PEMBUATAN SILINDER PNEUMATIC DI PT. SHIBA HIDROLIK PRATAMA

Main Article Content

Lukas Satrya
Agus Halim

Abstract

Silinder pneumatic adalah aktuator atau perangkat mekanis yang menggunakan kekuatan udara bertekanan (udara yang terkompresi) untuk menghasilkan kekuatan dalam gerakan bolak - balik piston secara linier (gerakan keluar - masuk). Silinder pneumatic terbagi menjadi 2 tipe, yaitu Silinder Kerja Tunggal dan Silinder Kerja Ganda. Prinsip kerja dari silinder pneumatic adalah sistem pneumatic menggunakan udara terkompresi untuk membuat gerakan mekanis berputar atau linier dan aplikasi daya yang 'bekerja'. Aktuator pneumatic akan menggunakan udara terkompresi untuk bekerja pada piston di dalam silinder untuk menciptakan gerakan yang diperlukan, misalnya menjepit, atau memindahkan beban di sepanjang jalur linier. Umumnya, semakin besar lubang silinder, semakin besar keluaran gaya.

Article Details

Section
Artikel

References

Prasetyo, H. dan Sutopo, W. (2018). “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset.” Jati Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), hal. 17.

Weik, M. H. (2000). “End Position,” Comput. Sci. Commun. Dict.

Subhan M, Satmoko A (2016). “Penentuan Dimensi Dan Spesifikasi Silinder Pneumatik Untuk Pergerakan Tote Iradiator Gamma Multiguna.” Jurnal Perangkat Nuklir Volume 10.

Meixner H., Kobler R. (1978). Introduction to Pneumatics. Festo Didactic. Esslingen.

Hasenbuik J. P., Kobler R. (1989). Fondamentals of Pneumatik Control Engineering. Festo Didactic. Esslingen.

Parr, Andrew. (2003). Hidrolika dan Pneumatika, Alih Bahasa Gunawan Prasetyo. Erlangga. Jakarta.

P. Crosser. (1989). Peneumatic Text Book (Basic Level). Festo Didactic. Esslingen.

The Jaya Suteja, Susila Candra, and Yudistira Aquarista. (2008) "Optimasi Proses Pemesinan Milling Fitur Pocket Material Baja Karbon Rendah Menggunakan Response Surface Methodology."

Prayoga D. and Prayitnoadi R. P. (2020). “SISTEM PREVENTIVE MAINTENANCE CONTROL PADA MESIN BUBUT BJ-1640GD." Universitas Banka Belitung. Bangka Belitung.