OPTIMASI DAN ANALISIS DESAIN JAW GRIPPER MENGGUNAKAN FILAMEN ONYX DI PT. MATAHARI MEGAH

Main Article Content

Gerren Aurelian Suhandar
Agus Halim
Kevin Raynaldo

Abstract

Robot gripper merupakan salah satu teknologi yang biasa digunakan untuk mencengkram suatu benda. Gripper mempunyai bentuk lengan yang disesuaikan dengan fungsinya. Salah satu produk dari PT. Matahari Megah ialah jaw gripper dengan bentuk lingkaran yang berfungsi untuk mencengkram benda kerja, namun desain dari jaw gripper ini masih belum optimal, karena masih menggunakan material yang terlalu berlebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah memperbaiki desain existing jaw gripper agar lebih optimal dalam penggunaan material maupun cost yang dikeluarkan. Selain itu, setelah melakukan perbaikan desain, kemudian melakukan simulasi yang berbasis Finite Element Analysis (FEA) untuk mengetahui kekuatan desain ketika diberi tekanan dan juga melakukan analisis menggunakan software Markforged untuk mengetahui perbedaan part details seperti waktu yang dibutuhkan untuk melakukan print, penggunaan bahan material serta estimasi material cost yang dikeluarkan. Hasil dari simulasi Inventor didapatkan perbedaan tegangan Von Mises Stress antara existing jaw gripper dan new jaw gripper sebesar 5,28 MPa, dengan Displacement sebesar 0,03 mm dan didapatkan juga perbedaan nilai Safety Factor sebesar 2,21.

Article Details

Section
Artikel

References

Ari, L., & Wibawa, N. (2019). EFFECT OF MATERIAL SELECTION ON THE STRENGTH OF THE MAIN LANDING GEAR FRAME FOR UAV AIRCRAFT. 2(1), 48–52.

Djaya Siswaja, H. (2008). PRINSIP KERJA DAN KLASIFIKASI ROBOT (Vol. 7, Issue 3).

Jurusan Teknik Mesin, M., Teknik, F., Halu Oleo, U., Jurusan Teknik Mesin, D., Halu Oleo Jl HEA Makadompit, U., & Hijau Bumi Tridarma Andounohu, K. (2018). Perancangan dan Analisa Simulasi Pembebanan Chassis Sepeda Wisata Untuk Dua Penumpang Menggunakan Software Autodesk Inventor. Ismail Adha, 3(3), 3.

Kadim, A. (2017). PENERAPAN MANAJEMEN PRODUKSI & OPERASI DI INDUSTRI MANUFAKTUR.

Khurmi, R. S., & Gupta, J. K. (n.d.). [A Textbook for the Students of B A TEXTBOOK OF A TEXTBOOK OF A TEXTBOOK OF A TEXTBOOK OF A TEXTBOOK OF Top. In Engg. Services.

Mott, R. L., Vavrek, E. M., & Wang, J. (n.d.). Machine elements in mechanical design.

NUGROHO, R. B. S. A. (2016). Gripper adaptif untuk robot. Teknik Elektronika, 1–58.

Pandey, K., Kumar, N., & History, M. (2019). a Case Study of Hand Gripper and Its Optimization Using Finite Element Analysis. 6(05), 346–350.

Rahmawan, A., & Prahasto, T. (2013). Optimasi Gripper Dua Lengan dengan Menggunakan Metode Genetic Algorithm pada Simulator Arm Robot 5 DOF (Degree of Freedom). In Jurnal Teknik Mesin S-1 (Vol. 1, Issue 2).

Wibawa, L. A. N. (2019). Desain dan Analisis Tegangan Alat Pengangkat Roket Kapasitas 10 Ton Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Energi Dan Teknologi Manufaktur (JETM), 2(01), 23–26. https://doi.org/10.33795/jetm.v2i01.31