Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran di Perusahaan Jasa Design Interior dan Kontraktor
Main Article Content
Abstract
This research is motivated by the importance of implementing marketing communication strategies to improve the effectiveness of promotion in the digital era, particularly through conventional and digital strategies applied by PT Link Bangun Selaras. The purpose of this study is to determine the effectiveness of marketing communication strategies employed by interior design companies and contractors in attracting consumers, as well as the obstacles they face. This research uses marketing theory, conventional and digital communication theory, and word of mouth theory. This research uses a descriptive qualitative method involving internal company sources. Data collection methods include observation, documentation, and comprehensive interviews. Data instruments, data collection, and data classification are then linked to relevant theories. The results of the study indicate that the company has utilised digital communication strategies through its website and social media, as well as word of mouth, to reach its target audience and increase customer loyalty.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penerapan strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan efektivitas promosi di era digital, khususnya melalui strategi konvensional dan digital yang diterapkan oleh PT Link Bangun Selaras. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif strategi komunikasi pemasaran perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan jasa interior dan kontraktor dalam menarik konsumen, serta kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan teori pemasaran, teori komunikasi konvensional dan digital, dan teori word of mouth. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melibatkan narasumber internal perusahaan. Metode pengambilan data meliputi observasi, dokumentasi dan wawancara menyeluruh. Instrumen data, pengumpulan data, klasifikasi data, yang kemudian dikaitkan dengan teori yang relevan. Hasi penelitian menunjukkan bahwa perusahaan telah memanfaatkan strategi komunikasi digital melalui website dan media sosial, serta word of mouth, untuk menjangkau target audiens dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Anheier, Helmut, En Yudhishthir Isar. 2012. “4B. Communication + Media”. Conflicts And Tensions III(3): 489–518. Doi:10.4135/9781446214671.N45.
Annisa, Andi. “Strategi Komunikasi Pemasaran Bisnis Kuliner TA Dalam Menghadapi Persaingan”. : 94.
Joesyiana, Kiki. 2018. “Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey Pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau)”. Jurnal Valuta Vol. 4(1): 71–85. File:///C:/Users/Fredy Andrainto/Downloads/Valuta,+Journal+Manager,+5.+Kiki+Joesyiana (5).Pdf.
Kusniadji, Suherman. 2016. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods”. : 16. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/107308-ID-Strategi-Komunikasi-Pemasaran-Dalam-Kegi.Pdf.
Latifah, Henny Nur. 2024. “Strategi Pengembangan Usaha CV Bejo Arsitektur Dan Kontraktor”. : 85. Https://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/28000/1/401180050_Heny Nur Latifah Husein_Ekonomi Syariah.Pdf.
Latifah, Henny Nur. “Strategi Pengembangan Usaha CV Bejo Arsitektur Dan Kontraktor”. (Strategi Pengembangan Usaha CV. Bejo Arsitektur Dan Kontraktor Desa Kuncen, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro): 85.
Mardiyanto, Doni. 2019. “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus: Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise Di Kedai Digital & Solo)”. : 7. Https://Jurnal.Stie-Aas.Ac.Id/Index.Php/Jie/Article/Download/470/249.
Puspasari, Novera Annisa, En Tanti Hermawati. 2021. “Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial”. Jurnal Komunikasi Massa 5(1): 1–8.
Tommy, Makgret. 2024. “Pengaruh Media Komunikasi Konvensional (Baliho) Dan Media Komunikasi Digital (Instagram) Terhadap Minat Kunjung Pada Event Bazar Midtown”.