PERANCANGAN DAN PENGUKURAN KINERJA BERBASIS METODE PERFORMANCE PRISM PADA PERUSAHAAN KAROSERI TRUK

Main Article Content

Lithrone Laricha S
Wilson Kosasih

Abstract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan beberapa kendala pada salah satu perusahaan karoseri truk. Kendala tersebut antara lain kualitas pesanan yang buruk, tidak ada pelatihan karyawan dan banyaknya keluhan pelanggan. Secara menyeluruh maka dapat disimpulkan permasalahan yang terjadi terdapat pada stakeholder. Stakeholder yang dimaksud berupa pemegang kepentingan dimana hal ini dapat mempengaruhi perusahaan seperti investor, pemerintah, masyarakat, karyawan, pemasok dan pelanggan.  Metode pengukuran kinerja yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan metode Performance Prism. Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan pengukuran kinerja dengan 5 perspektif yaitu kepuasan, kontribusi, proses, strategi dan kapabilitas. Perancangan dan Pengukuran kinerja pada penelitian ini dilakukan secara bertahap yaitu proses hirarki analitik untuk menentukan skala nilai prioritas setiap KPI dan sistem skoring menggunakan metode Objectives Matrix untuk menentukan level setiap KPI perusahaan. Hasil pengukuran kinerja menghasilkan total 40 KPI. Berdasarkan skor OMAX, terdapat 17 KPI yang memiliki performa seperti yang diharapkan (hijau, pada level 8-10), 19 KPI yang memiliki performacukup baik (amber, pada level 5-7), dan 4 KPI yang bekerja sangat buruk. Performa (merah pada level 0-4). 

Article Details

Section
Artikel

References

Waskito, A. S. (2014). Penerapan Perfomance Prism Sebagai Alat Ukur Meningkatkan kinerja. Jurnal Industri UIN Vol. 82, 1-4.

Gunawan, A.S. (2010). Pengukuran Kinerja dengan Metode Perfomance Prism dan Scoring Objective Matrix (OMAX). POROS Vol. 20, 1-4.

Widayat, Arif. (2015). Pengukuran Kinerja dengan Metode Perfomance Prism dan Analitycal. Jurnal Industri UIN.Vol. 80, 1-4.

Widyawanti, Sri. (2013). Pengukuran Kinerja pada Perusahaan Furniture menggunakan metode Performance Prism dan Analitycal Hirarchy Process. Jemis Vol 1, 1-4.

Neely, A., Adams, C., & Kennerley, M. (2001). The Performance Prism, The Scorecard for Measuring and Managing Business Success. Cranfield School of Management, United Kingdom.

Soemohadiwidjojo, A. T. (2015). Panduan Praktis Menyusun KPI. RAS, Jakarta.

Saaty, T. L. (1998). Multicriteria Decision Making, The Analytic Hierarchy Process. University of Pitssburgh, USA.

Yanto, Y. (2017). Objective Matrix. Jurnal Bina Nusantara Vol 25, 1-5.