PEMBUATAN GAME STRATEGI QUEST FOR HOLY GRAIL

Main Article Content

Yulianto Yulianto
Viny Christanti M

Abstract

Game “Quest for Holy Grail” merupakan board game bergenre strategi yang mengambil beberapa unsur dari Tactical RPG. Game ini dibuat dengan menggunakan Adobe Flash CS 6.0 dengan ActionScript 3.0, sedangkan disain dalam game dirancang menggunakan Adobe Illustrator CS 6.0 dan Adobe Photoshop CS 6.0. Dalam game ini, tiap pemain ditugaskan untuk mencari kunci dengan warna yang sesuai dengan warna tiap pemain. Kunci ini digunakan untuk membuka gembok pada bagian tengah map dalam permainan. Permainan dimenangkan apabila salah satu pemain berhasil mencapai grid bersimbol holy grail pada bagian tengah map. Dalam game ini, terdapat tiga macam map yang dapat dipilih. Setiap map memiliki ukuran dan efek-efek grid yang berbeda. Efek grid akan aktif apabila karakter pemain berada pada grid yang ada. Dalam Quest for Holy Grail, tiap pemain dapat memilih dua dari empat karakter yang tersedia untuk digunakan dalam permainan. Setiap karakter memiliki kemampuan dan kekurangan yang berbeda-beda. Pemain dapat memberikan perintah kepada pion karakter untuk bergerak, menyerang karakter lawan, atau menggunakan kemampuan. Hasil pengujian dari kuisioner yang dibagikan kepada 30 orang menunjukkan bahwa game “Quest for Holy Grail” memiliki antar muka dan penjelasan yang mudah dipahami, tapi masih memiliki kekurangan dalam keseimbangan antar kekuatan karakter dan tingkat visibilitas ukuran grid.

 

Keywords

ActionScript 3.0, Adobe Flash CS 6.0, Adobe Illustrator CS 6.0, Adobe Photoshop CS 6.0, Board Game, Quest for Holy Grail, Strategy Game, Tactical RPG

Article Details

Section
Articles