PEMBUATAN GAME HACK-AND-SLASH “BERSEKER’S BLADE” PADA PLATFORM WEB

Main Article Content

William William
Jeanny Pragantha
Darius Andana Haris

Abstract

Game merupakan sarana hiburan yang sangat dikenal dan disukai banyak orang, dikarenakan ada banyak sekali tipe game maupun genre yang ada sampai saat ini, video game juga memiliki berbagai aspek rumit mulai dari segi teknologi, desain, seni, dan lainnya. Tidak hanya sebagai sarana hiburan, game sendiri dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran, lahan bisnis, hingga dapat menjadi cabang olahraga E-sports. Manfaat dari game genre hack and slash sendiri adalah permainan yang melibatkan banyak pertempuran. Senjata yang sering digunakan untuk bertempur adalah melee weapon seperti kapak, pedang, dan palu yang memiliki jangkauan pendek. Hack and slash sendiri tercipta dari cara pemain mengayunkan senjata melee mereka kepada musuh dan kemudian diikuti dengan ayunan kedua, ketiga, dan seterusnya yang mengakibatkan kerusakan pada musuh. Mengontrol karakter dalam game sendiri merupakan bagian dari keseruan hack and slash karena pemain harus berjuang melawan gelombang musuh yang banyak. Game dengan tipe ini juga membutuhkan refleks yang cepat serta pemain harus memikirkan strategi untuk menghadapi banyak musuh, selain itu genre Hack and Slash juga memiliki konsep yang mudah untuk diikuti dan dimengerti untuk pemula. Game yang dirancang adalah game dengan genre Hack and Slash yang berjudul “Berseker’s Blade” yang dapat dimainkan pemain melalui website, dalam permainan ini nantinya para pemain harus melewati berbagai level serta rintangan musuh dalam jumlah banyak di setiap levelnya. Pemain akan dapat berganti senjata ditengah-tengah permainan dengan cara masuk ke stage tertentu untuk menggantinya. Tujuan dari permainan ini sendiri adalah melewati berbagai rintangan yang ada dan mengalahkan bos di level terakhir.

Article Details

Section
Artikel

References

Leonardo. (2020). PEMBUATAN GAME HACK AND SLASH 2D “SERENADE TOWER". Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, 5.

Muiz, A. (2023, Agustus 4). adammuiz. Diambil kembali dari Pengertian Hack and Slash : Genre Game, Kelebihan dan Contoh Populer: https://adammuiz.com/hack-and-slash/

Naharu, A. F., Jonemaro, E. M., & Akbar, M. A. (2021). Penerapan Hierarchical Finite State Machine untuk Pengambilan Keputusan Non-Player Character (Studi Kasus: Gim Hack and Slash). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, V(3), 1.

Pratama, D. (2017). PERANCANGAN MASSIVELY MULTIPLAYER ONLINE KNIGHTS FANTASY ONLINE. Journal of Computer Science and Information Systems, I(1), 38.

Priyantoro, E. (2016). Persepsi Dasar Terhadap video game Sebagai Aplikasi pragmatis Dan Media Reflektif. Jurnal Rekarupa.

Santi, E. (2022, Desember 6). idwebhost. Diambil kembali dari Kelebihan Visual Studio Code dan Cara Menggunakannya: https://idwebhost.com/blog/kelebihan-visual-studio-code-untuk-coding-fitur-dan-cara-menggunakannya/

Schell, J. (2020). The Art of Game Design: A Book of Lenses. Boca Raton: CRC Press Taylor & Francis Group.