Pengaruh Iklan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Tirta Oto Station

Main Article Content

Winendy Kuswanto
Sisca Aulia

Abstract

Entering this digital era, all conveniences and practicalities can be achieved only through a smartphone. This technological development has many good impacts for each user, for example in Indonesia, the usage of an e-wallet with the advantage of getting a price discount, of course this can influence the purchase decision of the e-wallet user. Therefore the researchers conducted this research to determine the effect of e-wallet discount advertising on purchase decisions of Tirta Oto Station customers as measured by the indicator of price discounts as the X variable and purchase decisions as the Y variable. The research method is a quantitative method using surveys with a total of 100 respondents who were decided through a purposive sampling. The data was collected by a questionnaire and literature study. Then the data will go through validity tests, reliability tests, and normality tests. After the data is tested, the analysis is carried out through a simple linear regression analysis and T-analysis. Then the results found through the regression analysis are 4,744 with an increase of 0.709 which can be stated that there is a significant effect of the price discount variable on the purchase decision variable.





Memasuki era digital pada zaman ini, semua kemudahan dan kepraktisan dapat dicapai hanya melalui sebuah smartphone. Tentunya perkembangan teknologi ini memberikan banyak dampak baik bagi setiap para pengguna, seperti contohnya penggunaan e-wallet di Indonesia dengan keuntungan berupa potongan harga (price discount), tentunya hal ini dapat memengaruhi keputusan pembelian dari pengguna e-wallet tersebut. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk menguji pengaruh iklan diskon e-wallet terhadap keputusan pembelian Tirta Oto Station yang diukur dengan indikator yang bersangkutan dengan potongan harga sebagai variabel X dan keputusan pembelian sebagai variabel Y. Metode kuantitatif digunakan sebagai metode penelitian dengan teknik survei sebanyak 100 Responden diidentifikasi dengan menggunakan proses purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan studi literatur. Data yang terkumpul akan melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Setelah data diuji, maka dilakukan tahap analisis melalui uji regresi linier sederhana dan Uji T. Hasil uji regresi adalah 4.744 dengan hasil peningkatan 0,709 yang dapat dinyatakan variabel potongan harga berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.




Article Details

Section
Articles

References

Fitri, S., & Erdiansyah, R. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, dan Selebriti Endorser terhadap Keputusan Pembelian Uniqlo.

Kotler Philip, & Gary Armstrong. (2018). Principles Of Marketing (17 ed.). Pearson Education Limited.

Kotler Philip, & Kevin Lane Keller. (2018). Manajemen Pemasaran (12 ed.). PT Indeks.

Megadewandanu, S., Suyoto, & Pranowo. (2017). Exploring mobile wallet adoption in Indonesia using UTAUT2: An approach from consumer perspective. Proceedings - 2016 2nd International Conference on Science and Technology- Computer, ICST 2016, 11–16.

Savitri, S. A., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra, Kredibilitas dan Kemampuan Komunikasi Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Produk Make-Up Maybelline (Studi Kasus Tasya Farasya).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (2 ed., Vol. 1). Alfabeta.s