ANALISA VALUASI PERUSAHAAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE) PT BUKALAPAK.COM TBK.

Main Article Content

Ade Irawan
Herlin Tundjung Setijaningsih

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak tahun 2020 juga berdampak terhadap Indonesia, yang mengalami pertumbuhan ekonomi negatif (kontraksi) pada tahun tersebut.  Namun demikian, ekonomi internet masih bertumbuh 18% pada tahun 2020, dan bertumbuh lagi sebesar 49% pada tahun 2021.  Bukalapak bahkan mencatat sejarah pada tahun 2021 sebagai perusahaan startup teknologi (e-commerce) unicorn pertama yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia, meraih dana terbesar melalui IPO, dan menarik investor dalam jumlah terbanyak.  Namun demikian kesuksesan Bukalapak pada saat IPO, tidak diikuti dengan kinerja harga saham setelah IPO, yang terus mengalami penurunan.  Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan penilaian atas valuasi dari saham Bukalapak pada saat IPO.  Metode yang dilakukan adalah dengan metode penilaian relatif atau pasar dengan membandingkan rasio EV/TPV dengan indikator yang setara yaitu Adj. EV/Adj. GMV terhadap beberapa perusahaan pembanding yang sejenis.  Perusahaan pembanding tersebut dipilih dari beberapa perusahaan sejenis di luar negeri, mengingat di Indonesia belum ada perusahaan sejenis yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia.   Hasilnya adalah valuasi dari saham Bukalapak saat IPO secara relatif lebih murah dibandingkan rata-rata valuasi perusahaan pembanding. 


 


The Covid-19 pandemic that has hit the world since 2020 also has an impact on Indonesia, which experienced negative economic growth (contraction) in that year.  However, the internet economy was still growing by 18% in 2020, and again by 49% in 2021.  Bukalapak even made history in 2021 as the first unicorn technology (e-commerce) startup company to conduct an IPO on the Indonesia Stock Exchange, winning largest funds through IPOs, and attracted the largest number of investors.  However, Bukalapak's success at the time of the IPO was not followed by the performance of the stock price after the IPO, which continued to decline.  For this reason, this study aims to evaluate the valuation of Bukalapak's shares at the time of the IPO.  The method used is the relative or market valuation method by comparing the EV/TPV ratio with an equivalent indicator, namely Adj. EV/Adj. GMV against several similar comparable companies. The comparable companies were chosen from several similar companies abroad, considering that in Indonesia there has been no similar company that has conducted an IPO on the Indonesia Stock Exchange. The result is that the valuation of Bukalapak's shares at the IPO is relatively cheaper than the average valuation of the comparable companies.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ade Irawan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi

Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Tarumanagara

Herlin Tundjung Setijaningsih, Universitas Tarumanagara

Dosen Pembimbing

Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi

Universitas Tarumanagara

References

Damodaran, A. (2011). The Little Book of Valuation: How to Value a Company, Pick a Stock, and Profit. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Djaja, I. (2018). All About Corporate Valuation. Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Fernando, J. (2022). Enterprise Value (EV). Diakses tanggal 17 Maret 2022 dari https://www.investopedia.com/terms/e/enterprisevalue.asp#:~:text=Key%20Takeaways-,Enterprise%20value%20(EV)%20is%20a%20measure%20of%20a%20company's%20total,on%20the%20company's%20balance%20sheet.

Google, Temasek, & Bain. (2021). e-Conomy SEA 2021. Diakses tanggal 14 Desember 2021 dari https://services.google.com/fh/files/misc/e_conomy_sea_2021_report.pdf.

Haryono, E. (2021). Siaran Pers Bank Indonesia: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV 2020 Melanjutkan Perbaikan. Diakses tanggal 13 Februari 2022 dari https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_233321.aspx.

Johan, S. & Herbani, L. (2018). Metode Valuasi Manakah yang Lebih Tepat untuk Merger dan Akuisisi? Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 64-71.

Koller, T, Goedhart, M, Wessels, D. (McKinsey & Company). (2015). Valuation, Measuring and Managing the Value of Companies. Edisi VI. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Masyarakat Profesi Penilai Indonesia. (2018). Kode Etik Penilai Indonesia dan Standar Penilaian Indonesia. Edisi VII. Jakarta.

Neaxie, L.V. & Hendrawan, R. (2017). Valuasi Saham Menggunakan Metode Discounted Cash Flow dan Relative Valuation pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk Proyeksi Tahun 2017. E-Proceeding of Management, 4(2), 1-8.

Odin Financial Advisors. (2021). e-Commerce & Payments Monthly Tracker, January 2021. Diakses tanggal 6 Maret 2022 dari https://www.odinfinancial.com/wp-content/uploads /2021/02/Odin-Financial-Advisors_eCommerce-Payments_Monthly-Tracker_Jan21.pdf.

Prospektus Penawaran Umum Perdana Saham PT Bukalapak.com Tbk, 27 Juli 2021. Diakses tanggal 26 November 2021 dari https://assets.bukalapak.com/daisy/compro/docs/investor-relations/prospectus/040c97fd-prospektus-final-bukalapak.pdf.

Ramadhani, P.I. (2021, August 7). Sederet Fakta Menarik IPO Bukalapak yang Catatkan Sejarah Baru di Pasar Modal Indonesia. Diakses tanggal 15 Februari 2022 dari https://www.liputan6.com/saham/read/4626733/sederet-fakta-menarik-ipo-bukalapak-yang-catatkan-sejarah-baru-di-pasar-modal-indonesia.