IDENTIFIKASI KAMPUNG ARAB PASAR KLIWON SURAKARTA

Main Article Content

Naniek Widayati Priyomarsono
Rudy Surya
Eduard Tjahjadi
Marco Willian

Abstract

Kota Surakarta tidak terlepas dari adanya kerajaan besar yang bernama Kasunanan Surakarta dan sebuah Kadipaten yang tidak kalah hebatnya bernama Kadipaten Mangkunegaran. Dengan adanya dua kekuatan besar tersebut tentu saja banyak dikunjungi orang-orang dan utusan-utusan dari daerah lain maupun Manca Negara. Para pendatang tersebut ada yang sekedar datang dan pergi ada pula yang tinggal untuk menetap di kota kerajaan yang kesohor pada waktu itu. Mereka yang menetap selain berdagang biasanya juga melakukan siar agama Islam, terutama yang datang dari Hadramaut (Yaman), dan China Selatan. Waktu terus berjalan kekuatan kerajaan semakin besar dan semakin banyak para pengunjung yang datang merasa nyaman tinggal di kota kerajaan tersebut. Para pendatang tersebut lama kelamaan membentuk kelompok-kelompok sesuai dengan asalnya dan berada di sekitar kota raja tersebut. Mereka mulai membantu karaton dengan keahliannya masing-masing, sehingga raja memberinya tempat tinggal resmi yang bernama kampung karena raja merasa diuntungkan dengan kehadiran mereka. Untuk memudahkan mengontrol kehidupan sosial mereka, raja memerintahkan patihnya untuk memberikan nama kampung pada kelompok tersebut berdasarkan etnisnya, antara lain; kampung Pasar Kliwon yang dihuni oleh etnis Arab dan keturunannya. Kampung Pasar Kliwon masih sedikit yang meneliti bahkan belum ada yang meneliti secara arsitektural dan konservasi. Metode yang digunakan adalah analitik diskriptif dengan cara melakukan pengamatan lapangan, wawancara dengan beberapa orang yang tinggal di Pasar Kliwon dan mengikuti perkembangan kampungnya, serta para pakar yang faham akan kampung Pasar kliwon. Data yang didapat disusun kemudian disandingkan dengan beberapa literatur yang setara dan akan menghasilkan tentang identifikasi kampung Arab Pasar Kliwon di Surakarta.

Article Details

Section
Artikel

References

Anike, L, O,, & Chinelo, I, M, (2017). Digitization in Research for Cultural, Commercial and Scientific Development, American Based Research Journal, 6, 01–05,

Bazher, NM (2018). Rumah Etnis Arab di Kampung Arab Pasar Kliwon sebagai Produk Akulturasi. Arsitektura, 16(1), 25-38.

Bazher, Najmi Muhamad. (2020). Dinamika Terbentuknya Wilayah Kampung Arab di Surakarta, Arstektura, Jurnal Ilmiah Arsitektur dan Lingkungan Binaan, 18(2).

Denzin, Norman K., dan Yvonna S. Lincoln. (2009). Handbook of Qualitative Research (terjemahan; Dariyatno, Badrus Samsul Fata, Abi, John Rinaldi. Disunting Saifuddin Zuhri Qudsy). Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fishman, Robert. (2005). Beyond Suburbia, The Rise of The Technoburd, Dalam: Le Gates Richard dan Stout Frederic. The City Reader Second Edition. London: 1999, Hal. 78 dan Patton. Carl V. Spontaneous Shelter: International Perspectives and Prospects, 1988. Dalam: Gauzal, Muhammad, Proses Permukiman Liar. Thesis, Jakarta: Universitas Indonesia, Hal. 53.

Hadjimitsis D, Agapiou A, Alexakis D, Sarris A. (2013). Exploring natural and anthropogenic risk for cultural heritage in Cyprus using remote sensing and GIS, Int J Digit Earth

Hall, Edward T. (1969). The Hidden Dimension: An Anthropologist Examines Man’s Use of Space in Public and in Private. New York: Anchor Books

Hutter. M, I. Rizzo. (1997). Economic perspective on cultural heritage, Macmillan Press, Ltd.

Indraswara, M., Hardiman, G., Rukayah, S., & Firmandhani, S. (2022). Karakteristik Kampung Arab di pesisir dan pedalaman (Kasus: Kampung Arab Pekojan, Pasar Kliwon Surakarta dan Sugihwaras Pekalongan). Jurnal Planologi, 19(1), 1-18.

Kholis, Nur. (2021). Kisah dari Pasar Kliwon, Mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta, Aktif di komunitas Serambi kota Surakarta.

Pillai, Janet. (2020). Cultural Mapping: A Guide to Understanding Place, Community and Continuity, second edition, Strategic Information and Research Development Centre, Petaling Jaya, Selangor, Malaysia.

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya Lembaran Negara RI Tahun 2010, No, 130, Jakarta: Sekretariat Negara,.

Rusdiyana, Novita. (2018). Sejarah Kampung Arab di Kota Solo. Dalam www.surakarta.go.id. Diakses pada Jumat, 1 Oktober 2021.

Setyaningrum, D., Sudarwanto, B., Setyowati, E., (2022). Analisis Sintaks Ruang Pada Perkembangan Ruang Perdaganagn Arab Pasar Kliwon Kota Surakarta, Jurnal Arsitektur Sinetika, 19(2).

Strauss, Anselm and Corbin, Juliet. (1990). Basics of Qualitative Research: Grounded Theory Procedures and Techniques. New York: Sage Publications.