Strategi Komunikasi Pemasaran @jasafotoprodukjkt di Instagram

Main Article Content

Tasya Fitriyani
Muhammad Adi Pribadi

Abstract






Jasa Foto Produk Jakarta is a photo services that located in South Jakarta. It provides photo services for multi-brands and offers photo and video services for indoor even outdoor area. Competition has increased since COVID-19 pandemy in Indonesia. All businesses are operating offline needs to switched the operational to online. Since of then, many of entrepreneurs have started promoting their products or services online. This relates to the theory of management advertising strategy with several elements, namely determining communication objectives, determining target audiences, determining positioning and establishing media strategies. Jasa foto produk Jakarta have several active social media such as Instagram. Instagram created several features so that its users feel closer to other users. This research method uses qualitative methods. The data collection techniques that have been used were interviews, participant observation, and documentation and also including pictures or videos that taken by Jasa Foto Produk Jakarta. And to advertise on social media, Jasa foto produk jakarta must go through several processes first so that the message conveyed is easily understood by the public.







Jasa Foto Produk Jakarta adalah jasa foto yang berlokasi di Jakarta Selatan yang menyediakan jasa foto untuk multibrand dan menawarkan jasa pemotretan secara indoor dan outdoor. Jasa Foto Produk Jakarta memiliki tujuan untuk menjadi wadah foto produk perusahaan, tidak menutup kemungkinan persaingan naik, khususnya saat persaingan mengalami peningkatan sejak COVID-19 merajalela di Indonesia (yang sebelumnya seluruh usaha beroperasi secara luring beralih menjadi daring.) Sejak saat itu banyak pengusaha yang mulai mempromosikan produk atau jasa mereka melalui online. Hal ini berhubungan dengan Teori Strategi Periklanan Manajemen dengan beberapa elemen yaitu menentukan tujuan komunikasi, menentukan target audiens, menentukan posisi dan menetapkan strategi media. Jasa Foto Produk memiliki beberapa media sosial yang sangat aktif seperti media sosial Instagram. Instagram menciptakan beberapa fitur agar para pengguna nya merasa makin dekat dengan pengguna lainnya. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Pengambilan gambar atau video yang diambil oleh Jasa Foto Produk Jakarta untuk mengiklankan di media sosial harus melalui beberapa proses terlebih dahulu agar pesan yang disampaikan mudah dipahami oleh khalayak.











Article Details

Section
Articles

References

Anisyahrini, R., & Bajari, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Clothing Line di Instagram. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(2), 237. https://doi.org/10.24198/prh.v3i2.18920

Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13–23. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp- content/uploads/2017/01/Jurnal Cetak (01-20-17-06-48-55).pdf

Firmansyah, A. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran (Cetakan Pe, Issue Juni). Qiara Media - Pasuruan. https://www.researchgate.net/publication/342644678

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670/576

Margaretha, S., Widayatmoko, & Pribadi, M. A. (2012). Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Cubes Consulting dalam Membangun Brand Association. Jurnal Aspikom, 1(5), 455–462. https://doi.org/10.35448/jte.v16i1.10284

Maulana, R. N., & Ri’aeni, I. (2020). Analisis SWOT Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Taman Air Sri Baduga , Purwakarta. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 37–54. https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA/article/view/10 16/567

Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Image Melalui Media Sosial Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran produk polycrol forte melalui akun instagram @ ahlinyaobatmaag). Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 23–38.

Percy, L., & Elliot, R. R. (2016). Strategic Advertising Management (Fifth Edit). Oxford University Press.

Putri, A. L., & Kristiyani, D. N. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran CV. AbankIrenk Yogyakarta Dalam Meningkatkan Penjualan Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 9(2), 63–72. https://doi.org/10.30659/jikm.v9i2.15753.

Yin, R. K. (2013). Studi Kasus: Desain & Metode. PT RajaGrafindo.