Komunikasi Internal Generasi X dan Z di PT. Arita Prima Indonesia Tbk

Isi Artikel Utama

Asy Syifa Arya Chika Maida
Yugih Setyanto

Abstrak

Communication is something that definitely happens and cannot be avoided in everyday life. In an organization or institution, communication between human resources is one of the important instruments in an organization or institution to achieve its goals. In a company there must be many differences that mix in one institution and work together to achieve company goals. Differences that exist within the company can be in the form of gender, race, ethnicity, religion and age. Communication between generation X which is the adult generation in the world of work and generation Z which has just entered the world of work, two generations that have quite a large age difference, provide a very significant difference in the pattern of the two generations which can have an impact on the internal communication process within the company. . PT. Arita Prima Indonesia Tbk has an extensive network that causes PT. Arita Prima Indonesia Tbk has many human resources from various generations. Therefore, this study examines internal communication across generations, between Generation X and Generation Z at PT. Arita Prima Indonesia Tbk.


 


Komunikasi merupakan hal yang pasti terjadi dan tak bisa dihindari dalam kehidupan sehari hari. Dalam sebuah organisasi atau institusi, komunikasi antar sumber daya manusia merupakan salah satu instrumen penting dalam sebuah organisasi atau institusi untuk mencapai tujuannya. Dalam sebuah perusahaan pasti memiliki banyak perbedaan yang bercampur dalam satu institusi dan bekerjasama untuk mencapai tujuan perusahaan. Perbedaan yang ada dalam perusahaan bisa berupa gender, ras, suku, agama dan usia. Komunikasi antar generasi X yang merupakan generasi dewasa dalam dunia kerja dan generasi Z yang baru saja memasuki dunia kerja, dua generasi yang memiliki pautan usia yang cukup jauh memberikan perbedaan yang sangat signifikan terhadap pola dua generasi tersebut yang dapat memberikan dampak terhadap proses komunikasi internal dalam perusahaan. PT. Arita Prima Indonesia Tbk memiliki jejaring yang luas hal itu menyebabkan PT. Arita Prima Indonesia Tbk memiliki banyak sumber daya manusia dari berbagai generasi. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji tentang komunikasi internal komunikasi lintas generasi, antar Generasi X dan Generasi Z di PT. Arita Prima Indonesia Tbk.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agustini, N. A., & Purnaningsih, N. (2018). Pengaruh Komunikasi Internal dalam Membangun Budaya Organisasi. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1), 89–108. https://doi.org/10.46937/16201825198

Don Tapscott. (2013). Grown Up Digital: Yang Muda Yang Mengubah Dunia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Harivarman, D. (2017). Hambatan Komunikasi Internal di Organisasi Pemerintahan (Studi Kasus di Direktorat Pelaksanaan Anggaran Kementrian Keuangan).

Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.65

Ningrum, M. E. (2013). Peranan Komunikasi Internal Di Lingkungan Kerja. Indept, 3(1), 25–30.

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 16(1), 92–104. https://doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31319

PT. Arita Prima Indonesia, T. (2022). Tentang Arita. https://appsource.microsoft.com/en-US/product/office/wa104382081

Rafendy, T. (2019). Aktivitas Komunikasi Internal PT Selecta Dalam Membina Hubungan Harmonis Dengan Publik Internal (Studi Pada Pt Selecta Wisata, Kota Batu, Jawa Timur). University Muhammadiyah Malang., 8–33.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.