIVE BEHAVIOR PADA KOLEKTOR MERCHANDISE K-POP

Main Article Content

Michelle Britney Attan
Khairina Natsir

Abstract

Globalisasi telah membuat interaksi antar bangsa-bangsa didunia menjadi begitu terbuka seolah tanpa batas. Korean wave merupakan suatu sebutan yang sering digunakan untuk bertransmisinya secara luas kultur populer Korea yang sering dimanifestasikan dalam berbagai bentuk  produk seperti musik, drama, makanan, fashion, dan lain-lain. Satu dari sekian produk dari Korean Wave yang saat ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia adalah apa yang disebut dengan K-pop. Perkembangan K-pop pun telah membuat membentuk perilaku sendiri pada penggemarnya. Perilaku tersebut tampak dari peningkatan pada permintaan terhadap produk-produk asal Korea. Maksud dari studi  ini yaitu untuk menganalisis pengaruh income,  financial literacy dan self control kepada  consumptive behavior pada kolektor merchandise K-Pop. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif.  Objek keseluruhan  dari riset ini adalah para kolektor merchandise K-Pop di Jabodetabek. Pengumpulan dan pemilihan data  dilakukan dengan teknik non-probability sampling dengan mendistribusikan kuesioner dalam format google form kepada para responden melalui media sosial. Sampel yang terkumpul dan memenuhi syarat adalah sebanyak 160 responden. Analisis menggunakan model SEM (Structural Equation Model) dilakukan dengan dukungan aplikasi  Smart-PLS. Temuan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa financial literacy berpengaruh negatif terhadap consumptive behavior, self control  berdampak positif dan secara nyata  terhadap consumptive behavior, sementara income tidak secara nyata  dalam memengaruhi consumptive behavior para kolektor merchandise K-Pop.


 


Globalization has made interaction between nations in the world so open as if it were borderless. The Korean wave is a term that is often used for the widespread transmission of Korean popular culture which is often manifested in various forms of products such as music, drama, food, fashion, and so on. One of the many products from the Korean Wave that is currently very famous among Indonesian people is better known as K-pop term. The growth of K-pop has also shaped its own behavior towards its fans. This behavior is reflected  from the increase in demand for products from Korea. The aims of this study is to analyze the impact of income, financial literacy, and self-control toward the  consumptive behavior among K-Pop merchandise collectors. The design of the research uses a quantitative descriptive design. The overall object of this study is the collectors of K-Pop merchandise in Jabodetabek. Data collection and selection was conducted out using a nonprobability sampling technique by send-out questionnaires in Google form format to respondents via social media. The samples collected and fulfilled the requirements were 160 respondents. Analysis using the SEM (Structural Equation Model) model was done by implementing the Smart-PLS application. The findings from this study indicate that financial literacy has a negative influence  on consumptive behavior, self-control has a positive significant impact toward consumptive behavior, while income does not significantly affect to the consumptive behavior of K-Pop merchandise collectors.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Michelle Britney Attan, Tarumanagara University

-

References

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior as a Predictor of Growth in Risky College Drinking. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179–211. https://doi.org/10.15288/jsad.2011.72.322

Ajzen, I. (2015). Belief, attitude, intention and behaviour : An introduction to theory and research. May 1975.

Amaya, S. (2020). The Science of Self Control. Notes, 82(June), 121–128.

Atkinson, A., & F.Messy. (2012). Measuring Financial Literacy : Results of The OECD/International Network of Financial Education (INFE) Pilot Study: OECD Working Papers on Finance.

Averill, J. R. (1973). Personal Control Over Aversive Stimuli and its Relationship to Stress. Psychological Bulletin, 80(4), 286–303. https://doi.org/10.1037/h0034845

Cesara, C. M., & Putri, Y. R. (2020). Analisis Gaya Hidup Penggemar Pada Fandom Kpop (Studi Pada Penggemar Wanna One Dalam Fandom Wannable Indonesia). E-Proceeding of Management, 7(2), 6984–6992.

Effendi, U. (2016). Psikologi Konsumen. PT RajaGrafindo Persada.

Faizah, N. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Akhir Penggemar K-Pop Di Dki Jakarta [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/96429

Fajirin, F. B., & Indrarini, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Tingkat Pendapatan terhadap Perilaku Konsumsi Islami pada New Normal (Studi Kasus Masyarakat Muslim Usia Produktif di Surabaya). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), 156–167. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n2.p156-167

Fattah, F. A., Indriayu, M., & Sunarto. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 11–21.

