KESADARAN MASYARAKAT DALAM MENGAMBIL LANGKAH PREVENTIF UNTUK PERLINDUNGAN DATA SECARA DARING

Main Article Content

Edward Brainard Pranata
John Kenneth
Willyam Jordan Kusuma
Manatap Sitorus

Abstract

Privasi data telah menjadi isu yang hangat dan perlu segera diselesaikan saat ini. Isu priavsi juga diperparah dengan mudahnya data tersebar melalui internet dan juga kebiasaan menggunakan internet baik untuk berkomunikasi, membaca berita, berbelanja ataupun kegiatan lainnya telah menjadi kebiasaan terutama pada generasi muda Indonesia saat ini. Dengan dilatarbelakangi pentingnya melindungi privasi data pribadi pada semua kegiatan yang dilakukan dalam internet yang sudah melekat dengan masyarakat kita saat ini, dilakukan penelitian untuk menghasilkan tingkat kesadaran akan pentingnya privasi data dan juga langkah yang tepat untuk mencegahnya. Dilakukannya penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan pemahaman akan privasi data terutama langkah – langkah pencegahan kebocoran privasi data pribadi di internet terutama media sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode dari pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pengisian angket (kuesioner) dengan menggunakan platform google form dan juga dokumentasi paper yang telah tersedia. Hasil akhir dari penelitian ini akan menunjukan: (a) tingkat kesadaran responden akan pentingnya privasi data di dalam internet dan juga dunia nyata; (b) tindakan nyata yang telah dilakukan oleh responden dalam upaya untuk menjaga privasi datanya baik di internet maupun dunia nyata; (c) pentingnya pemerintah dalam menjaga data privasi masyarakat; dan (d) langkah preventif yang dapat diimplementasikan untuk melindungi privasi data.

Article Details

Section
Artikel

References

Andriana, T. A., Kusuma, R. S., Kom, M. I. (2020). Manajemen Privasi Online Hubungan Romantis Remaja Terkait Aktivitas Aplikasi Whatsapp (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006, Cet. 6. Thesis.

Batmetan, J. R. (2018). Tingkat Kesadaran Privasi Atas Masalah Keamanan Informasi (Lack Of Security Awareness).

Delpiero, M., Reynaldi, F. A., Ningdiah, I. U., Muthmainnah, N. (2021). Analisis Yuridis Kebijakan Privasi dan Pertanggungjawaban Online Marketplace Dalam Perlindungan Data Pribadi Pengguna Pada Kasus Kebocoran Data. Padjadjaran Law Review, 9(1).

Erdianto, K. (2022, September 4). Cegah Kebocoran data, Menkominfo Minta Masyarakat Jaga NIK Dan Selalu Ganti "password". Kompas. Retrieved October 6, 2022, from https://nasional.kompas.com/read/2022/09/04/22302671/cegah-kebocoran-data-menkominfo-minta-masyarakat-jaga-nik-dan-selalu-ganti

Gosain, A., & Chugh, N. (2014). Privacy preservation in big data. International Journal of Computer Applications, 100(17).

Indonesiawan, R. C. S., Alroy, M., Suci, T. L., & Prasetyo, B. R. (2021). Analisis Privasi Data Pengguna dalam Instansi Bpjs Kesehatan. Sitasi, 1(1), 174-182.

Islamy, I. T., Agatha, S. T., Ameron, R., Fuad, B. H., Evan, E., & Rakhmawati, N. A. (2018). Pentingnya memahami penerapan privasi di era teknologi informasi. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(2), 21-28.

Pujianto, A., Mulyati, A., & Novaria, R. (2018). Pemanfaatan Big Data Dan Perlindungan Privasi Konsumen Di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah BIJAK, 15(2), 127-137.

Putra, K. A. D., & Hidayatullah, F. (2020). Literasi Privasi Sebagai Upaya Mencegah Pelanggaran Di Era Masyarakat Jaringan. Jurnal Signal, 8(2), 195-202.

Sari, D. A. M., Kusuma, R. S., Sos, S., & Kom, M. I. (2022). Strategi Manajemen Privasi Remaja Dan Orang Tua Di Media Sosial (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Tsamara, N. (2021). Perbandingan Aturan Perlindungan Privasi atas Data Pribadi antara Indonesia dengan Beberapa Negara. Jurnal Suara Hukum, 3(1), 53-84.

Yuwinanto, H. P. (2015). Privasi online dan keamanan data. Palimpsest, 31(11).