Dampak Media Sosial terhadap Pembentukan Identitas Diri di Kalangan Remaja
Main Article Content
Abstract
This study examines the impact of social media on the formation of adolescent self-identity. Using a qualitative approach, data was collected through interviews, observations, and literature studies with subjects aged 15-19 years who are active on social media. The results show that social media influences adolescent self-identity, both positively, by increasing self-confidence, and negatively, by influencing body image and social comparison. Social media serves as a means of self-expression, but excessive use can reduce face-to-face social interaction and communication skills. The study recommends the wise use of social media with family support.
Penelitian ini mengkaji dampak media sosial terhadap pembentukan identitas diri remaja. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi literatur dengan subjek remaja berusia 15-19 tahun yang aktif di media sosial. Hasil menunjukkan bahwa media sosial mempengaruhi identitas diri remaja, baik secara positif yaitu mampu meningkatkan kepercayaan diri, maupun negatif, mempengaruhi citra tubuh dan perbandingan sosial. Media sosial berfungsi sebagai sarana ekspresi diri, namun penggunaan berlebihan dapat mengurangi interaksi sosial tatap muka dan keterampilan komunikasi. Penelitian menyarankan penggunaan media sosial yang bijak dengan dukungan keluarga.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Cahya Sakti, B., & Yulianto Jurusan Ilmu Komunikasi, M. (N.D.). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. Http://Www.Fisip.Undip.Ac.Id
Dwi, E., & Watie, S. (2011). Komunikasi Dan Media Sosial (Communications And Social Media): Vol. III (Issue 1). Http://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Media_Sos
Elwani, R. S., & Kurniawan, F. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Bagi Remaja. Jurnal Komunikasi, 12(1), 64. Https://Doi.Org/10.24912/Jk.V12i1.6654
Nurlela, A., Ras, A., & Usman, M. (N.D.). Dampak Media Sosial Terhadap Pembentukan Identitas Sosial Anak Di Era Digital.
A.Sukrillah 1a , IA Ratnamulyani 2 , AA Kusumadinata 3b. (N.D.). Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi Utilization Of Social Media Through Whatsapp Group Fei As A Communication Facility.
Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer, S., Made Resta Handika, By, & Sri Darma, G. (2018). Jurnal Manajemen Dan Bisnis. 15(2). Http://Journal.Undiknas.Ac.Id/Index.Php/Magister-Manajemen/
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). Https://Doi.Org/10.24198/Jppm.V3i1.13625
Vita Sukmarini, A., Yusuf AR, M., & Kadir, D. (2022). Pemanfaatan Kekayaan Media Dalam Kepemimpinan Efektif Dengan Sistem Komunikasi Multi-Channel Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1), 183–196. Https://Doi.Org/10.36418/Jiss.V3i1.557
Widi Kasetyaningsih, S. (2017). Dampak Sosial Media Terhadap Akhlaq Remaja (Vol. 13).
Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. Interaksi Online, 6(4), 490-501.
Siahaan, C., Laia A. P., & Adrian, D. (2022). Studi Literatur: Media Sosial “Tiktok” Dan Pembentukan Karakter Remaja. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 4939-4950.