IMPLEMENTASI RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PROSES PRODUKSI MAKANAN RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIRARC, HAZOP, DAN FMEA (STUDI KASUS: PT. INDOFOOD FORTUNA MAKMUR)

Main Article Content

Dian Safhira Firdaus AK
Lamto Widodo
Adianto Adianto

Abstract

Kecelakaan kerja adalah peristiwa yang tidak terduga, karena ketidak sengajaan yang menyebabkan luka, cacat, hingga yang paling parah dapat mengakibatkan kematian dan kerusakan properti, atau gangguan proses produksi. PT. Indofood Fortuna Makmur merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak pada bidang produksi makanan ringan. Pada kegiatan produksi, potensi bahaya kerja dapat ditemukan dengan mudah di area tempat kerja, di bagian gudang, production dan packing. Selama tahun 2021-2022 terdapat beberapa kecelakaan kerja yang terjadi diakibatkan karena adanya kelalaian pekerja atau adanya potensi bahaya dari lingkungan kerja. Berdasarkan Hasil tabel HIRARC bagian gudang, produksi dan packing dapat diketahui bahwa risiko high dan extream paling banyak pada bagian produksi dan juga menurut para karyawan potensi kecelakaan kerja lebih sering pada bagian produksi. Risiko yang saat ini sering terjadi adalah pekerja terpeleset karena lantai yang licin. Berdasarkan uraian permasalah yang ada, maka diperlukan melakukan penelitian di PT. Indofood Fortuna Makmur untuk mengetahui potensi bahaya yang mungkin terjadi, khususnya pada bagian produksi. dan melakukan implementasi dengan menerapkan usulan perbaikan yang telah disarankan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja. Bagian produksi menjadi fokus dalam penelitian ini dengan mempertimbangkan banyaknya potensi bahaya yang terjadi. Metode yang digunakan untuk menganalisis potensi kecelakaan kerja yaitu HIRARC, metode HAZOP, dan metode FMEA.

Article Details

Section
Artikel

References

Juarni, D., & Hutabarat, B. W. (2019). Analisa Tingkat Risiko Kecelakaan Kerja pada Bagian Foundry di PTPN IV Unit Pabrik Mesin TeneradolokIlir. Semnastek Uisu, 182–188

Wijaya, A., Panjaitan, W.S. & Palit, H.C. 2015. Evaluasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja dengan Metode HIRARC pada PT. Charoen Pokphand Indonesia. Jurnal Tirta. Vol. 3. No. (1). pp. 29-34.

Anonimous, 2004. Risk Management Guidelines Companion to AS/NZS. Standards Association of Australia

Munawir, A.(2010). HAZOP, HAZID, VS JSA. Migas Indonesia

D.H. Stamatis, Failure Mode and Effect Analysis : FMEA from Theory to Execution, Milwauke : ASQC Quality,1995.