IMPLEMENTASI METODE AHP-TOPSIS DALAM PEMILIHAN MENU MAKANAN UNTUK PENDERITA DIABETES MELITUS

Main Article Content

Winni
Viny Christanti Mawardi
Tri Sutrisno

Abstract

Diabetes Melitus atau yang kita ketahui merupakan suatu penyakit dimana gula dalam darah cukup tinggi yang disebabkan oleh salah satu organ pada tubuh yaitu pankreas yang tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan dalam tubuh. Dalam dunia kedokteran, diabetes melitus terdiri dari 2 tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2. Untuk Diabetes tipe-1 disebabkan karena pankreas tidak menghasilkan atau memproduksi insulin yang cukup bagi tubuh, sedangkan penyebab dari Diabetes tipe-2 disebabkan kerusakan pada sel pankreas yang menyebabkan kerja pada insulin terganggu. Saat ini masyarakat masih belum mengetahui diet pola makan apa yang harus dihindari dan dikonsumsi untuk penyakit diabetes melitus Untuk mengatasi permasalahan permasalahan dalam menentukan menu diet sehat bagi penderita penyakit diabetes melitus perlu adanya sistem yang dapat menentukan menu diet sehat dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu dengan membuat sebuah sistem yang biasa disebut pengambilan keputusan. Sistem ini dapat digunakan untuk menentukan menu makanan diet yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Dalam sistem tersebut dibuat berbasis website dengan mengkombinasikan metode AHP-TOPSIS. Dari hasil perhitungan manualisasi metode AHP-TOPSIS menghasilkan alternatif terbaik menu diet yaitu brown rice. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam pemilihan makanan bagi penderita diabetes melitus.

Article Details

Section
Artikel

References

Adhar, D. (2021). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Menu Makanan Bagi Penderita Diabetes Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (Jtik).

Brianorman, Y. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Wilayah Promosi Menggunakan Metode Ahp-Smart Pada Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 439-444.

Chamid, A. A., & Murti, A. C. (2017). Kombinasi Metode Ahp Dan Topsis Pada Sistem Pendukung Keputusan. Prosiding Snatif Ke -4 Tahun 2017.

Jumarlis, M. (2021). Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Bibit Ikan Air Tawar Untuk Dibudidayakan Menggunakan Metode Ahp Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7-12.

Mahdi, M. I. (2022, Februari 2). Penderita Diabetes Indonesia Terbesar Kelima Di Dunia. Dataindonesia.Id. Https://Dataindonesia.Id/Ragam/Detail/Penderita- Diabetes-Indonesia-Terbesar-Kelima-Di-Dunia

Mahendra, G. S., & Indrawan, I. Y. (2020). Metode Ahp-Topsis Pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penempatan Automated Teller Machine. Jurnal Sains Dan Teknologi, 131.

P2ptm Kemenkes Ri. (2018, Oktober 31). Anak Juga Bisa Diabetes. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Http://P2ptm.Kemkes.Go.Id/Post/Anak-Juga-Bisa- Diabetes

Ridwan, A., Barri, P., & Nizami, N. H. (2018). Efektivitas Diabetes Self Management Education Melalui Sms Terhadap Pengetahuan Penderita Diabetes Mellitus: A Pilot Study. Idea Nursing Journal, 9(1), 65-71.

Siregar, J., Arifian, A., & Azis, W. A. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Dengan Metode Ahp dan Topsis. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1273-1284.

Taswin, Nuhu, R. M., Amirudin, E. E., & Subhan, M. (2022). Hubungan Self Care Dengan Kualitas Hidup Pasien Diabetes Melitus Di Wilayah Kerja Puskesmas Bungi Di Kota Baubau. Jurnal Kesehatan Indonesia (The Indonesian Journal Of Health), 12(2), 109- 115.

Ulfy, A. W., & Devi, P. A. (2022). Penentuan Kenaikan Jabatan Menggunakan Pembobotan Metode Ahp Dan Didukung Metode Complex Proportional Assessment. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (Json), 232−240.

Wulandari, A. (2022, Maret 10). Pentingnya Menjaga Kesehatan Dengan Pola Hidup Sehat. Wawasan Proklamator. https://wawasanproklamator.com/2022/03/10/pentingnya-menjaga-kesehatan-dengan- pola-hidup-sehat/