RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEKERJAAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER

Main Article Content

Febrian
Tony
Novario Jaya Perdana

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat banyak kantor melakukan kebijakan work-from-home (WFH) dan ada juga beberapa perusahaan yang masih menerapkan work from office (WFO). Perbedaan pemberlakuan kebijakan ini disebabkan beberapa alasan, salah satunya adalah karena kurangnya pengawasan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan. Sehingga menyebabkan efek domino terhadap kegiatan pekerjaan lainnya. Permasalahan ini dapat dibantu dengan adanya sistem informasi manajemen pekerjaan. Berdasarkan kasus pada PT. Lyrid Prima Indonesia, sebuah sistem informasi manajemen pekerjaan diperlukan sebagai proses pengawasan terhadap pekerjaan karyawan. Pada sistem ini, terdapat fungsi seperti dashboard perkembangan setiap project, daftar project yang sedang dikembangkan, dan halaman perkembangan penyelesaian bug setiap project. Selain itu, terdapat pula paparan informasi untuk tiap peran akses seperti chart, informasi progress pekerjaan, dan informasi akun. Pengembangan sistem ini menggunakan metode SDLC dengan model waterfall. Sistem sudah melalui tahap pengujian UAT meliputi 5 role dan mendapatkan hasil persentase fungsionalitas sistem sebesar 100%, persentase fungsionalitas 100%, dan persentase usability sebesar 69%.

Article Details

Section
Artikel

References

Allen, D. (2015). Getting Things Done: The Art of Stress-Free Productivity. Penguin Books.

Chandler Project. (n.d.). Chandler Project. https://www.chandlerproject.org/

Chaudhari, S., Magar, N., Patil, M., Ubale, S., & Sahane, R. (2020). Public Reminder and Task Management System. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology, 207-212.

Ermaya, S. K., & Darna, N. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 207–210.

Google, Inc. (n.d.). Google Calendar: https://calendar.google.com/calendar/u/0/r

Heryanto, Imam, Triwibowo, Totok. (2016). Manajemen Proyek berbasis Teknologi Informasi. Informatika.

Monden, Y. (2011). Toyota Production System: An Integrated Approach to Just-In-Time. Productivity Press.

Petersen, K., Wohlin, C., & Baca, D. (2009). The Waterfall Model in Large-Scale Development. International Conference on Product-Focused Software Process Improvement, 386–400.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika dan Manajemen STMIK. https://www.researchgate.net/profile/Aceng_Wahid/publication/346397070_ Analisis_Metode_Waterfall_Untuk_Pengembangan_Sistem_Informasi/links/ 5fbfa91092851c933f5d76b6/Analisis-Metode-WaterfallUntukPengembangan-Sisem- Informasi.pd

Yahoo, Inc. (n.d.). Yahoo! Calendar. https://calendar.yahoo.com/