Humas dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi Melalui Media Sosial Instagram

Isi Artikel Utama

Dhita Wikansari
Yugih Setyanto

Abstrak

Image is the most important thing that must be built and maintained by a company. A good image is also a powerful weapon to attract consumers so that they can influence consumer perceptions of the company itself. On the other hand, an institution is also required to build a good image of its college, building an image of an institution is the main task carried out by Public Relations. The current era of globalization has made technology and information more advanced and it cannot be denied that humans, the internet and social media are things that coexist because people have the convenience of getting everything they need with the internet through social media. Understanding the opportunities that exist, Tarumanagara University (Untar) utilizes the social media they have, namely Instagram, Twitter, Facebook, TikTok and Youtube to manage in order to build a good image for the institution they have. The existence of Public Relations is the spearhead to maintain reputation, image, and public trust which will have a positive effect on the institution. Therefore, this study aims to find out how a PR from a private university can build a good image through the social media they manage. This research approach uses qualitative research with data collection methods through observation, interviews, documentation and literature study. Research shows that Untar has taken advantage of technological developments to build a positive image through their social media. The results of this study can be a reference for academic colleagues and practitioners who wish to research or work in the field of social media.


Citra merupakan hal terpenting yang harus dibangun dan dipelihara oleh sebuah perusahaan. Citra yang baik juga merupakan senjata yang kuat untuk menarik konsumen agar dapat mempengaruhi presepsi konsumen terhadap perusahaan itu sendiri. Disisi lain, sebuah institusi juga dituntut untuk membangun citra yang baik pada perguruannya, membangun citra pada sebuah institusi merupakan tugas utama yang dikerjakan oleh Humas. Era globalisasi seperti saat ini membuat teknologi dan informasi semakin maju dan tidak bisa dipungkiri bahwa manusia, internet dan media sosial merupakan suatu hal yang hidup berdampingan karena masyarakat mendapat kemudahan untuk memperoleh segala sesuatu yang mereka butuhkan dengan internet melalui media sosial. Paham akan kesempatan yang ada, Universitas Tarumanagara (Untar) memanfaatkan media sosial yang mereka miliki yaitu Instagram, Twitter, Facebook, TikTok serta Youtube untuk dikelola agar dapat membangun citra baik pada institusi yang mereka miliki. Adanya Humas menjadi ujung tombak untuk menjaga reputasi, image, dan kepercayaan publik yang akan memberikan efek positif bagi institusi tersebut. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebuah Humas dari Universitas Swasta dapat membangun citra yang baik melalui media sosial yang mereka kelola. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian menunjukkan bahwa Untar telah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk membangun citra positif melalui media sosial yang mereka miliki. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi rekan-rekan akademik maupun praktisi yang ingin meneliti atau berprofesi pada bidang media sosial.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adi, A. syamsul. (2017). PENELITIAN Pendekatan dan Jenis Penelitian, Metodelogi. 57–58. http://diglib.uin-suka.ac.id/12295/2/BAB/20V/pustaka.pdf,Op.cit.hal.21

Andrew, D. (2017). jiptummpp-gdl-dodiandrew-48980-3-babii. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Politik, 8–10. https://eprints.umm.ac.id/44193/1/jiptummpp-gdl-danisandre-46922-1-pendahul-n.pdf

Batoebara, M. U., & Zebua, D. (2021). Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Positif Hotel Santika Premiere Dyandra Medan. Network Media, 4(2), 20–39. https://doi.org/10.46576/jnm.v4i2.1403

Handayani, F. (2015). Peranan Humas dalam Meningkatkan Citra Rumah Sakit Kusta Dr Tadjuddin Chalid Makassar.

Huotari, L., Ulkuniemi, P., Saraniemi, S., & Malaska, M. (2015). Analysis of Content Creation in Social Media. 372.

Moleong, L. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Promosi. Jurnal Komunikasi, 12, 214. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35448/jte.v12i2.4456

Setiadi, A. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Ilmu Komunikasi. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2

Setyanto, Y., Anggarina, P. T., & Valentina, A. (2017). Branding yang Dilakukan Humas pada Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 171. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.347

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.