ANALISIS ERGONOMI BEBAN KERJA FISIK PADA PEKERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARDIOVASCULAR LOAD, REBA, DAN NORDIC BODY MAP

Main Article Content

Berta Lawrensa
Lamto Widodo
Carla Olyvia Doaly

Abstract

Peran sumber daya manusia menjadi salah satu sumber yang paling berpengaruh dan dominan sebagai tenaga kerja terutama dalam kegiatan produksi secara manual, namun terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan produktivitas pekerja, salah satunya adalah beban kerja yang diterima oleh pekerja. Postur kerja sangat erat kaitannya dengan beban kerja fisik, dimana jika posisi kerja yang dilakukan sudah ergonomis maka akan mengurangi beban kerja dan secara signifikan mampu mengurangi kelelahan yang berkaitan dengan postur kerja. Salah satu permasalahan menurunnya produktivitas pekerja akibat beban kerja dan postur tubuh terjadi pada UD Harapan Jaya Indah yang terjadi pada produksi Tahu goreng, dimana terdapat 3 stasiun kerja, yaitu pencetakan, pemotongan, dan penggorengan. Adanya permasalahan utama yang terjadi di area produksi adalah beban kerja yang diterima oleh pekerja mengakibatkan penurunan fokus pekerja yang membuat tidak stabilnya produksi yang dihasilkan dari segi jumlah setelah melakukan pekerjaan berjam-jam. Untuk menganalisis dalam melakukan perbaikan postur tubuh, selain menngunakan metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) untuk postur tubuh dan  metode Cardiovascular Load untuk menghitung denyut nadi pekerja, dilakukan juga pengisian kuisioner Nordic Body Map pada beberapa pekerja. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan dan usulan perbaikan di 3 stasiun kerja pembuatan tahu goreng yang berada pada UD Harapan Jaya Indah.

Article Details

Section
Artikel

References

Andrian, Deni. 2013. Pengukuran Tingkat Resiko Ergonomi Secara Biomekanika Pada Pekerja Pengangkutan Semen (Studi Kasus: PT. Semen Baturaja). Laporan Kerja Praktek Fakultas Teknik Universitas Binadarma: Palembang

Hignett, S., & Mcatamney, L. 2000. Rapid Entire Body Assessment (Reba). Applied Ergonomics, 31(2), 201–205.

Munandar, A. S. 2008. Psikologi Industri Dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nurmianto, Eko. 2004. Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya

Santoso, G. 2004. Ergonomi Manusia, Peralatan dan Lingkungan. Cetakan I. Jakarta: Prestasi Pustaka

Tarwaka, Bakri,Solichul HA., dan Sudiajeng, Llilik. 2004. Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan dan Produktivitas. Cetakan Pertama. UNIBA PRESS. Surakarta.

Wilson, J.R. and Corlett, E.N.1995. (eds) Evaluation of Human Work: A Practical Ergonomics Methodology. 2nd and Revised Edition. London: Taylor and Francis.