Fujita, K., Carnevale, J. J., & Trope, Y. (2018). Understanding Self-Control as a Whole vs. Part Dynamic. Neuroethics, 11(3), 283–296. https://doi.org/10.1007/s12152-016-9250-2

Ghozali, I., & Latan., H. (2015). Partial Least Squares Concepts, Techniques, and Applications Using the SmartPLS 3.0.ed 2. Universitas Diponegoro.

Gunawan, A., Pulungan, D. R., & Koto, M. (2019). Tingkat Literasi Keuangan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Seminar Nasional & Call For Paper Seminar Bisnis Magister Manajemen (SAMBIS-2019), 1, 1–9.

Haryana, R. D. T. (2020). Pengaruh Life Style, Self Control Dan Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melakukan Online Shopping. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 16(1), 29. https://doi.org/10.30742/equilibrium.v16i1.805

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Indiani, D., & Lasmanah. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Penggunaan E-Money OVO terhadap Perilaku Konsumtif dengan Gender sebagai Variabel Moderasi. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(2), 1355–1359. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i2.4570

Indriyani, V. A., Suparuddin, & Wiralaga, K. . (2022). The Effect Of Economic Literacy , Lifestyle And Self Control On Consumptive Behavior Of Students Of The Faculty Of Economics State University Of. Review of Multidisciplinary Education, Culture and Pedagogy, 1(3), 37–52.

Islam, M. R., Khan, N. A., & Baikady, R. (2022). Principles of Social Research Methodology. In Springer Nature Singapore Pte Ltd. Springer Nature Singapore Pte Ltd. https://doi.org/10.1007/978-981-19-5441-2_5

Listiana, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Lifestyle Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Pola Konsumsi Islam [UIN Prof K.H. Saifudin Zuhri]. In Universitas Islam Negeri Prof K.H. Saifudin Zuhri. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Melina, A., & Wulandari, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi STKIP YPM Bangko. Scientific Journals of Economic Education, 2(1), 143.

Mujahidah, A. N. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganan (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik Di Smk Negeri 8 Makasar). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganan, 1–18. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18970%0A

Muzdalifah, L., & Syafi’i, M. I. (2020). Pengaruh Pendapatan dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada PKL di Jalan Gading Fajar Pada Masa Pandemin Covid-19. Greenomika, 2(1).

Natsir, K., Setini, M., & Arifin, A. Z. (2020). The Influence of Income and Financial Literacy on Financial Satisfaction through Financial Behavior as a Mediating Variable. In Urban Development and Life style (pp. 105–115). Nova Science Publishers Inc, New York.

Nurjanah, S., Mukhtar, S., Ulfatmi, E., & Triningsih, N. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Self Control Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Parameter, 31(2), 124–133. https://doi.org/doi.org/10.21009/parameter.312.05

Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Indonesian Financial Literacy National Strategy (Revised 2017). Otoritas Jasa Keuangan, 1–99.

Romadhoni, A. B. N., & Guspul, A. (2020). Pengaruh Attitude, Subjective Norm, Dan Perceived Behavioral Control Terhadap Minat Beli Jasa Transportasi Online. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 76–81. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1459

Rusadi, N. W. P., Irmayani, N. W. D., & Mirayani, N. K. S. (2022). Financial Literacy Bagi Generasi Millenial. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Sarajwati, M. K. A. (2020). Fenomena Korean Wave di Indonesia. Egsaugm. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/09/30/fenomena-korean-wave-di-indonesia/

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach (17th ed.). John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susilowati, S. V., Indriayu, M., & Sudarno. (2018). Pengaruh Pendidikan Konsumen dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2), 74–86.

Thionita, V. (2018). Mengenal Lebih Mendalam Seputar Literasi Keuangan. Finansialku.Com. https://www.finansialku.com/literasi-keuangan/

Ulayya, S., & Mujiasih, E. (2020). Hubungan Antara Self Control Dengan Perilaku Konsumtif Pengguna E-Money Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 9(4), 271–279. https://doi.org/10.14710/empati.2020.28950

Weningsih, R. T. (2018). The Effect of Financial Literacy on Consumptive Bahavior With Self Control as Intervening Variable (Case Study at Accounting Students of Faculty of Economics Yogyakarta State University) (Issue 21) [Yogyakarta State University]. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i2.4570

Yue, P., Yu, L., Zhou, J., & Zhou, H. (2022). Peer Effects of Income in Consumption. Economic Research-Ekonomska Istrazivanja, 0(0), 1–23. https://doi.org/10.1080/1331677X.2022.2156576