Perubahan Komunikasi Interpersonal dalam Interaksi Sosial Antarmahasiswa Karena Pandemi Covid-19

Isi Artikel Utama

Khairunnisa Nabila Cahyani
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstrak




Interpersonal communication for colleger is very important for college to get the information needed, share experiences, and even to establish relationships between colleger. Interpersonal communication between colleger which is usually done face-to-face changed to Online when the Covid-19 Pandemic appeared in Indonesia. The change from face-to-face to Online has a significant impact on colleger, namely reduced opportunities for face-to-face interpersonal communication. The consequences of these changes can be felt by college in terms of interpersonal communication between colleger. The purpose of this study is to describe changes in interpersonal communication in social interactions between colleger due to the Covid-19 pandemic. This study uses several concepts as a theoretical basis, namely interpersonal communication, social interaction, communication barriers, social change. This research approach is qualitative with the case study method. The author obtains the data and information needed by conducting in-depth interviews, observation, documentation and literature study. The results of the research that has been carried out by writing found changes including the limited topics that can be discussed, a feeling of awkwardness when conducting face-to-face interpersonal communication between colleger, reduced desire to carry out interpersonal communication between colleger. And the relationship between colleger becomes distance when they return to face-to-face meetings.





Komunikasi Interpersonal merupakan hal yang sangat penting, untuk mahasiswa mendapatkan informasi yang dibutuhkan, berbagi pengalaman, bahkan untuk menjalin hubungan antarmahasiswa. Komunikasi interpersonal antarmahasiswa yang biasanya dilakukan secara tatap muka berubah menjadi Online ketika Pandemi Covid-19 muncul di Indonesia. Perubahan dari tatap muka menjadi Online memberikan dampak yang berarti bagi mahasiswa yaitu berkurangnya kesempatan untuk melakukan komunikasi interpersonal secara tatap muka. Akibat dari perubahan tersebut dapat dirasakan oleh mahasiswa dalam hal komunikasi interpersonal antarmahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan mengenai perubahan komunikasi interpersonal dalam interaksi sosial antarmahasiswa akibat adanya pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa konsep sebagai landasan teoritis yaitu komunikasi interpersonal, interaksi sosial, hambatan komunikasi, perubahan sosial. Pendektan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penulis memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulisan ditemukan adanya perubahan diantaranya terbatasnya topik yang bisa dibicarakan, rasa canggung ketika melakukan komunikasi interpersonal antarmahasiswa secara tatap muka, berkurangnya keinginan untuk melakukan komunikasi interpersonal antar mahasiswa. Dan hubungan antarmahasiswa yang menjadi renggang ketika sudah kembali melakukan tatap muka.







Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anggraini, A. (2014). Kedisiplinan Belajar siswa kelas v sd negeri I parangtritis: Studi Kasus.

Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi (2nd ed.). Rajawali Pers.

Dani, J., & Mediantara, Y. (2020). Covid-19 dan Perubahan Komunikasi Sosial. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 94–102.

Effendy, O. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Gustanti, L. (2017). Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Dalam Menanamkan Nilai Ibadah Shalat Di Kelurahan Labuhan Ratu Raya Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung. In Lampung.

Harahap, E., & Ahmad, S. (2016). Komunikasi Antarpribadi (1st ed.). Rajawali Pers.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.)). Wal Ashri Publishing.

Herman. (2017). Efektifitas Komunikasi Antarpribadi Dalam Pembinaan Narapidana.

Indasari, I. (2016). Strategi Komunikasi Interpersonal Pendidik dan Peserta Didik dalam Proses Belajar di SMP Luar Biasa Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) di Makassar.

Indriyani, L., Sutarna, N., & Fitriyani, Y. (2021). Analisis Perubahan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. 6(2), 47–54.

Kristiani, R., & Setyo Utami, L. S. (2020). Hambatan Komunikasi Antarbudaya Pekerja Asing yang Bekerja di Jakarta. Koneksi, 3(2), 336.

Lotulung, G. (2022). Sekolah Tatap Muka Dimulai, Ini Daftar Aturan Lengkap 2022. Kompas.Com.

MG, N. (2017). Peranan Interaksi Dalam Komunikasi Menurut Islam. April, 1–14.

Rumono, H., Setyabudi, D., & Pradekso, T. (2014). Hubungan Intensitas Komunikasi Orangtua-Anak dan Kelompok Refrensi Dengan Minat Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi Pada Siswa Kelas XII.

Sagara, K. (2017). pola interaksi sosial komunitas waria pati (HIWAPA) dengan masyarakat mulyoharjo di kabupaten pati. http://lib.unnes.ac.id/31103/

Zafna, G. (2021). Gonta-ganti Nama Pembatasan Corona: PSBB, PPKM, PPKM Darurat, PPKM Level 3-4. News.Detik.Com.s