Memaknai Kembali Arti Cantik Melalui Iklan Wardah Versi #BeautyMovesYou

Main Article Content

Fransiska Apriliana
Nigar Pandrianto

Abstract

Advertisements always present a unique culture, one that is often communicated by advertisements is cultural ideology related to beauty. Women are always considered as beautiful persons with white skin, ideal body shape, big eyes, long or tall legs, long hair, and a flat stomach. A beautiful face is very valuable because many women are willing to do everything to get their bodies to be beautiful. This applies to the fact that women who are beautiful and have an ideal body will be valued more. One of the beauty advertisements that has been aired on YouTube is the Wardah advertisement. Wardah is a cosmetic product originating from Indonesia. This study uses a qualitative approach to reveal the meaning of beauty in Wardah advertisements using Roland Barthes' semiotic analysis research method. The subject of this research is Wardah advertisements, and the object is the meaning of beauty in Wardah advertisements. In Wardah advertisements, there are several scenes that show a tendency towards the meaning of a woman's beauty.


Iklan selalu menghadirkan budaya yang unik salah satu yang sering dikomunikasikan iklan adalah ideologi budaya yang berkaitan dengan kecantikan. Perempuan selalu dianggap sebagai pribadi yang cantik dengan kulit yang putih, bentuk tubuh ideal, mata yang besar, kaki jenjang atau tinggi , rambut yang panjang, serta perut yang rata. Paras yang cantik sangat berharga oleh karena itu banyak perempuan yang bersedia melakukan segalanya untuk mendapatkan tubuhnya menjadi cantik. Hal ini berlaku fakta bahwa perempuan cantik dan mempunyai badan yang ideal akan lebih dihargai. Salah satu iklan kecantikan yang telah ditayangkan di Youtube yaitu iklan Wardah. Wardah merupakan salah satu produk kosmetik yang berasal dari Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengungkapkan pemaknaan kecantikan pada iklan Wardah dengan menggunakan metode penelitian analisis semiotika Roland Barthes. Subjek penelitian ini adalah iklan Wardah dan objek adalah pemaknaan kecantikan pada iklan Wardah. Dalam iklan Wardah terdapat beberapa scene yang menunjukkan kecenderungan makna kecantikan seorang perempuan.

Article Details

Section
Articles

References

Fadillah, N., & Sounvada, S. N. (2020). Analisis Semiotika Iklan Wardah Cerita “Kita Tak Sendiri” Episode 4. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 2(03), 201–214.

Firdaus, C. (2018). Makna Kecantikan dalam Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes Iklan Citra Sakura Fair UV Versi Febby Rastanty) [a Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya].

Jahidin, S., & Ahmad, S. R. (2019). Konstruksi Makna Cantik Pada Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi, 6(2).

Jelita, C. (2018). Strategi Kampanye Politik Tim Pemenangan Pasangan Calon Hasanuddin-Anton Amanah (Hasanah) [Universitas Komputer Indonesia].

Linarwati, M., Fathoni, A., Minarsih, M. M., Jurusan, M., Fakultas, M., Dan, E., Universitas, B., Semarang, P., Dosen,), & Manajemen, J. (2016). Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus. Journal of Management, 2(2), 1–8.

Mirhan, & Kurnia, J. B. J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1), 86–96.

Nathaniel, A., & Sannie, A. W. (2018). Analisis Semiotika Makna Kesendirian Pada Lirik Lagu “Ruang Sendiri” Karya Tulus. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 19(2), 107–117.

Pramesti, D. E. (2018). Dekontruksi Mitos Kecantikan Kajian Semiologi Struktural Atas Iklan Sabun Dove “Real Beauty Campaign: Inner Critic.” Jurnal Semiotika, 12(1), 1–15.

Rahakbauw, N., & Salakory, D. M. (2018). Perlindungan Sosial Bagi Perempuan Disabilitas (Studi di Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Maluku). Aristo, 6(1), 145–163.

Salim, F. (2015). Gaya Hidup dan Obesitas Anak (Analisis Semiotik iklan televisi Wall’s 3 in 1 Fruity Delight). Universitas Tarumanagara.

Umar, N. (2021). Analisis Framing RobertT N Entman Pada Pemberitaan Hoax Seputar “Vaksin Covid 19” Di Media Online Liputan 6.com Dan Kompas.Com Pada 22 Juni Dan 18 Februari 2021 [UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO].