Penerapan Strategi Public Relations dalam Mempertahankan Citra Baik Perusahaan (Studi terhadap Helios Capital Asia)

Isi Artikel Utama

Angeline Angeline
Yugih Setyanto

Abstrak

A company needs the role of Public Relations (PR) or what is usually known as Public Relations (PR), which of course has a quite important and influential role. Public Relations of Helios Capital Asia has a very important role to help maintain the good image of the company. In this research, the authors started to observe the Public Relations strategy implemented by Helios Capital Asia, after which the authors conducted interviews to validate and confirm the truth of the author's observations. The strategy adopted by the company is successful in maintaining its good image by using social media as a place of publication, by having regular CSR events held by the company every year, and by maintaining good relations with the public and clients. Lastly, the suggestion that the author wants to convey is that the use of social media is more extensive and advanced, and the company's Public Relations strategy can be prepared even more optimally for the future.


Sebuah perusahaan membutuhkan peranan Hubungan Masyarakat (Humas) atau yang biasanya dikenal dengan Public Relations (PR), yang tentunya memiliki peran cukup penting dan berpengaruh. Public Relations Helios Capital Asia memiliki peran yang sangat penting untuk membantu mempertahankan citra baik yang dimiliki oleh perusahaannya. Dalam peneitian ini, penulis memulai untuk mengobservasi strategi Public Relations yang dilaksanakan oleh Helios Capital Asia, setelah itu penulis melakukan wawancara untuk memvalidasi dan mengkonfirmasi kebenaran dari hasil observasi penulis. Strategi yang dilakukan perusahaan berhasil dalam mempertahankan citra baiknya dengan menggunakan media sosial sebagai tempat publikasi, adanya acara rutin CSR yang dilaksanakan perusahaan setiap tahunnya, dan dengan cara perusahaan dalam menjaga hubungan baik dengan publik ataupun klien. Terakhir untuk saran yang ingin penulis sampaikan yaitu, lebih dikembangkan lagi penggunaan sosial media yang semakin luas dan maju, dan strategi Public Relations perusahaan dapat dipersiapkan lebih maksimal lagi untuk kedepannya.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi VI). Rineka Cipta.

Lattimore, Dan., Baskin, Otis., Heiman, T. Suzzette., & Toth, L. Elizabeth. (2010). Public Relations Profesi dan Praktik (3rd ed.). Salemba Humanika.

Nova, Firsan. (2011). Crisis Public Relations: Strategi PR Menghadapi Krisis, Mengelola Isu, Membangun Citra, Dan Reputasi Perusahaan (Cet. 1). Rajawali Pers.

Oliver, S. (2007). Strategi Public Relations (Y. Sumiharti & Y. Indriati, Eds.). Erlangga.

Ratna, N. K. (2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Pustaka Pelajar.

Ruslan, Rosady. (2006). Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi. Raja Grafindo Persada. http://libcat.uin-malang.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16850

Salusu, J. (2015). Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik Dan Organisasi Nonprofit. Grasindo.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

________. (2010). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

________. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Cet. 26). Alfabeta.

________. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Cet. 1). Alfabeta.