PEMBUATAN STRATEGY GAME “FRONTIER OF HELL” MENGGUNAKAN GODOT GAME ENGINE

Main Article Content

Michael William Jonathan
Jeanny Pragantha
Darius Andana Haris

Abstract

Game merupakan salah satu sarana hiburan yang dapat digunakan untuk mengisi waktu luang. Saat ini, game sudah banyak berkembang sehingga memiliki desain yang lebih menarik, gameplay yang lebih bervariasi, kualitas suara yang lebih baik, serta tersedia di banyak platform. Selain tersedia di banyak platform, game juga dibagi menjadi beberapa jenis yaitu 2D, 3D, Augmented Reality, dan Virtual Reality. Game berjenis 3D merupakan game yang sangat banyak diminati di kalangan gamers karena kualitas grafis yang baik serta gameplay yang lebih bervariasi. Namun, game berjenis 2D juga tidak kalah menarik jika menggunakan asset yang berkualitas dan gameplay yang unik sehingga muncul sebuah ide untuk membuat tower defense strategy game berjudul “Frontier of Hell”. Frontier of Hell merupakan sebuah game tower defense dua dimensi yang dirancang khusus untuk perangkat komputer dan mobile. Permainan ini dibuat menggunakan Godot Game Engine yang merupakan platform game engine yang gratis dan bersifat open source. Godot dapat digunakan untuk membuat game berbasis 2D maupun 3D yang dapat berjalan di berbagai platform seperti Windows, MacOS, Linux, Android, iOS, website, dan lain-lain. Dalam permainan “Frontier of Hell”, pemain diharuskan untuk melindungi base dari serangan musuh di setiap stage. Untuk melindungi base dari serangan musuh, pemain dapat membangun dan meningkatkan tower yang akan menyerang musuh yang berjalan menuju base.

Article Details

Section
Artikel

References

Ferdi, & Arnomo, S. (2022). PERANCANGAN GAME PLATFORMER PEMBURU KOIN MENGGUNAKAN GODOT ENGINE. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 6(4), 109-117.

Manzur, A., Marques, G., Ketson, P., Herzog, T., Leblond, E., Pandaqi, P. T., . . . Schwab, J. (2018). Sams Teach yourself godot engine game development in 24 Hours.

Salmela, T. (2022). Game development using the open-source Godot Game Engine.

Schell, J. (2020). The Art of Game Design: A book of lenses.

Ubaido, H. A., Mulyati, S., Pradana, R., & Syafrullah, M. (2023). PENGEMBANGAN GAME FIRST PERSON SHOOTER TENTANG PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA MENGGUNAKAN UNITY 3D BERBASIS DESKTOP. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 97-106.

Yusuf, A., Juniardi, N. F., & Fressy, N. (2021). Pembuatan Game 2D Susun Terjemah Kosa Kata Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Library A* Karya Aron Granberg. Jurnal Informatika Polinema, 7(4), 13-18.