MODIFIKASI GAMBAR KARAKTER CERITA RAKYAT FABEL NUSANTARA UNTUK PEKAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Adi Ismanto
Vincentius Felix
Jennifer Hung
Vanesa

Abstract

Cerita rakyat fabel terdapat di semua negara dunia, begitu juga dengan Indonesia dan menjadi salah satu cerita yang menarik perhatian anak untuk mempelajari karakter atau sifat baik dan buruk perilaku manusia dengan perumpamaan dari karakter hewan. Melalui cerita fabel, anak dapat mengembangkan imajinasi dan meningkatkan literasi terutama di tingkatan Sekolah Dasar. Modifikasi cerita dan bentuk visualisasi karakter dari cerita fabel melalui media gambar dapat menjadi salah satu solusi untuk memudahkan penyampaian pesan, moral, mempermudah imajinasi dan memperkuat daya ingat anak terhadap makna dan inti dari cerita tersebut. Sekolah Dasar Tara Salvia melalui program edukasi non formal selalu mengadakan kegiatan pekan membaca (Book Week) di akhir pembelajaran formal berkolaborasi dengan orang tua dan pihak lain. Metoda modifikasi gambar karakter cerita fabel ini akan dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu diawali dengan pemahaman cerita fabel nusantara Sura dan Baya yang diarahkan oleh pihak sekolah. Kemudian, kegiatan akan dilanjutkan dengan metode eksplorasi kualitatif berupa referensi dan ide gambar berupa sketsa-sketsa ide visualisasi karakter serta menambahkan beberapa visual gambar kekinian untuk membuat cerita menjadi menarik. Eksplorasi ini diimplementasikan sebagai bentuk gambar karakter hewan dari cerita rakyat fabel Nusantara Sura dan Baya dipadukan dengan cerita superhero yang anak-anak ketahui, sehingga menampilkan karya yang menarik, interaktif dan unik untuk bercerita. Setelah itu dilanjutkan dengan bercerita menggunakan media modifikasi gambar karakter cerita fabel Nusantara di sekolah. Berdasarkan umpan balik kuesioner, dapat disimpulkan bahwa seluruh siswa tertarik untuk mendengarkan, serta memilih perlengkapan fase “Endgame” (50%), dilanjutkan karakter fabel Baya (33,3%) dan Sura (12,5%) sebagai perlengkapan yang paling bagus dan menarik.

Article Details

How to Cite
Ismanto, A., Felix, V., Hung, J., & Vanesa. (2025). MODIFIKASI GAMBAR KARAKTER CERITA RAKYAT FABEL NUSANTARA UNTUK PEKAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 8(2), 336–348. https://doi.org/10.24912/jbmi.v8i2.34465
Section
Articles

References

Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan budaya literasi pada anak usia dini di era digital. Tematik, 6(2), 88-93.

Azis, A. (2015, January). Cerita Rakyat Kategori Fabel sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1, pp. 36-47).

Balaibahasaprovinsimaluku.kemendikbud.go.id (2020). Membangun Karakter Anak Melalui Fabel, ditulis oleh Zahrotun Ulfah, S.S., diakses 14 Maret 2025. Dari https://balaibahasaprovinsimaluku.kemdikbud.go.id/2020/10/membangun-karakter-anak-melalui-fabel/

Dian, N. S. C., Sidhartani, S., & Putri, M. T. G. (2024). Perancangan buku cerita bergambar Kera dan Burung Manyar sebagai visualisasi kisah pada naskah Tantri Kamandaka. Cipta, 2(3), 357-373.

Fitri, A. S., Kusumawardani, R., & Hayani, R. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi YouTube Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Raudhah, 10(2).

Fivanda. (2023). PENGEMBANGAN IMAJINASI DAN BAKAT ANAK MELALUI MEDIA LUKIS KANVAS PADA TOPI BUCKET. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i1.25850

Handaru, W. C. (2023). VISUALISASI KARAKTER DALAM ANIMASI 3D CERITA RAKYAT AIR TERJUN RORO KUNING MENGGUNAKAN METODE MANGA MATRIX. VOK@ SINDO: Jurnal Ilmu-Ilmu Terapan dan Hasil Karya Nyata, 11(2), 95-115.

Indrayani, R., Satriah, S., Jinan, Q., Rahayu, S. D., Ramdhani, R. D., & Juliana, J. (2024). Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Strategi Meningkatkan Minat Baca. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 112-122.

Ismanto, A., Fivanda, & Hengky, R. (2024). MENGGAMBAR VISUALISASI KARAKTER CERITA RAKYAT FABEL SEBAGAI PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(2), 360–369. https://doi.org/10.24912/jbmi.v7i2.30558

Mamis, S., Putra, I. N. A. S., Yusa, I. M. M., Aryanto, D., Yasa, N. P. D., Wahidiyat, M. P., ... & Carollina, D. (2023).

DASAR-DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV): Panduan Lengkap Untuk Memasuki Dunia Kreatif Visual. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Musbikhah, S. (2024). Pengembangan Buku Fabel" Kiki dan Kiku" Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Mengasah Kemampuan Literasi Siswa Kelas II SDN Tambakan Bangil (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Pamuji, Y. I. (2022). Tinjauan Bibliometrik Elemen Dan Prinsip Desain Tahun 2016-2021.

Sit, M., Khadijah, K., Nasution, F., & Sitorus, A. S. (2016). Buku pengembangan kreativitas anak usia dini (teori dan praktik).

Wicaksono, S., Amzy, N., & Saptodewo, F. (2019). Visualisasi Karakter Jaka Budug. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 1(02), 154-161.

Youtube.com (2020, 22 Januari). Cerita Asal Mula Kota Surabaya, dongen nusantara, diakses pada 02 Maret 2025 melalui kanal Dongen Kita dari https://www.youtube.com/watch?v=vb922ftV1ao