Perancangan Board game “Menjadi Indonesia” sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Anak

Isi Artikel Utama

Natalia Natalia
Kurnia Setiawan
Irwan Harnoko

Abstrak

Abstrak— Metode pembelajaran di Indonesia berkembang dari waktu ke waktu. Metode pembelajaran yang monoton membuat materi yang akan disampaikan sulit dipahami sepenuhnya oleh anak terutama pelajaran bahasa Indonesia. Sulitnya mempelajari bahasa Indonesia secara baik dan benar dapat diterapkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang tidak membosankan yaitu board game. Tidak hanya sebagai media permainan, board game dapat dijadikan sebagai sarana belajar agar anak lebih mudah menyerap pelajaran, terutama materi yang sulit dipahami. Diharapkan melalui perancangan board game ini anak-anak semakin bersemangat belajar bahasa Indonesia sambil mengenal kekayaan Indonesia sehingga anak-anak dapat mengenal Indonesia, bangga akan tanah air Indonesia, semakin mencintai Indonesia, dan pada akhirnya menjadi Indonesia seutuhnya.

Rincian Artikel

Bagian
Articles