Perancangan Ulang Desain Kemasan Produk Lulur Mandi Sumber Ayu

Isi Artikel Utama

Debbie Debbie
Edy Chandra
Mariati Mariati

Abstrak

Abstrak— Di industri kecantikan Indonesia, salah satu produk paling populer dengan pendapatan tertinggi adalah produk pemutih kulit. Hal ini menunjukkan bahwa ada banyak permintaan dari pasar Indonesia yang menginginkan kulit lebih cerah. Seiring berkembangnya zaman karena alasan waktu dan efisiensi maka mulai bermunculan produk-produk spa yang bisa digunakan dirumah, yaitu lulur. Terdapat banyak produk lulur yang beredar di Indonesia, salah satunya adalah lulur Sumber Ayu. Peningkatan penjualan dan minat beli lulur di industri tidak terjadi pada merek Sumber Ayu. Berdasarkan pertemuan manajemen maka didapatkan kesimpulan bahwa terjadi permasalahan kualitas produk sehingga belum dapat membangun brand trust. Juga didukung dengan banyaknya pesaing yang sudah lebih dulu membangun kepercayaan brandnya terhadap konsumen. Berdasarkan survey yang dilakukan, masyarakat Jakarta juga belum banyak yang mengetahui tentang tari lenggang nyai. Dalam rangka perayaan ulang tahun kota Jakarta yang jatuh pada 22 Juni, akan dilakukan repackage atau pengemasan ulang lulur mandi sumber ayu dengan konsep kesenian budaya betawi yaitu Tari Lenggang Nyai. Pengemasan ulang ini bertujuan untuk membangun trust brand sumber ayu dan sekaligus untuk memperkenalkan tari betawi Lenggang Nyai kepada pembeli. sehingga diharapkan masyarakat Jakarta mampu melestarikan budaya Betawi.

Rincian Artikel

Bagian
Articles