VIRAL MARKETING DI MEDIA SOSIAL SEBAGAI GAYA BARU KOMUNIKASI PEMASARAN
Main Article Content
Abstract
Tren penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran atau marketing ini memunculkan istilah baru yang disebut juga sebagai viral marketing. Viral marketing secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah teknik pemasaran yang memanfaatkan media sosial atau disebut juga word of mouth dengan menggunakan internet dan media sosial. Viral marketing ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis, termasuk pelaku bisnis yang bergerak di bidang healthy catering atau katering diet. Bisnis katering diet ini, sekarang juga sedang menjadi tren, sebagai pendukung tren gaya hidup sehat. Salah satu penyedia jasa katering diet adalah GR, bisnis katering diet yang menggunakan teknik viral marketing, dengan media sosial utama Instagram dan TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan viral marketing di media sosial dalam penerapannya oleh pelaku bisnis healthy catering dan untuk mendeskripsikan proses implementasi viral marketing sebagai sebuah gaya baru komunikasi pemasaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan narasumber dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa faktor utama dalam melakukan viral marketing di media sosial, yaitu jenis konten, waktu unggah, dan penggunaan hashtag.
The trend of using social media as a marketing or marketing tool has given rise to a new term which is also known as viral marketing. Viral marketing can simply be interpreted as a marketing technique that utilizes social media or also called word of mouth by using the internet and social media. Viral marketing is widely used by business people, including business people engaged in healthy catering or diet catering. This diet catering business, is now also becoming a trend, as a supporter of a healthy lifestyle trend. One of the diet catering service providers is GR, a diet catering business that uses viral marketing techniques, with the main social media being Instagram and TikTok. This study aims to analyze and describe viral marketing on social media in its application by healthy catering businesses and to describe the process of implementing viral marketing as a new style of marketing communication. The research uses a qualitative approach with a case study method. Data were obtained through in-depth interviews with informants and observations. The results of the study show that there are several main factors in doing viral marketing on social media, namely the type of content, upload time, and the use of hashtags.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Abdi, H. (2021, November 30). Revolusi Industri adalah Perubahan Besar dalam Memproduksi Barang, Ketahui Dampaknya . Liputan6.Com. https://hot.liputan6.com/read/4724560/revolusi-industri-adalah-perubahan-besar-dalam-memproduksi-barang-ketahui-dampaknya
Achyunda, R., & Wulan, R. R. (2017). Narasi Sebagai Strategi Viral Marketing Pada Akun Foodstagrammer @makanpakereceh. EProceedings of Management, 4(2), 1950–1957.
Andyna, A. S. (2021, January 9). Diet Katering Jadi Tren Gaya Hidup Baru. Sindonews.Com. https://lifestyle.sindonews.com/read/295156/166/diet-katering-jadi-tren-gaya-hidup-baru-1610150463?showpage=all
Bajari, A. (2017). Metode Penelitian Komunikasi Prosedur, Tren, dan Etika (N. S. Nurbaya, Ed.). Simbiosa Rekatama Media.
Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet dan Medsos Setiap Hari? Halaman all - Kompas.com. (2021, February 23). Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/11320087/berapa-lama-orang-indonesia-akses-internet-dan-medsos-setiap-hari-?page=all
Bhattacharya, S., Gaurav, K., & Ghosh, S. (2019). Viral marketing on social networks: An epidemiological perspective. Physica A: Statistical Mechanics and Its Applications, 525, 478–490. https://doi.org/10.1016/J.PHYSA.2019.03.008
Boentoro, Y., & Paramita, S. (2020). Komunikasi Pemasaran Viral Marketing (Studi Kasus Kopi Kwang Koan). Prologia, 4(1), 141–146. https://doi.org/10.24912/PR.V4I1.6455
Bohang, F. K. (2018). Berapa Jumlah Pengguna Internet Indonesia? Kompas Online. https://tekno.kompas.com/read/2018/02/22/16453177/berapa-jumlah-pengguna-internet-indonesia
Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. In Kencana. https://doi.org/10.1002/jcc.21776
Chen, C. C., Hsiao, K. L., & Wu, S. J. (2018). Purchase intention in social commerce: An empirical examination of perceived value and social awareness. Library Hi Tech, 36(4), 583–604. https://doi.org/10.1108/LHT-01-2018-0007
Chilisa, B., & Kawulich, B. (2012). Selecting a Research Approach : Paradigm, Methodology and Methods. https://www.researchgate.net/publication/257944787
Creswell, J. W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publication, Inc.
Dahono, Y. (2021, February 15). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021
Digital 2021 : Indonesia. (n.d.). Hootsuite WeAreSocial. Retrieved February 11, 2022, from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
Faisal, A., Putra, H. S. A., & Nugraha, W. Ch. R. (2017). Warung Kopi, Media, dan Konstruksi Ruang Publik di Makassar. Journal Communication Spectrum , 7(2).
Ganbold, S. (2021, July). Asia: distribution of internet users by country 2021 . Statista. https://www.statista.com/statistics/272358/distribution-of-internet-users-in-asia-pacific-by-country/
Hennink, M., Hutter, I., & Bailey, A. (2011). Qualitative Research Methods. Sage Publication Inc.
Hinz, O., Skiera, B., Barrot, C., & Becker, J. U. (2011). Seeding Strategies for Viral Marketing: An Empirical Comparison: Https://Doi.Org/10.1509/Jm.10.0088, 75(6), 55–71. https://doi.org/10.1509/JM.10.0088
Hutter, K., Hautz, J., Dennhardt, S., & Füller, J. (2013). The impact of user interactions in social media on brand awareness and purchase intention: The case of MINI on Facebook. Journal of Product and Brand Management, 22(5), 342–351. https://doi.org/10.1108/JPBM-05-2013-0299
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Mangement. In Pearson Edition Limited.
Machmud, M. (2012). Perkembangan Teknologi Dalam Industri Media. Jurnal Teknik Industri, 12(1), 57–64. https://doi.org/10.22219/JTIUMM.Vol12.No1.57-64
Neuman, W. L. (2014). Social Research: Qualitative and Quantitative Approaches. In Pearson Education Limited. https://doi.org/10.1234/12345678
Octavia, G., & Sari, W. P. (2019). Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting. Prologia, 2(2), 339–346. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3598
Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, 5, 22–27. https://doi.org/10.12962/J23546026.Y2018I5.4417
Rakhmat, J., & Ibrahim, I. S. (2017). Metode Penelitian Komunikasi (R. K. Soenandar, Ed.; Revisi 2). Simbiosa Rekatama Media.
Riyanto, G. P. (2021, February 23). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Kompas.C0m. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta
Saleh, G. (2018). Kampanye Hitam Pilgub DKI 2017: Analisis Wacana van Dijk pada Meme di Media Sosial. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(3), 322–339. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i3.827
Sari, B. D. A. C. (2017). Media Literasi dalam Kontra Propaganda Radikalisme dan Terorisme Melalui Media Internet. Peperangan Asimetrik, 3(1), 15–27.
Schivinski, B., & Dabrowski, D. (2013). The impact of brand communication on brand equity through Facebook. In GUT FME Working Paper Series A. Emerald Group Publishing Ltd.
Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020. (2021). In Badan Pusat Statistik.
Sugiharto, B. A. (2016, October 24). Pengguna Internet di Indonesia Didominasi Anak Muda. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20161024161722-185-167570/pengguna-internet-di-indonesia-didominasi-anak-muda?
Sugiyono. (2013). metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1164/rccm.200409-1267OC
Yin, R. K. (2014). Case Study Research Design and Methods (5th ed.). Thousand Oaks.