MODIFIKASI ALAT SEDUH KOPI MANUAL ROK PRESSO DENGAN MENGGUNAKAN METODE REVERSE ENGINEERING DAN METODE VDI 2221

Main Article Content

Andrew
Frans Jusuf Daywin
Lina Gozali

Abstract

Kopi ialah salah satu minuman yang sangat digemari oleh warga Indonesia sebab rasa serta aromanya. Minuman ini digemari oleh segala kalangan umur. Adapun macam minuman berbahan dasar kopi yang dibahas dalam penelitian ini adalah espresso. Alat yang difokuskan dalam penelitian ini adalah alat seduh kopi manual. Penelitian ini ditujukan untuk memodifikasi struktur dan meningkatkan kinerja dari alat seduh kopi manual berjenis ROK Presso dari segi teknis dan pengoperasian yang ideal dan optimal untuk menghasilkan espresso. Dalam penelitian ini alat yang diteliti adalah alat seduh manual ROK Presso yang belum dimodifikasi dan belum termodifikasi. Penelitian ini akan menemukan penyesuaian untuk menghasilkan produk espresso yang lebih ideal bagi pengguna dalam segi pengoperasian. Reverse engineering adalah proses analisa produk yang akan digunakan sebagai parameter dan dalam merancang produk sejenis dengan meningkatkan kinerja produk. Penelitian dimulai dengan penentuan topik yang akan dibahas lalu dilanjutkan dengan studi literatur sebagai dasar yang kemudian dibahas dan diamati dalam proses kerja. Dari hasil penelitian didapatkan tanggapan pengguna terkait pengoperasian alat seduh kopi manual ROK Presso. Adapun beberapa poin yang diambil dari pengguna yaitu konsistensi hasil ekstraksi espresso, kemudahan dalam penggunaan, ketahanan alat. Penelitian juga mendapatkan tingkat kelelahan pada pengguna apabila penggunaan alat seduh kopi manual ROK Presso digunakan dalam intensitas yang tinggi.

Article Details

Section
Artikel

References

A. Septiadi, W. K. Ramadhani. 2020. “Penerapan Metode Anova untuk Analisis Rata-rata Produksi Donat, Burger, dan Croissant pada Toko Roti Animo Bakery”

C. J. Atmadja, 2021, “Meningkatkan Produktivitas Mesin Seduh Kopi Dengan Menggunakan Metode Reverse Engineering dan Metode VDI 2221”, Tugas Akhir Teknik Industri, Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Endow Bambang Tri Atmojo (2020). Analisis Nordic Body Map Terhadap Proses Pekerjaan Penjemuran Kopi Oleh Petani Kopi. Institut Teknologi Nasional Malang

F. J. Daywin, D. W. Utama, W. Kosasih, K. William, “Perancangan Mesin 3d Printer Dengan Metode Reverse Engineering (Studi Kasus Di Laboratorium Mekatronika Dan Robotics Universitas Tarumanagara)”, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 7, no. 2, pp. 79 – 89, 2019.

Junri Lasmon Marpaung, Agung Sutrisno, Romels Lumintang. 2017. “Jurnal Online Poros Teknik Mesin Volume 6 Nomor 2”

Lelyana, R. 2008. Pengaruh kopi terhadap kadar asam urat darah. Universitas Diponegoro. Semarang.

Pahl, G., Beitz, W., & Feldhusen, J. Karl-‐Heinrich Grote. 2007. Engineering Design:Systematic Approach.

Raja, Vinesh, and Kiran J. Fernandes, eds. 2007. Reverse engineering: An Industrial Perspective. Springer Science & Business Media.

T., K. Ulrich. Perancangan Dan Pengembangan Produk (N.A.Marie, Trans). New York : Salemba Teknika., 2016.

Widiyanto, M. A. 2013. Statistika terapan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Mesin Kopi Daftar Harga Alat Pembuat Kopi Otomatis.