Perancangan Kampanye Sosial hadapi Mom Shaming pada Para Ibu

Isi Artikel Utama

Daniel Benedict
Anny Valentina

Abstrak

Abstrak - Melahirkan merupakan salah satu tahap terpenting bagi setiap wanita yang menimbulkan perasaan bahagia dan senang pada ibu dan juga keluarga. Namun untuk beberapa ibu juga akan menimbulkan rasa khawatir, kecewa, frustasi bahkan kemarahan dan ketakutan. Berbagai upaya ditempuh tanpa lelah oleh seorang ibu dengan mengerahkan semua kemampuan terbaik yang di milikinya. Akan tetapi kekurangan dari cara seorang ibu mengasuh anak sering kali menjadi bahan kritik dari khalayak. Ibu baru selalu menjadi sasaran empuk untuk di kritik, kritikan ini biasanya bersifat menyudutkan dan membuat ibu tersebut merasa bersalah. Perancangan kampanye ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari Mom Shaming dapat membuat seorang ibu merasa bahwa dia belum bisa menjadi ibu yang baik untuk anaknya, sehingga dia dapat kehilangan percaya diri dalam mengurus anaknya karena merasa apapun yang dia lakukan itu salah dan tidak baik untuk anaknya yang dapat berujung pada depresi bagi ibu tersebut, karena depresi pada ibu dapat berakibat yang sangat fatal bagi ibu tersebut dan terutama bagi anaknya. Metode yang digunakan dalam pembuatan tugas akhir ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi berupa pengamatan pada media sosial, wawancara dengan target, dan studi pustaka. Perancangan kampanye ini menghasilkan sebuah kampanye yang mengedukasi para ibu dalam mengatasi dampak Mom Shaming.

Kata kunci: kampanye, mom shaming, keluarga, motherhood, depresi

Rincian Artikel

Bagian
Articles