Pemanfaatan Media Baru Institusi Gereja ND

Main Article Content

Rielly Graciela Millennia Suawa
Sinta Paramita

Abstract




The presence of new media makes the people easily get some information from the internet. New media technology from Metaverse and YouTube attracted the attention of ND Church to use this platform during worship activities on Sundays. The purpose of this research is to find out the benefits of new media by ND Church. The research approach used by the author in researching the Utilization of New Media by ND Church is a qualitative approach. The author uses a case study research method as a stage to find out about a case that occurred at a certain time and activity and is related to the data obtained. Qualitative data analysis is carried out by sorting and analyzing data that has been grouped so that it becomes a unit that can be managed. The results of the data are formed until a pattern is created so that it is easier to find what is important and what must be learned. The results of this study show the fact that new media technology is very useful for ND Church in reaching Christians and also helping their growth through new media technology. In addition, social media especially Instagram makes it easier for Christians to find all information about activities organized by the ND Church, and people can also expand their social networks.





Hadirnya media baru mempermudah dan mempercepat manusia untuk memperoleh informasi dari internet. Teknologi media baru dari Metaverse dan juga YouTube menarik perhatian ND Church untuk menggunakan platform ini saat berjalannya kegiatan ibadah pada hari minggu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat media baru yang dilakukan oleh ND Church. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis dalam meneliti Pemanfaatan Media Baru Oleh ND Church adalah pendekatan kualitatif. Penulis menggunakan metode penelitian studi kasus sebagai tahap untuk mencari tahu terkait sebuah kasus yang terjadi pada waktu dan kegiatan tertentu, dan dihubungkan dengan data yang diperoleh. Analisis data kualitatif dilakukan dengan memilah dan menganalisis data yang telah dikelompokkan, sehingga menjadi satuan yang dapat dikelolah. Hasil dari data tersebut dibentuk sampai tercipta sebuah pola, agar lebih mudah untuk menemukan apa yang penting dan yang harus dipelajari. Hasil penelitian ini menunjukkan fakta bahwa Teknologi media baru sangat bermanfaat bagi ND Church dalam menjangkau umat Kritsten dan juga membantu pertumbuhan mereka melalui teknologi media baru. Selain itu, media sosial Instagram memudahkan umat Kristen dalam mencari segala informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang diselenggarahkan oleh ND Church, dan orang-orang juga bisa memperbanyak jaringan sosial.







Article Details

Section
Articles

References

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan - Metode dan Paradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya.

Cahyania, D. (2019). Tinjauan Pembelian Atas Prosedur Peralatan Kantor Pada Pt Deltra Wijaya Konsultan. Universitas Komputer Indonesia.

Eisend, M., & Tarrahi, F. (2022). Persuasion Knowledge in the Marketplace: A Meta- Analysis. Journal of Consumer Psychology, 32(1), 3–22.

Gustam, R. R. (2015). Karakteristik Media Sosial Dalam Membentuk Budaya Populer Korean Pop Di Kalangan Komunitas Samarinda Dan Balikpapan. Ilmu Komunikasi, 3(2), 224–242.

Ikmal, N. M., & Noor, M. (2022). Kebijakan Pemerintah Indonesia Dalam Penanganan Covid-19. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 19(2), 155–167.

Indrasuari, N. M. M. (2021). Gambaran Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Covid 19 Ditinjau Dari Karakteristik Ibu Hamil. Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif. Deepublish.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja

Rosdakarya. Nimrod, G. (2019). Selective motion: media displacement among older Internet users. Information, Communication & Society 22: 1269 – 1280. Information, Communication & Society, 22.

Palupi, M. F. T., & Irawan, R. E. (2020). Analisis Wacana Kritis Praktek Sharenting Oleh Selebgram Ashanty & Rachel Venya. Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(1), 68–80.

Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2).

Paradis, V. B. (2021). Literature Review: Pengaruh Kinesio Taping Terhadap Penurunan Nyeri Penderita Osteoarthritis Knee Pada Lansia. Universitas Muhammadiyah Malang.

Perdana, R. P., & Irwansyah, I. (2019). Perdana, Rangga Putera, and Irwansyah Implementasi Asisten Virtual Dalam Komunikasi Pelayanan Pelanggan (Studi Kasus Pada Layanan Pelanggan Telkomsel). Jurnal Komunikasi, 11(2).

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2).

Putri, C. S. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594– 603.

Rachman, F. F., & Pramana, S. (2020). Analisis Sentimen Pro dan Kontra Masyarakat Indonesia tentang Vaksin COVID-19 pada Media Sosial Twitter. Health Information Management Journal, 8(2), 100–109.

Rahmadi, R. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press.

Satori, D., & Komariah, A. (2011). Qualitative Research Methodology. Alfabeta. Setiawan, D., Lestari, S., Putra,

D. S., & Azmi, M. (2018). Pemanfaatan Media Sosial untuk Membangun Sistem E-Learning di SMKN 1 Gunung Talang. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 7–12.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Thanissaro, P. N., & Kulupana, S. (2015). Buddhist teen worldview : some normative background for health professionals. Contemporary Buddhism, 16(1), 28–42.