PENGURANGAN PEMBOROSAN PADA PROSES PRODUKSI COVER HANDLE RR K1Z DENGAN METODE LEAN SIX SIGMA

Main Article Content

Caroline De Candra
Lithrone Laricha Salomon
Mohammad Agung Saryatmo

Abstract

Perkembangan zaman yang seiringan dengan perkembangan bisnis menuntut perusahaan untuk mampu mempertahankan pertumbuhan dan daya saing. Salah satu cara agar sebuah perusahaan dapat bertahan, berkembang dan bersaing adalah dengan memperhatikan kualitas atas produk dan layanan yang ditawarkannya. PT. Indoplat Perkasa Purnama merupakan salah satu produsen pelapisan dan plastik yang menghasilkan suku cadang otomotif. Salah satu produk yang diproduksi oleh perusahaan ini adalah Cover Handle RR K1Z yang merupakan part pada kendaraan roda dua bermerek jual PCX. Penelitian ini dilakukan dengan metode lean six sigma untuk mengurangi pemborosan serta produk cacat untuk meningkatkan produktivitas PT. Indoplat Perkasa Purnama dengan tahapan DMAIC. Melalui hasil pengumpulan data dan hasil analisis pengolahan data diketahui terdapat 3 pemborosan yang paling sering terjadi yaitu defect, waiting, dan inventory. Selanjutnya dilakukan pengukuran atas identifikasi pemborosan yang terjadi pada setiap proses produksi dengan bantuan perhitungan process cycle efficiency, current value stream mapping, WRM & WAM, dan sebagainya. Faktor penyebab pemborosan diidentifikasi dengan bantuan fishbone diagram, FTA, dan FMEA yang berada pada tahap analisis agar diajukan usulan perbaikan. Melalui usulan perbaikan yang diberikan, mampu mengurangi waktu non value added sebanyak 27.36 menit dan didapatkan lead time sebesar 178.14 menit dan process cycle efficiency sebesar 43.69 persen yang proses produksi dinyatakan lean.

Article Details

Section
Artikel

References

Elshadi, F., & Muhammad, C. R. (2022). Penerapan Metode Lean Six Sigma untuk Mereduksi Waste pada Produksi Sepatu Sandal. Jurnal Riset Teknik Industri, 2.

Fitriani, A., & Yudhistira, P. (2020). Pengaruh Penerapan Budaya 6R3B dan Budaya Lean Six Sigma terhadap Peningkatan Hasil Produksi pada PT. Dharma Perkasa Gemilang di Mojokerto. Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis, 4, 5-14.

Hardiyanto, M., & Apriyani, S. W. (2020). Identifikasi Perbaikan Lean Manufacturing dengan Metode VSM untuk Minimalisasi Waste pada Proses Produksi Hot Line pada PT. Samwon Copper Tube Indonesia. Jurnal Institut Teknologi Indonesia, 2, 17-25.

Herlina, R. L., & Pranata, A. (2022). Analisis Peningkatan Kualitas Produk Silinder Kompresi Menggunakan Metode DMAIC di PT. AHM Jakarta. Jurnal TEDC, 16, 65-68.

Iswanto, A. (2013). Aplikasi Metode Taguchi Analysis dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk Perbaikan Kualitas Produk di PT. XYZ. Jurnal Teknik Industri FT USU, 2.

Kahar, R. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Cocoa Powder dengan Menggunakan Metode Six Sigma pada PT. Papandayan Cocoa Industries. Jurnal Politeknik Ati Makassar, 47-56.

Kifta, D. A., & Munzir. (2018). Analisis Defect Rate Pengelasan dan Penanggulangannya dengan Metode Six Sigma dan FMEA di PT. Profab Indonesia. Jurnal DIMENSI, 7, 162-174.

Paulin, J., Ahmad, & Andres. (2022). Pengendalian Kualitas Proses Printing Kemasan Polycellonium Menggunakan Metode Six Sigma di PT. ACP. Jurnal Mitra Teknik Industri, 1.

Piay, P. I., Kristina, H. J., & Doaly, C. O. (2021). Pengurangan Jumlah Produk Cacat pada Produksi Glasses Box dengan Metode Lean Six Sigma. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 9, 81-92.

Silvie, Kosasih, W., & Salomon, L. L. (2012). Continuous Improvement Proses Pengecatan Part Plastik CFT Black Tipe KWWX PT. X Menggunakan Metodologi Lean Six Sigma. PROSIDING Temu Ilmiah Dosen Teknik X-12.