PENGEMBANGAN INTERNET OF THINGS DAN HASILNYA BAGI PERKEMBANGAN KOMPUTER YANG AKAN DIPEROLEH MASYARAKAT INDONESIA

Main Article Content

Gloria Gilda
Aurelius Valerian Wirawan
Riva Audrey
Manatap Sitorus

Abstract

Perkembangan komputer setiap zamannya semakin pesat. Sejak mulanya ditemukan teknologi internet, perkembangan komputer menjadi lebih signifikan. Kini perkembangan internet menjadi lebih luas konteksnya, hingga sampailah pada hasil dari pengembangan internet, yakni hadirnya Internet of Things yang berdampak bagi kehidupan di masyarakat sesuai dengan perkembangan komputer yang ada. Dampak positif selalu dilapisi dengan dampak negatif. Perkembangan, penggunaan dan penerapan teknologi ini pada kehidupan manusia menjadi pilihan bagi masyarakat luas. Arah yang ingin dituju, tujuan penggunaan yang ingin dilaksanakan dan pencapaian yang ingin dicapai menjadi daya guna dalam penerapannya. Segmen yang hadir akibat perpanjangan Internet of Things sangatlah luas. Diantaranya adalah: (a) dari segmen medis; (b) bisnis; (c) lingkungan; (d) pemerintahan; (e) transportasi; (f) pertanian dan masih banyak segmen yang dapat dikembangkan melalui penerapan Internet of Things ini. Peluang meningkatkan kemajuan zaman berada di genggaman setiap orang pada zaman ini. Dengan inovasi yang kreatif dan inovatif, pikiran yang terbuka lebar dan keinginan untuk membuat kemajuan menjadi nyata, memungkinkan semua pihak membuat keajaiban di dunia ini. Penelitian ini ditujukan untuk mengukur tingkat kesadaran masyarakat akan hadirnya teknologi Internet of Things di dunia, sekaligus memberikan pemahaman akan Internet of Things bagi kehidupan di masyarakat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode kuantitatif, dengan pengisian kuesioner oleh partisipan yang ada. Pada akhirnya, pencapaian dan perkembangan teknologi hadir di depan mata penerus generasi dunia yang berjiwa kompetitif dan bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menjaganya.

Article Details

Section
Artikel

References

Altmann, G. (2021). Contoh Produk IoT Sederhana Yang Ada Di Sekitar Kita. Retrieved from https://aqi.co.id/news/contoh-produk-iot-sederhana

Hariri, R., Hakim, L., & Lestari, R. F. (2019). Sistem Monitoring Detak Jantung Menggunakan Sensor AD8232 Berbasis Internet of Things. J. Telekomun. dan Komput, 9(3), 164-172.

Harris, M. (2020). Pengembangan Sistem Pemantau Pelanggaran Lalu Lintas Pada Marka Jalan Berbasis Internet of Things. (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Holler, J., Tsiatsis, V., Mulligan, C., Karnouskos, S., Avesand, S., & Boyle, D. (2014). Internet of Things. Academic Press.

Ibnu (2021). Internet of Things (IoT): Pengertian dan Beberapa Industri yang Bisa Menggunakannya

Juanda, M. R. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Berbasis Internet of Things Untuk Pemantauan Nutrisi Tanaman Selada Hidroponik. Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, dan Elektro, 5(2).

Rahman, M. B. A. (2019). Sistem Kendali Peralatan Elektronik Rumah Tangga Berbasis Internet of Things (Iot) Menggunakan Nodemcu. Ubiquitous: Computers and its Applications Journal, 2(2), 99-104.

Syafiqoh, U., Sunardi, S., & Yudhana, A. (2018). Pengembangan Wireless Sensor Network Berbasis Internet of Things untuk Sistem Pemantauan Kualitas Air dan Tanah Pertanian. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(2), 285-289.

Terok, F. R., Sangkop, F. I., & Santa, K. (2020). Sistem Pendeteksi Gerakan Berbasis Internet of Things (IoT). Jointer-Journal of Informatics Engineering, 1(01), 25-29.

Yudhanto, Y., & Azis, A. (2019). Pengantar Teknologi Internet of Things (IoT). UNSPress.