Analisis Komunikasi Pemasaran Beauty Advisor Wardah Kosmetik dengan Model Attention, Interest, Search, Action, Share

Main Article Content

Wahyuni Lestari
Farid Farid

Abstract




Wardah Cosmetics is currently the first cosmetic brand to guarantee halal cosmetic products. In addition, the products have also been spread in almost all beauty shops. Because Wardah cosmetics have affordable prices and the quality of their products is guaranteed. This is what makes the writer interested in analyzing how marketing communications are carried out by Brand Wardah in Guardian. According to Firmansyah, marketing communication is the process by which a company tries to inform, persuade and remind customers about the goods and brands they sell. Therefore the Wardah Brand promotes its products through many media to attract consumers to make purchases. The author uses a qualitative method where the research process is to understand human or social phenomena by building a comprehensive and complex image so that it can be communicated verbally, reporting specific viewpoints obtained from reliable sources. There are three stages of the method used by the author to get reliable sources, the stages of interview, observation and also documentation. From the results of the study it was concluded that the role of beauty advisors can increase the target marketing of Wardah cosmetic products in the Guardian by using the AISAS model.





Wardah Kosmetik saat ini menjadi merek kosmetik pertama yang menjamin produk kosmetik halal. Selain itu produknya juga sudah tersebar hampir di semua toko kecantikan. Karena Wardah kosmetik memiliki harga yang terjangkau serta keamanan produknya yang sudah terjamin kualitasnya. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk menganalisa bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Brand Wardah di Guardian. Menurut Firmansyah komunikasi pemasaran (marketing communication) adalah proses sebuah perusahaan mencoba meyakinkan dan mengingatkan klien tentang produk dan merek yang mereka jual. Oleh karena itu Brand Wardah mempromosikan produknya melalui banyak media untuk menarik minat konsumen agar melakukan pembelian. Penulis menggunakan metode kualitatif dimana proses penelitian ini untuk memahami fenomena-fenomena manusia atau sosial dengan membangun citra yang menyeluruh dan kompleks sehingga dapat dikomunikasikan secara verbal, melaporkan sudut pandang secara spesifik yang diperoleh dari sumber terpercaya. Ada tiga tahapan metode yang dilakukan penulis untuk mendapatkan sumber terpercaya, tahapan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa peran para beauty advisor dapat meningkatkan target pemasaran produk Wardah kosmetik di Guardian dengan menggunakan model AISAS.







Article Details

Section
Articles

References

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Lestari, & Petri, S. (2015). Hubungan Komunikasi Pemasaran Dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi Pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Jurnal Interakasi, 4(2), 139–147. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/INSPI/article/view/619/601

Prasetyo, H., & Rachmawati, I. (2016). Analisis AISAS (attention, Interest, Search, Action, Share) Pada Pengguna Asus Zenfone Di Indonesia. E-Proceeding of Management, 3(3), 2. https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/artic le/view/3100

Rumiris, M., Maria, T., Tamba, R., Bhayangkara, U., Raya, J., Panday, R., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2020). Analisa Peramalan Penjualan Pada Produk Kosmetik Wardah Dengan Menggunakan Time Series Analisa Peramalan Penjualan Pada Produk Kosmetik Wardah Dengan Menggunakan Time Series. December. https://www.researchgate.net/profile/Maria-Maria- Rumiris-Tamba- 2/publication/348002916_Analisa_Peramalan_Penjualan_Pada_Produk_Kos metik_Wardah_Dengan_Menggunakan_Time_Series/links/5fec8c1e4585155 3a005f8a5/Analisa-Peramalan-Penjualan-Pada-Produk-Kosmetik-Wardah- Dengan-Menggunakan-Time-Series.pdf

Sonia Cipta Wahyurini, & Trianasari, N. (2020). Analisis Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Mitra Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i1.321

Sri Wahyuningsih. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus (pertama). UTM Press. https://id.scribd.com/document/519930942/Metode-Penelitian-Studi-Kasus- Konsep-Teori-Pendekatan-Psikologi-Komunikasi-dan-Contoh-Penelitiannya- by-Sri-Wahyuningsih-z-lib-org#