UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PRODUKSI BAN DENGAN METODE SIX SIGMA

Main Article Content

Andrew Reinaldo
Lithrone Laricha Salomon
I Wayan Sukania

Abstract

Perkembangan industri di Indonesia yang sangat cepat membuat perusahaan harus mencari keunggulan produk barang dan jasa yang dihasilkan demi memenangkan persaingan antar usaha yang sejenis. Persaingan usaha berdampak dalam meningkatkan semangat pengusaha untuk memproduksi barang yang memiliki kualitas yang paling baik dengan biaya yang sekecil mungkin. Penelitian dilakukan di PT. Gajah Tunggal Tbk (GJTL). GJTL adalah salah satu perusahaan produsen ban terbesar yang berasal dari Indonesia. GJTL telah berdiri sejak tahun 1951. Berdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak sekali defect yang ditemukan dalam produksi ban. Dalam dua tahun terakhir masih ada sekitar 63.000 defect pada Blown Tread (BLT) dengan persentase 17,7%. Saat ini kualitas produksi ban radial, jika diukur dengan nilai sigma adalah 3,71 sigma. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk memahami lebih dalam mengenai jenis cacat yang ada dalam ban radial, menganalisis penyebabnya, dan mencari usulan untuk memperbaiki tingkat cacat yang ditemukan. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah Six Sigma dengan tahapan Define, Measure, Analyze, Improve dan Control (DMAIC).

Article Details

Section
Artikel

References

Bakti, C.S., Kartika, H. (2020). Analisa Pengendalian Kualitas Produk Ice Cream dengan Metode Six Sigma. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR) Vol 1 No 1.

Fithri, J.P. dan Chairunnisa. (2019). Six Sigma Sebagai Alat Pengendalian Mutu Pada Hasil Produksi Kain Mentah Pt Unitex, Tbk, Jurnal Teknik Industri, vol.14, no. 1, pp. 43-52.

Kusumawati, A., Fitriyeni, L. (2017). Pengendalian Kualitas Proses Pengemasan Gula Dengan Pendekatan Six Sigma. Jurnal Sistem dan Manajemen Industri Vol 1 No 1.

Pratiwi, R., Mustakim dan Sucilianti. L. (2021). Pengendalian Kualitas pada Corrugated Concrete Sheet Pile dengan Metode Six Sigma. Jurnal TRANSUKMA Volume 03 Nomor 02.

Putri, T.A., Alfareza, M.N., (2019). Pengendalian Kualitas Produk Kaos Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus pada Konveksi X di Yogyakarta). Seminar dan Konferensi Nasional IDEC ISSN: 2579-6429 Surakarta, 2-3 Mei 2019.

Rosihin, Ulinnuha, L. M. dan Cahyadi, D. (2017) Analisis Pengendalian Kualitas Super Absorbent Polymer Dengan Menggunakan Metode Six Sigma. Jurnal Sistem dan Manajemen Industri Vol 1 No 1, 19-28p.

Rosyidasari, A., Iftadi, I. (2020). Implementasi Six Sigma dalam Pengendalian Kualitas Produk Refined Bleached Deodorized Palm Oil. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya Vol 6 No 2, 113- 122p.

Sirine, H., Kurniawati, E. P. (2017). Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus pada PT Diras Concept Sukoharjo). AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship Vol. 02, No. 03.

Tenny B., Tamengkel, L.F. dan Mukuan D.D.S. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Mutu Produk Sebelum Ekspor Dengan Menggunakan Metode Six Sigma Pada PT. Nichindo Manado Suisan. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 4.

Widyarto, W.O., Firdaus A. dan Kusumawati, A. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Air Minum dalam Kemasan menggunakan Metode Six Sigma. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, Vol 5 No 1