PERANCANGAN KINCIR AIR PORTABEL HYBRID PADA KOLAM IKAN UNTUK SUPLAI OKSIGEN

Main Article Content

Benaya Halomoan Wijaksono
Sugiharto J
M. Ally Pratikno
Sobron Lubis

Abstract

Kincir air merupakan salah satu komponen penting dalam dunia budi daya ikan hias. Salah satu komponen penting dalam keberlangsungan hidup ikan hias adalah sumber oksigen dalam bentuk (Dissolved Oxygen) yang cukup dalam air. Suplai oksigen yang cukup di dalam air kolam tentunya bertujuan agar ikan-ikan yang berada di kolam tersebut mendapatkan pasokan oksigen yang cukup untuk kebutuhan metabolismenya. Kincir air yang digunakan menerima sumber energi dari listrik. Namun jika suatu ketika terjadi aliran listrik tidak tersambung, maka kincir air tersebut tidak dapat berfungsi, dan ini akan mengganggu supli oksigen di dalam air, oleh karena itu maka penelitian ini dilakukan untuk merancang kincir air portable hybrid kincir yang dapat beroperasi dari sumber energi listrik dan batere. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan perhitungan pada elemen-elemen utama kincir. Kemudian membuat gambar design kincir dengan menggunakan autodesk fusion 360. dari hasil perancangan diperoleh Daya Listrik Kincir = 12 Watt,konsumsi atau penggunaan energi listrik kincir per jam : 0,018 kWh, jumlah putaran kincir dalam satu kali rotasi tiap satuan detik menghasilkan 3600 r/min, kapasitas baterai Kincir sebesar 5000 MaH dapat beroperasi dalam keadaan listrik terputus dalam jangka waktu 5 jam.

Article Details

Section
Artikel

References

Agus, T.R., Setiawan, A., Aminudin, A., & Malik, N.A. (2021). Simulasi Pengaruh Bentuk dan Jumlah Sudu Kincir Air Undershot Terhadap Kecepatan Sudut Melalui Metode Computation Fluid Dynamics (CFD). Jurnal Program Studi Fisika Universitas Pendidikan Indonesia, Volume 1(1).

Bahri, S., Setiawan, R.P.A., Hermawan, W., & Junior, M.Z. (2018). Design and Mechanism Analysis of Paddlewheel Aerator with Movable Blades. Jurnal Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe Volume 5(2)

Irawan, A.P. (2009). Diktat Elemen Mesin. Jurnal Teknik Mesin Universitas Tarumanegara.

Kordi, H. M. G., Gufran, M. H., & Tanjung, A. B. (2007). Pengelolaan Kualitas Air Dalam Budidaya Perairan. Rineka Cipta.

Kristanto, A. (2010). Diktat Pemilihan Material Teknik. Jurnal Teknik Mesin Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Volume 1(1)

Meli, D.B. (1990). The Relativization of Centrifugal Force. Isis Vol. 81(1)

Nugraha, N. P. A., Agus, M., & Mardiana, T. Y. (2017). Rekayasa kincir air pada tambak LDPE udang vannamei (Litopenaeus vannamei) di tambak Unikal Slamaran. Pena Akuatika: Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 16(1)

Nurhadi, D., Purwanto, H. & Dzulfikar, M.. (2020). Pengaruh Suhu Injection Moulding Terhadap Minimalisi Sink Marks Pada Material limbah Plastik Butadiene Styrene (ABS). Jurnal Teknik Mesin Universitas Wahid Hasyim, Volume 16(1).

Novita, S., Ginting, E. & Astuti, W.. (2018). Analisis Laju Korosi dan Kekerasan pada Stainless Steel 304 dan Baja Nikel Laterit dengan Variasi Kadar dalam Medium Korosif. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika Universitas Bandar Lampung, Volume 6(1)

Setiawan, H., Pratama, A., Rina, & Ainul, MYD. (2022). Kaji Eksperimen 3D Model Roda Gigi Heliks Berbasis Script Menggunakan Software Autodesk Fusion 360°. Jurnal Teknik Manufaktur Politeknik Manufaktur Bandung, Volume 14(1).

Sihaloho, B., (2017). Kerja Kincir Air Breastshot dengan Sudu 120°. Jurnal Teknik Mesin Universitas Sanata Dharma.

Sudiarso, A. (2018). Perancangan dan Manufaktur Pompa Sentrifugal. UGM Press, Indonesia

Sumarji. (2011). Studi Perbandingan Ketahanan Korosi Stainless Steel Tipe SS 304 dan SS 201 Menggunakan Metode U-Bend Test Secara Siklik Dengan Variasi Suhu dan PH. Jurnal ROTOR, Volume 4(1)

Sunaryo, A. (2016). Penggunaan Aerasi Air Mancur Ganda di Kolam untuk meningkatkan Pertumbuhan Ikan Nia Gift. Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan Sekolah Tinggi Perikanan, Volume 10(1).

Suratmaja, S., Putra, M.C.H., Soares, J.B., Setyawan, E.Y. (2020). Optimalisasi Kinerja Kincir Air Dengan Menggunakan Material Aluminium Tipe Undershot. Jurnal JMMME, Volume 1(2)

Zainuri, A. (2011). Diktat Elemen Mesin III (301). Jurnal Teknik Mesin Universitas Mataram.