PERJANJIAN SIMPAN PINJAM MATA UANG ASING PADA BANK BRI (STUDI KASUS KESALAHAN TRANSFER DANA NASABAH YANG DILAKUKAN BANK BRI)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Banking is an important activity for society. Main role of banking are for storing and distributing
funds. Banking activities must be carried out carefully and professionally so as to minimize false step.
If something goes wrong then what should be done based on the existing law. To handle it, the
government has made applicable legal regulations, one of which is Law No. 3 of 2011 concerning the
Transfer Of Funds. Therefore, this research was made to find out this problem. This study uses a
normative method that uses existing laws as the main data and other data as relevant data. The result
of this study is that the party who made a mistake must immediately correct the error and adjust to the
theory used, the Bank is also obliged to compensate for the amount of compensation that is equivalent
to the mistake that has been made. When the bank makes a mistake, it is necessary to justify and
provide compensation to the recipient of the funds.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Komunikasi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
A. Buku
Asikin Zainal, 2012, pengantar tata hukum Indonesia, rajawali press, Jakarta
Dwi Perwitasari Wiryaningtyas. 2016. Pengaruh Keputusan Nasabah Dalam
Pengambilan Kredit Pada Bank Kredit Desa Kabupaten Jember. Jurnal
Ekonomi dan Bisnis Growth. Volume 14 Nomor 2, hlm 50
Evi Yupitri, Raina Linda Sari. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Medan. Jurnal
Ekonomi dan Keuangan. Volume 1 Nomor 1, hlm 49.
Hamzah.2015. Analisis Hukum Terhadap Perlindungan Konsumen Produk Pasar
Modal Di Indonesia. Jurnal Hukum tô-râ, Vol. 1 No. 2, hlm. 77-78.
Hasibuan, Malayu S.P. 2002 .Manajemen Sumber daya manusia. Jakarta: PT Bumi
perkasa
Jopie, Jusuf. 1997. Panduan Dasar untuk Account Officer. Yogyakarta: Akademi
Manajemen Perusahaan YKPN.
Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI)
Kasmir. 2004. Bank & Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Kasmir. 2004. Bank & Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Mislah Hayati Nasution, Sutisna.2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat
Nasabah Terhadap Internet Banking. Jurnal Nisbah. Volume 1 Nomor 1,
hlm 65
Onan Purba, Rumelda Silalahi. 2019. Perlindungan Konsumen Terhadap
Wanprestasi Pelaku Usaha. Jurnal Darma Agung. Volume XXVII, Nomor
, hlm. 1073
Sentosa Sembiring, hukum Perbankan, Mandar Maju Bandung,2000,hal.1
Soerjono Soekanto, Penelitian Hukum Normatif, (Jakarta: PT Raya Grafindo
Persada, 2011), hlm. 15
Sonny Koeswara, Muslimah. 2013. Analisis Besarnya Pengaruh Kinerja Pelayanan
(Service Performance) Frontliner dan Kepuasan Nasabah Terhadap
Loyalitas Nasabah Prioritas PT. BCA Tbk Cabang Permata Buana Dengan
Pendekatan Metode Regresi Linear Multiple . Jurnal Pasti. Volume 8
Nomor 1, hlm 3
B. Peraturan Perundang-Undangan
Pasal 1 Undang-undang nomor 10 tahun 1998 tentang Perbankan
Pasal 1338 KUHPerdata
Pasal 14 ayat (1) Peraturan Bank No 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan
Pemrosesan Transaksi Pembayaran
Peraturan Bank Indonesia no. 14/23/PBI/2012 tentang transfer dana
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1 / POJK.07 / 2013
Purnamawati, I Gusti Ayu, dkk. 2014. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya.
Yogyakarta: Graha Ilmu
Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen