PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN GENRE GAME YANG DIMINATI MAHASISWA UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Main Article Content

Kevin Alexander Walewangko
Jeanny Pragantha
Tri Sutrisno

Abstract

Perkembangan teknologi memberi dampak pada game. Game yang tadinya dimainkan di atas meja atau membutuhkan alat khusus sekarang dapat dimainkan dengan hanya perangkat komputer. Sekarang ini, game mempunyai beragam-ragam tipe game yang dapat dimainkan mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dengan banyaknya pemain game, membuka peluang untuk membuat tipe-tipe game yang banyak diminati sehingga diperlukan analisis untuk mengetahui genre game yang banyak diminati. Untuk itu akan dirancang aplikasi berbasis web untuk menganalisis genre game yang banyak diminati. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode data mining association rules. Teknik association rules yang diterapkan adalah algoritma Apriori untuk mencari hubungan antara genre game yang diminati dengan data yang diperoleh dengan menggunakan survey kuesioner yang diisi oleh mahasiswa Universitas Tarumanagara. Hasilnya adalah genre game yang banyak diminati dan rekomendasi genre game ke pemain game.

Article Details

Section
Artikel

References

Apriori Algorithm In Data Mining: Implementation With Examples. Retrieved December 8, 2022. https://www.softwaretestinghelp.com/apriori-algorithm/.

Azis, M. A., Hadianto, N., Miharja, J., & Rifai, S. (2018). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisa Pemilihan Tipe Genre Film Anime (Studi Kasus: Myanimelist. Net). Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(2), 209-216.

Caesar, R. (2015). Kajian Pustaka Perkembangan Genre Games Dari Masa Ke Masa. Journal of Animation and Games Studies, 1(2), 113-1134.

Chonyy. (2020). Apriori — Association Rule Mining In-depth Explanation and Python Implementation. Retrieved December 8, 2022. https://towardsdatascience.com/apriori- association-rule-mining-explanation-and-python-implementation-290b42afdfc6.

Collins D. (2022). Game definition and meaning, Retrieved December 8, 2022 from https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/game.

Coursera. What Is Python Used For? A Beginner’s Guide. Retrieved December 8, 2022. https://www.coursera.org/articles/what-is-python-used-for-a-beginners-guide-to-using-python.

Delya, D., Mulyawan, B., & Lauro, M. D. (2022). E-Commerce Blessed Party Dengan Sistem Rekomendasi Apriori Dan Collaborative Filtering. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, 9(2).

D. Dodge, The Definitive Guide to Video Game Genres and Game Types. Retrieved December 7, 2022. https://codakid.com/video-game-genres/.

Herlawati, Handayanto, R.T. (2020). Data mining dan machine learning menggunakan matlab dan python. Informatika Bandung.

Santoso, M. H. (2021). Application of Association Rule Method Using Apriori Algorithm to Find Sales Patterns Case Study of Indomaret Tanjung Anom. Brilliance: Research of Artificial Intelligence, 1(2), 54-66.

Sianipar, Y. P., Mawardi, V. C., & Sutrisno, T. (2022). Penggunaan Apriori Pada Rekomendasi Paket Menu Dan Dilengkapi Fitur Chatbot. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, 10(1).

Yulianti, Y., Utami, D. Y., & Hikmah, N. (2019). Implementasi Data Mining Menentukan Game Android Paling Diminati Dengan Algoritma Apriori. Paradig.-J. Komput. dan Inform, 21(1), 29-34.