Strategi Personal Branding Kreator Konten TikTok dalam Mengembangkan Citra Diri Positif

Main Article Content

Cynthia Dora Moudy
Septia Winduwati

Abstract

In this technological era, we are no strangers to social media. One of the most popular social media lately is Tiktok. With the rise of Tiktok, many new Content Creator have appeared and made the competition between creators even fiercer. Therefore, every creator must have good personal branding that can have a good impact on Tiktok followers and users who watch their content. Strong personal branding is very important for a Content Creator because it can affect the application of personal branding strategies in any content or live streaming that creators do on social media. The author uses the theory of mass and persuasive communication, personal branding, social media and Content Creator as well as a qualitative approach using the case study method. The data and information obtained from this research are through in-depth interviews, documentation, and literature studies. The results of research on the personal branding strategy carried out by TikTok Content Creator in carrying out active interactions, as well as implementing personal branding elements that must be owned by a Content Creator are quite effective for viewers and followers in building relationships, increasing trust and developing a positive self-image.


Di era teknologi ini, kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya media sosial. Salah satu media sosial yang paling banyak diminati akhir – akhir in ialah Tiktok. Dengan melejitnya Tiktok, banyak kreator konten baru bermuculan dan membuat persaingan antar kreator semakin sengit. Oleh karena itu, setiap kreator harus memiliki personal branding yang baik yang dapat berdampak baik pada pengikut serta pengguna Tiktok yang menonton konten - konten mereka. Personal branding yang kuat sangat penting bagi seorang kreator konten, karena hal tersebut dapat mempengaruhi pengaplikasian strategi personal branding dalam setiap konten atau live streaming yang dilakukan kreator pada media sosial. Penulis menggunakan teori komunikasi massa dan persuasif, personal branding, media sosial dan Kreator Konten serta pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dan informasi yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil peneliatian strategi personal branding yang dilakukan oleh Kreator Konten Tiktok dalam melakukan interaksi yang aktif, serta mengimplementasikan elemen personal branding yang harus dimiliki oleh seorang kreator konten cukup efektif terhadap penonton dan pengikutnya dalam membangun hubungan, meningkatkan kepercayaan serta mengembangkan citra diri yang positif.

Article Details

Section
Articles

References

Anneshavira Aditya, S., & Nurfebiaraning, S. (2020). Personal Branding Reza Darmawangsa Melalui Youtube sebagai Penyanyi Cover Korea Pop.

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok (Vol. 1). http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun Tiktok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Mudjia Rahardjo, M. S. (2017). Studi kasus penelitian kualitatif. Occupational Medicine, 53(4).

Mustaqimmah, N., & Firdaus, W. (2021). Personal Branding pada Akun Instagram Digital Influencer @boycandra. Komunikasiana: Journal of Communication Studies. https://doi.org/10.24014/kjcs.v0i0.13990

Pradistya, R. M. (2021). Teknik Triangulasi dalam Pengolahan Data Kualitatif. Dqlab.

Rizky, F. U., & Syam, N. (2021). Komunikasi Persuasif Konten Youtube Kementerian Agama dalam Mengubah Sikap Moderasi Beragama. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1). https://doi.org/10.15642/jik.2021.11.1.16-33

Septiyani, N., & Yusuf, N. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Indonesia Singapura. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6094

Tambunan, N. (2018). Pengaruh Komunikasi Massa Terhadap Audiens. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1). https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1475

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754